Pendahuluan
Pasar
adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial
dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran
yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.
Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
Dalam ilmu
ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran
barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua
pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini
merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model
tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar,
pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan
distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua
item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih
atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan
pertukaran hak kepemilikan jasa dan barang.
Berdasarkan
sifat dan bentuknya, pasar dapat dibagi menjadi dua mecam yaitu pasar
persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Dalam pasar
persaingan sempurna, perusahaan tidak dapat mempengaruhi pasar
dengan tindakannya sendiri, namun pasarlah yang menentukan kebijakan perusahaan
tersebut. Sedangkan pasar persaingan tidak sempurna terdapat monopoli dan
oligopoli.
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan
sempurna ialah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan bisa
penawaran yang bisa secara bebas bergerak. Pasar persaingan sempurna
adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi
harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan
interaksi antara penawaran dan permintaan.
Permintaan
yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran
mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan
pembeli sama sekali tidak memiliki suatu kemampuan untuk mempengaruhi
harga pasar karena sudah ada sebuah ikatan batin bahwa antara penjual dan
pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan
sempurna.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Pasar
persaingan sempurna mempunyai ciri-ciri khusus, di antaranya yaitu sebagai
berikut:
- Terdapat
banyak pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli
ataupun penjual tidak bisa mempengaruhi harga pasar.
- Banyaknya
barang yang diperdagangkan yang sifatnya homogen, artinya konsumen
beranggapan bahwa barang-barang yang diperjua lbelikan
mempunyai kualitas yang sama.
- Informasi
pasar lengkap, yang artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui
tentang mutu, harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan.
- Harga
ditentukan oleh sebuah mekanisme permintaan dan penawaran, yang artinya
pembeli bebas mengambil suatu keputusan untuk membeli atau tidak terhadap
barang, begitu juga penjual juga mempunyai kebebasan untuk menjual barang
dan jasa.
- Bebas
dari campur tangan pemerintah, yang artinya pemerintah tidak turut campur
tangan dalam menentukan harga di pasar.
- Timbulnya
suatu kekuatan tersendiri di dalam pasar, yang artinya tidak ada kekuatan
luar, baik pemerintah maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi sebuah
keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli.
Contoh pasar persaingan sempurna diantaranya
yaitu pasar hasil-hasil pertanian, pasar sayur, pasar kurma, pasar buah
dan lain-lain.
Karakteristik
Pasar Persaingan Sempurna
Diatas telah dikatakan bahwa dalam
pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap
perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehingga tidak mampu mempengaruhi
pasar.
Karakteristik
syarat agar sebuah pasar dapat dikatakan persaingan sempurna :
- · Semua perusahaan memperoduksi barang yang homogen (Homogeneous Product).
Homogen adalah produk yang mampu
memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa
produsennya.
- · Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna (Perfect Know-Ledge).
Para pelaku ekonomi (konsumen dan
produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang
dijual, dengan demikian konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang
berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
- · Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output pasar (Small Relatively Output).
Semua perusahaan dalam industri
(pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata terendah), baik dalam
jangka pendek maupun jangka panjang. Jumlah output setiap perusahaan secara
individu dianggpa relatif kecil dibanding jumlah output setiap perusahaan dalm
industri.
- · Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (Price Taker).
Konsekuensi dari asumsi ketiga adalah
bahwa perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan
pasar.
- · Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (Free Entry and Exit).
Dalam pasar persaingan sempurna
faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus
dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi. Mobilitas mencakup geografis dan
antar pekerjaan.
Sistem Harga Pada Pasar Persaingan
Sempurna
Pada pasar persaingan
sempurna, harga cenderung stabil. Dengan demikian maka bentuk kurva
pada pasar
persaingan sempurna berbentuk garis lurus sejajar mendatar
dengan sumbu jumlah barang. Berapapun jumlah barang yang dibeli atau ditawarkan
tidak akan menaikkan atau menurunkan harga barang. Kurva tersebut merupakan
kurva pendapatan rata-rata (AR) dan pendapatan marginal (MR).
