.

Selasa, 03 April 2018

KETERGANTUNGAN WARGA PERBATASAN TERHADAP PRODUK MALAYSIA

Oleh naqi min gil
@c24-Naqi

Abstrak
                Nunukan adalah sebuah kabupaten di Kalimantan utara yang luasnya sebesar 13.841,90 km2 (Permendagri No.56-2015) – situs www.kemendagri.go.id.
Yang terletak di sebelah utara pulau Kalimantan, letak geografis kota nunukan yang berbatasan dengan tetangga Malaysia menjadikannya beranda negara Indonesia yang seharusnya tertata secara baik baik infrastruktur maupun ekonomi masyarakat, akan tetapi keadaan yang terjadi sekarang di kabupaten nunukan ini pola kehidupan masyarakat yang bergantung pada produk Malaysia dikarenakan banyak faktor yang membuat warga di kota nunukan lebih mudah dan murah mendapatkan barang produksi dari negara Malaysia.
Kata kunci
Kabupaten nunukan, ketergantungan produk negara Malaysia
Pendahuluan
            Ketergantungan masyarakat kabupaten nunukan terhadap produk Malaysia tak dapat dihindari faktor infrastruktur yang masih sangat minim untuk menjangkau daerah nunukan dari Indonesia mengakibatkan masyarakat di kabupaten nunukan lebih bersahabat dengan ringgit, walaupun masuknya produk produk Malaysia sudah lama terjadi bukan bearti kitak tidak dapat merubah keadaan. Mengingat provinsi kaltar ini masih sangat muda yang baru berpisah dari provinsi Kalimantan timur pada 25 oktober 2015, pemisahan provinsi adalah sebuah langkah untuk pemerataan pembangunan infrastruktur di kaltar.
Permasalahan
Bagaimana merubah pola hidup masyarakat akan ketergantungan terhadap produk produk negara tetangga dan menjadikan beranda negara yang mencerminkan negara yang maju.
Pembahasan
Ketergantungan masyarakat kota nunukan telah terjadi lama, pemerintah harus bertindak cepat agar hal ini tidak berkelanjutan, karna ini sangat merugikan negara, dan ini merupakan kegiatan illegal. Pemerintah telah membangun tol laut, walaupun belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat perbatasan tol laut dapan menjadi solusi terdepan untuk membawa barang barang dari jawa di perbanyak namun setiap jenis dalam sekala kecil.
Kesimpulan
Dari peristiwa diatas kita dapat menarik kesimpilan bahwa pembangunan infrastruktur dan ekonomi harus dibangun secara merata agar bias membangun daerah yang maju dan masyarakat yang sejahtera. Dan kita harus menjaga beranda kita karna itu wilayah perbatasan dengan tetangga lain yang akan menjadi sudut pandang negara lain terhadap negara Indonesia.
Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.