@A22-Tia
Oleh : Tia Afrilia
A. Mekanisme pasar
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk
terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang
ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).
Teori ekonomi standar mengatakan bahwa “meskipun pengaruh kelembagaan selain free market bisa saja menghasilkan alokasi yang efisien dan optimal”. Dengan kata lain, jika pasar tidak eksis, alokasi sumber daya tidak akan terjadi secara efisien dan optimal. Dalam beberapa hal, mekanisme pasar tidak bisa bekerja secara optimal pada beberapa sumber daya alam.
Teori ekonomi standar mengatakan bahwa “meskipun pengaruh kelembagaan selain free market bisa saja menghasilkan alokasi yang efisien dan optimal”. Dengan kata lain, jika pasar tidak eksis, alokasi sumber daya tidak akan terjadi secara efisien dan optimal. Dalam beberapa hal, mekanisme pasar tidak bisa bekerja secara optimal pada beberapa sumber daya alam.
Menurut ekonomi kapitalis (klasik), pasar memainkan peranan
yang sangat penting dalam sistem perekonomian. Ekonomi kapitalis menghendaki
pasar bebas untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi, mulai dari produksi,
konsumsi sampai distribusi.
Al-Ghazali dalam kitab ihya’ menjelaskan tentang sebab
timbulnya pasar, “Dapat saja petani hidup di mana alat-alat pertanian tidak
tersedia. Sebaliknya, pandai besi dan tukang kayu hidup di mana lahan pertanian
tidak ada. Namun, secara alami mereka akan saling memenuhi kebutuhan
masing-masing. Dapat saja terjadi tukang kayu membutuhkan makanan, tetapi
petani tidak membutuhkan alat-alat tersebut. Keadaan ini menimbulkan masalah.
Oleh karena itu, secara alami pula orang akan terdorong untuk menyediakan
tempat penyimpanan alat-alat di satu pihak, dan penyimpanan hasil pertanian di
pihak lain. Tempat inilah yang kemudian di datangi pembeli sesuai kebutuhannya
masing-masing sehingga terbentuklah pasar”.
B.
Kebaikan
dan Kelemahan Mekanisme Pasar
1. Beberapa Kebaikan Mekanisme Pasar :
a. Pasar dapat memberi informasi yang
tepat
Salah satu pertimbangan yang harus difikirkan dalm
menjalankan usaha adalah menentukan jenis barang-barang yang dapat dihasilkan
secara menguntungkan. Pasar dapat memberikan informasi yang sangat berguna
dalam hal ini, yaitu dengan memberikan keterangan tentang harga barang dan
sampai dimana besarnya permintaan kepada berbagai barang.
b. Pasar memberi perangsang untuk
mengembangkan kegiatan usaha
Keadaan dalam pasar terus menerus mengalami perubahan. Ini
akan memberikan dorongan kepada pengusaha untuk menambah produksi dan
meningkatkan kegiatan ekonomi.
c. Pasar memberikan perangsang untuk
memperoleh keahlian modern
Untuk mempercepat pertanbahan produksi, teknologi yang lebih
modern harus digunakan dan kemarihan teknik dan manajemen yang modern
diperlukan. Kebutuhan ini akan menjadi perangsang untuk memperoleh keahlian dan
cara memproduksi secara modern.
d. Pasar menggalakan penggunaan barang
dan faktor produksi secara efisien
Harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan
kelangkaannya. Makin besar permintaan makin tinggi harganya, dan makin langka
penawarannya akan semakin tinggi harganya.
e. Pasar memberikan kebebasan yang
tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi
Para pengusaha mempunyai kebebasan yang penuh untuk memilih
jenis barang-barang yang akan diproduksinya dan jenis-jenis faktor produksi
yang akan digunakan untuk menghasilkan barang.
2.
Beberapa Kelemahan Mekanisme Pasar :
a. Kebebasan yang tidak terbatas
menindas golongan-golongan tertentu
Kebebasan dalam melakukan kegiatan ekonomi yang tidak ada
batasnya dapat merugikan golongan yang lemah dan kaum minoritas.
b. Kegiatan ekonomi sangat tidak stabil
keadaannya
Mekanisme pasar yang bebas menyebabkan perekonomian selalu
mengalami kegiatan naik nurun yang tidak teratur.
c. Sistem pasar dapat dapat menimbulkan
monopoli
Tidak selalu mekanisme pasar itu merupakan suatu sistem pasar
persaingan sempurna dimana harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan
ditentukan oleh permintaan pembeli dan penawaran penjual yang banyak jumlahnya.
d. Mekanisme pasar tidak dapat
menyediakan beberapa jenis barang secara efisien
Masyarakat, secara bersama-sama, memerlukan beberapa
jasa-jasa tertentu seperti jalan raya untuk mempertinggi efisiensi lalu lintas,
angkatan bersenjata dan polisi untuk keamanan dan ketertiban. Jasa-jasa seperti
itu tidak dapat disediakan oleh mekanisme pasar secra efisien. Untuk dapat
menyediakan jasa-jasa itu dengan baik diperlukan campur tangan pemerintah.
e. Kegiatan konsumen dan produsen
mingkin menimbulkan ”Eksternalitas” yang merugikan
Yang dimaksudkan dengan eksternalitas adalah akibat sampingan (buruk atua
baik) yang ditimbulkan oleh kegiatan mengkonsumsi atau memproduksi.