Permintaan dan Penerimaan Dalam Pasar Persaingan Sempurna
a.
permintaan
Tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan
penawaran. Misalkan pasar pakaian anak, maka harga pakaian anak ditentukan oleh
kekuatan permintaan dan penawaran pakaian anak, Perusahaan secara individu
harus menerima harga tersebut sebagai harga jual. Karena output perusahaan
relatif sangat kecil dibanding output pasar, maka berapa pun yang dijual
perusahaan, harga relatif tidak berubah. Karena itu kurva permintaan yang dihadapi
perusahaan secara individu berbentuk garis horizontal
b.
Penerimaan
Penerimaan total (total Revenue)
perusahaan sama dengan jumlah output (Q) dikali harga jual
(P). Karena harga telah ditetapkan, penerimaan rata-rata (average revenue). Penerimaan marjinal
(marginal revenue)
adalah sama dengan harga.
Penawaran Perusahaan Dalam Pasar Persaingan
Sempurna
Penawaran
industry adalah total penawaran perusahaan-perusahaan. Jumlah output yang
ditawarkan perusahaan adalah jumlah yang
menghasilkan labamaksimum (MR=MC).
a. Kurva Penawaran Jangka Pendek
Kurva penawaran jangka pendek perusahaan
dapat di konstruksi dari kurva biaya marjinal (MC) jangka pendek
b. Kurva Penawaran Jangka Panjang
Dalam pasar persaingan sempurna
kurva penawaran jangka panjang merupakan fokus keseimbangan jangka panjang pada
berbagai tingkat produksi, yaitu:
1. Industri Skala Biaya Konstan
(Constant Cost Industry)
2. Industri Skala Biaya Menaik
(Increasing Cost Industry)
3. Industri Skala Biaya Menurun
(Decreasing Cost Industry)
Kekurangan
Dan Kelebihan Pasar
Persaingan Sempurna
Dalam pasar
persaingan sempurna terdapat beberapa kelebihan, diantaranya
yaitu:
- Mampu
mendorong efisiensi dalam produksi. Dengan jumlah produsen atau penjual
yang banyak, maka produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu
barang yang dijualanya.
- Tidak
memerlukan iklan. Dengan sifat homogen di pasar
persaingan sempurna, maka pemasangan iklan sama sekali tidak
dibutuhkan karena jenis barang yang di perjual-belikan sama.
- Pembeli
dan penjual bebas bertindak. Produsen dan konsumen memiliki kebebasan
dalam keluar masuk pasar. Bagi produsen yang memiliki modal untuk menjual
produknya dapat memasuki pasar. Bagi produsen yang merasa rugi dapat
segera keluar dari pasar. Dan konsumen memiliki kebebasan untuk membeli
barang di pasar kapanpun.
- Harga
tidak ditentukan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli. Harga di pasar
persaingan sempurna ditentukan oleh hasil transaksi
tawar-menawar di pasar.
Selain memiliki kelebihan, pasar
persaingan sempurna juga memiliki beberapa kekurangan.
diantaranya sebagai berikut:
- Tidak
ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk. Dengan laba secukupnya,
membuat produsen kurang melakukan penelitian untuk ber-inovasi.
- Terbatasnya
kebebasan memilih bagi pembeli. Dengan jenis barang yang dijual hanya
satu, membuat konsumen tidak bisa memilih barang sesuai selera dan tingkat
pendapatan mereka masing-masing.
- Pekerja
menerima upah atau gaji rendah. Dengan laba secukupnya, produsen tidak
bisa memberikan upah tinggi kepada pekerjanya.
DAFTAR
PUSTAKA
Astiyah, S. dan Husman, J.A., 2006. Fungsi
Intermediasi dalam Efisiensi Perbankan di Indonesia: Derivasi Fungsi Profit. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 8(4), pp.529-544.
Utomo,
T.J., 2010. Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel. Fokus
Ekonomi, 5(1), pp.70-80.
Jatmiko,
Rahmad Dwi, 2004. Manajemen Stratejik. Edisi 1. Cet. 2. Malang: UMM Press.
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-persaingan-sempurna-beserta-contohnya-lengkap/ (diunduh pada 11
Mei 2017)
http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2016/01/pasar-persaingan-sempurna-resume-ekonomi-mikro.html (diunduh pada 11 Mei 2017)
http://soalkuliahku.blogspot.co.id/2016/12/artikel-pasar-persaingan-sempurna.html
(diunduh pada 11 Mei 2017)
https://natalianovi95.wordpress.com/2015/10/11/artikel-pasar/
(diunduh pada 11 Mei 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.