.

Kamis, 09 Maret 2017

BELAJARLAH ILMU EKONOMI

Oleh : Khoirul Amin


Mengapa kita harus mempelajari ilmu ekonomi ?
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) ilmu ini
diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Dalam ekonomi pun ada ekonomi positif dan ekonomi normatif.
Ekonomi positif adalah pendekatan ekonomi yang mempelajari berbagai pelaku dan proses bekerjanya aktivitas ekonomi, tanpa menggunakan suatu pandangan subjektif untuk mengyatakan bahwa sesuatu itu baik atau jelek dari sudut pandang ekonomi. Ekonomi positif di bagi menjadi dua, yaitu ekonomi deskriptif dan ekonomi teori.
Sedangkan ekonomi normatif adalah pendekatan ekonomi dalam mempelajari perilaku ekonomi yang terjadi, dengan mencoba memberikan penilaian baik atau buruk berdasarkan pertimbangan subjektif.
Manfaat belajar ekonomi dapat kita rasakan apabila kita memahami latar belakangnya dan alasan dalam mempelajari ilmu tersebut. Dengan tujuan dan manfaat ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi berhak dipelajari oleh siapa pun karena setiap manusia pasti akan selalu menghadapi namanya perubahan ekonomi.
Beberapa cara mengatasi perubahan ekonomi :
1.   Memperbaiki cara berpikir yang membantu dalam pengambilan keputusan
Manusia mempunyai pikiran untuk mampu menganalisi, menilai benar-salah, baik-buruk dan menentukan pilihan. Kemampuan ini memungkinkan manusia mempertahankan keberadaannya di bumi. Kemampuan itu pula yang memungkinkan manusia terus-menerus meningkatkan kualitas hidupnya. Metode-metode teknik berpikir dalam ilmu ekonomi akan meningkatkan kemampuan dan mengambil keputusan.
2.   Membantu Memahami Masyarakat
Sebagai mkhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Kita tidak pernah berhenti berkomunikasi. Menurut ilmu ekonomi interaksi manusia terjadi lewat pertukaran (pasar).
3.   Bermanfaat Dalam Membangun Masyarakat Demokrasi
Terbentuknya masyarakat demokrasi bukan monopoli kaum politis saja. Ekonomi pun mempunyai cita-cita yang sama, seperti disampaikan oleh Kenneth Arrow. Ekonomi memandang demokratisasi sangat penting dalam rangka memperbaiki proses alokasi sumber daya, karena lebih mencerminkan aspirasi masyarakat kebanyakan.
Bicara soal ekonomi mungkin di pikiran kita akan terlintas UANG,  tetapi lebih dari itu mempelajari ilmu ekonomi bukan semata mata untuk mencari nilai dari apa yang telah kita pelajari..
Description: https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif
Alasan kuat kita mempelajari ilmu ekonomi adalah karena dalam kehidupan sehari hari kita lakukan selalu bersinggungan dengan ilmu ekonomi...
contoh:
seorang penjual bakso butuh basic ilmu ekonomi untuk memajukan usahanya, dalam hal ini bukan hanya bakat yang dikedepankan. Tetapi seseorang yang mempunyai bakat untuk menjalankan sebuah usaha tidak akan cukup tanpa diimbangi oleh pengetahuan tentang ilmu ekonomi yang memadai. Dalam ilmu ekonomi kita mempelajari banyak hal yang bersinggungan dengan usaha, seperti bagaimana menentukan harga, hal yang mengancam dalam usaha, hal hal penunjang usaha, bagaimana mengambil keputusan dengan data yang sedikit dan lain-lain dengan laba sebagai tujuan akhir.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.