.

Jumat, 06 April 2018

Permasalahan Ekonomi di Jawa Barat


Oleh : Lucia Debby Gracella Sihombing (@C13-Lucia) 

Abstrak
Penulisan tulisan ini bertujuan untuk membantu pembaca dan juga penulis dalam memahami dan mengetahui permasalahan yang ada di Jawa Barat . Adapun latar belakang tulisan ini adalah keterbasan wawasan tentang permasalahan ekonomi di sekitar kita, bukan hanya ditempat yang kita tempati, namun termasuk daerah lain yang juga memiliki permasalahan ekonomi yang tidak jauh berbeda dengan daerah kita.
Contohnya saja pengangguran yang semakin merajalela dan semangat mencari kerja kurang, harga barang yang tidak stabil, terkadang menjadi sangat tinggi dan tidak pernah menjadi sangat rendah, bisa saja dapat merugikan negara sendiri.
Kata kunci: permasalahan, pengangguran, keterbatasan.
Pendahuluan
Dewasa ini, banyak sekali permasalahan ekonomi yang dapat kita lihat bahkan alami dikehidupan sehari-hari. Dalam permasalahan kali ini akan lebih mendalam menjelaskan permasalahan ekonomi di Jawa Barat . Sepengetahuan penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1) Jurnal yang berjudul “ Pegangguran di 24 kota kabupaten Bandung”
(2) Buku yang berjudul “ Perekonomian Indonesia oleh Prof. Dr. Amir Amri,SE.,MS.
(3) Buku yang berjudul “ ekonomi Mikro oleh Bayu Pramutoko SE., MM.


Hasil penelitian dan pembahasan tentang pemahaman masalah-masalah ekonomi di Jawa Barat, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan teori pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini  menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
  Identifikasi masalah
Berdasarkan masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.      Memahami arti masalah ekonomi
2.      Memahami masalah ekonomi di Jawa Barat
Pembahasan
1.      Pengertian Masalah Ekonomi
Menurut Moh. Hatta Masalah ekonomi merupakan masalah yang terjadi dalam lingkup perekonomian seperti penjualan, pembelian, tawar menawar, harga, hingga ekspor dan impor. Seiring berkembangnya jaman, perekonomian juga ikut berkembang. Cara kita untuk menyikapi keadaan yang ada merupakan salah satu langkah penentu perekonomian di masa depan.
2.      Masalah Ekonomi di Jawa Barat
Beberapa tahun belakangan ini perekonomian indonesia dapat dikatakan masih belum stabil, terkadang harga bisa tinggi dan tidak pernah rendah, selalu berada dalam range tengah, namun tidak dapat dikatakan stabil karena rentang waktunya tidak lama hanya sementara.
Provinsi Jawa Barat merupakan salah kota besar diindonesia. Bandung sebagai ibukota memiliki permasalahan seperti sosial, ekonomi, bahkan hukum. Pada kali ini akan lebih spesifik membahas tentang permasalahan ekonomi.
Bandung memiliki beberapa masalah ekonomi seperti  pengangguran, harga barang tidak stabil, dan masih kurangnya infrastruktur di kota ini.
Dari beberapa masalah diatas, tingkat pengaguran masih terbilang tinggi. Tinkat pengangguran disuatu daerah disebabkan berbedanya beberapa faktor disetiap daerah. Di Jawa Barat terdapat beberapa lapangan pekerjaan utama yaitu pertanian, industri dan yang lain. Keterbatasan infrastruktur juga menjadi menjadi salah satu kendala perekonomian di Jawa Barat. Pemerintah provinsi juga sudah berusaha untuk menyikapi namun sampai sekarang masih sedikit perubahan yang diharapkan oleh masyarakat.

Kesimpulan
Permasalahan ekonomi disetiap daerah berbeda-beda. Selalu ada keterbatasan dalam menanggulanginya, contohnya saja di Jawa Barat sampai saat ini masih memiliki permasalahan ekonomi yang masih diharapkan terselesai oleh pemerintah karena akan menganggu atau menghambat pertumbuhan ekonomi di tempat ini.

Daftar Pustaka
Anonim. Kbbi. Pengertian masalah ekonomi. dalam https://kbbi.web.id/pasar. Di searching 29 maret 2018.
Hestanto. 2018. Pasar oligopoli. Website hestanto. Dalam http://www.hestanto.web.id/pasar/. Di unduh 4 Januari 2018.
Kusumawati, Siti. 2009. Pemulung di Jawa Barat. Jurnal ekonomi. Dalam https://media.neliti.com/media/publications/41618-ID-sketsa-masyarakat-pemulung-kota-bandung.pdf. Diunduh 08 Agustus 2009.
Yuda, Indra dkk. 2006. Analisis Tingkat Pengangguran di Bandung. Jurnal Ekonomi. Dalam file:///C:/Users/PIO/Downloads/Analisis%20Tingkat%20Pengangguran%20di%2025%20Kabupaten%20Kota%20di%20Jawa%20Barat%20Finals.pdf. Diunduh 16 Maret 2008.
Deboo. 2011. Masalah Ekonomi . Blog Deboo. Dalam https://debydeboo.wordpress.com/2011/04/26/masalah-ekonomi/. Diunduh 26  Maret 2011.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.