Abstrak
Pada pasar
ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa.
Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan
konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran
mencerminkan keinginan produsen atau penjual.
Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan).
Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan).
Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual
berjumlah banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian
besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi
harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima
tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak
dapat di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian
kecil dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku
hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri,
sedangkan bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya.
Kata kunci: pasar persaingan sempurna
Rumusan masalah
- definisi
- Ciri-ciri pasar persaingan sempurna.
- Kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.
Pembahasan
1.
Definisi
pasar
persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli
(konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual
sejenis atau serupa.
2.
Ciri-ciri
a.
Terdiri atas Banyak Penjual & Pembeli
Adanya sifat ini,
mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan
pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara
keseluruhan.
b.
Adanya
Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)
Artinya
adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai
sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika
ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam
membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian.
c. Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan.
d. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar
Penjual
dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat
harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan
tentang keadaan ini yang mengakibatkan:
-
Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang
maksimal.
-
Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari
harga pasar.
-
Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari
harga pasar
e.
Mobilitas
atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna
Maksudnya adalah tidak
ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin
dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. karena pada dasarnya semua
tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga
penjualannya kepada pembeli.
- Kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.
Kebaikannya:
a. Persaingan
sempurna memaksimumkan efisiensi
b. Kebebasan
bertindak dan memilih
keburukannya
:
a.
Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b.
Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
c. Membatasi
pilihan konsumen
d. Biaya
produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
kesimpulan
pasar persaingan
sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen)
sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau
serupa. ciri-ciri persaingan pasar sempurna yaitu terdiri atas banyak penjual & pembeli, adanya
kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan (Free Entry and Free Exit),
barang yang diperjualbelikan bersifat
homogen, penjual & pembeli
memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar, mobilitas atau perpindahan sumber ekonomi cukup
sempurna, kebaikannya: Persaingan sempurna memaksimumkan, kebebasan bertindak
dan memilih, keburukannya antara lain: Persaingan sempurna tidak
mendorong inovasi, Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social,
Membatasi pilihan konsumen, Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin
lebih tinggi, Distribusi pendapatn tidak selalu merata
daftar referensi
1. Rahardja, Prathama. dan
Mandala Manurung. 2006 .Teori Ekonomi
Mikro Suatu pengantar.
Jakarta: Lembaga
Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
2. Djojodipuro, Marsudi. 1994. Pengantar Ekonomi untuk
Perencanaan. Jakarta: UI-Press.
Buku Mikro Ekonomi “ Teori Pengantar” Edisi
Ketiga, penulis Sadono Sukirmo
3. A. Karim, Adiwarman, Ekonomi Mikro Islami, Jakarta:
PT RajaGrafindo, 2007.
4. Aziz, Abdul, Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro, Yogyakarta:
Graha Ilmu, 2008.
5. Kahf, Monzer, Ekonomi Islam: Telaah Analitik terhadap
Fungsi Sistem Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.