C. Sistem Pasar
1.
Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen
untuk membeli suatu barang dengan berbagai tingkat harga tertentu dan selama
periode waktu tertentu. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan
suatu barang yaitu:
·
Harga
barang itu sendiri
·
Harga
barang yang terkait
·
Tingkat
pendapatan perkapita
·
Selera
atau kebiasaan
·
Jumlah
penduduk.
2.
Penawaran
Penawaran adalah keinginan produsen
untuk menjual(menawarkan) sejumlah barang pada berbagai tingkat harga selama
satu periode tertentu. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran
suatu barang yaitu:
·
Harga
barang itu sendiri
·
Harga
barang yang terkait
·
Harga
faktor produksi
·
Biaya
produksi
3.
Kegagalan
Pasar
Pasar merupakan alokasi sumber daya
yang efisien, namun jika semua asumsinya dapat terpenuhi, antara lain pelaku
harus bersifat rasional, memiliki informasi yang sempurna mengenai keadaan
pasar, pasar harus berbentuk persaingan sempurna dan barang yang ditawarkan harus
bersifat privat. Namun pada kenyataannya apa yang diasumsikan tidak sesuai
dengan yang ada di lapangan. Akibatnya kegagalan pasar pun terjadi.
Ada beberapa hal yang menyebabkan
kegagalan pasar terjadi, yakni:
·
Informasi
tidak sempurna.
Sering kali kita tidak mengetahui tentang kualitas barang
yang digunakan, Sebagai contoh saat kita membeli sebuah mobil, untuk memperoleh
informasi mengenai mobil itu seringkali kita menyewa seorang ahli mesin yang
terpercaya.
·
Daya
Monopoli
Sering kali kita jumpai dalam sebuah pasar dimana hanya
produsen yang menguasai pasar, hal itu terjadi karena produsen lainnya tidak
mampu bersaing dengan produsen tersebut. Kemampuan itu menyebabkan barang yang
diproduksi lebih sedikit, sehingga menyebabkan harga yang lebih tinggi
dibandingkan harga di pasar persaingan sempurna.
·
Eksternalitas
Eksternalitas merupakan keuntungan atau kerugian yang
dinikmati atau di derita pelaku ekonomi sebagai akibat tindakan pelaku ekonomi
yang lain. Sebagai contoh: Limbah yang dihasilkan sebuah pabrik dapat mencemari
lingkungan sekitar, dan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat sekitar, biaya
kerugian tersebut biaya eksternalit
D.
Intervensi Dan
Regulasi Pasar
Menurut Islam negara memiliki hak untuk melakukan intervensi dalam
kegiatan ekonomi baik itu dalam bentuk pengawasan, pengaturan maupun
pelaksanaan kegiatan ekonomi yang tidak mampu dilaksanakan oleh masyarakat. Dalam
konsep ekonomi islam, cara pengendalian harga ditentukan oleh penyebabnya. Bila
penyebabnya adalah perubahan pada Genuine demand dan Genuine supply, maka
mekanisme pengendalian dilakukan melalui market intervention (kontrol harga).
Sedangkan bila penyebabnya adalah distorsi Genuine demand dan Genuine supply,
maka mekanisme pengendalian dilakukan melalui penghilangan distorsi termasuk
penentuan price intervention untuk mengembalikan harga pada keadaan sebelum distorsi.
E.
Keseimbangan
Pasar
Keseimbangan atau ekuilibrium menggambarkan suatu situasi di mana semua
kekuatan yang ada dalam pasar, permintaan dan penawaran, berada dalam keadaan
yang seimbang sehingga setiap variabel yang terbentuk di pasar, harga dan kuantitas,
sudah tidak lagi berubah. Proses terjadinya keseimbangan dalam pasar berawal
dari mana saja, baik dari segi permintaan atau penawaran. Namun, dalam segi
perubahan akan terjadi pada satu sisi saja, sisi penawaran atau permintaan.
DAFTAR PUSTAKA
Cahyadi. 2010. Pasar dan Mekanisme Pasar. [Online]
Faiz53. 2013. Pasar Mekanisme Penentuan Harga. [Online]
Jayus. 2014. Mekanisme Pasar. [Online]
Rahmi. 2015. Mekanisme Pasar Dalam Islam. [Online]
Manurung, Mandala., dan Prathama Raharja. 2008. Pengantar
Ilmu Ekonomi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.