.

Rabu, 04 Juli 2018

Fungsi Sistem Ekonomi


Fungsi Sistem Ekonomi
Oleh                : Lucia Debby Gracella Sihombing
Kode Peserta   : @C13-Lucia, @Proyek-13
Abstrak
Penulisan tulisan ini bertujuan untuk membantu pembaca dan juga penulis dalam memahami dan mengetahui fungsi sistem ekonomi . Adapun latar belakang tulisan ini adalah keterbasan wawasan tentang permasalahan ekonomi di sekitar kita, bukan hanya ditempat yang kita tempati, namun termasuk daerah lain yang juga memiliki permasalahan ekonomi yang tidak jauh berbeda dengan daerah kita, Contohnya saja pengangguran yang semakin merajalela dan semangat mencari kerja kurang, harga barang yang tidak stabil, terkadang menjadi sangat tinggi dan tidak pernah menjadi sangat rendah, bisa saja dapat merugikan negara sendiri.
Kata kunci: system, ekonomi.

Pendahuluan
Dewasa ini, banyak sekali permasalahan ekonomi yang dapat kita lihat bahkan alami dikehidupan sehari-hari. Dalam permasalahan kali ini akan lebih mendalam menjelaskan fungsi sistem ekonomi. Sepengetahuan penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1) Jurnal yang berjudul “Memahami Cara Bekerja Sistem Perekonomian oleh Supriyanto
(2) Buku yang berjudul “Perekonomian Indonesia oleh Prof. Dr. Amir Amri,SE.,MS”.
(3) Buku yang berjudul “ sistem ekonomi leh Mubyarto”.

Hasil penelitian dan pembahasan tentang pemahaman system ekonomi, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan teori pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini  menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
  Identifikasi masalah
Berdasarkan masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.      Memahami arti Fungsi system ekonomi
2.      Memahami macam dan fungsi sistem ekonomi
Pembahasan
1.      Arti fungsi sistem ekonomi
Dumairy (1966)
Dumairy berpendapat bahwa pengertian sistem ekonomi adalah sistem yang mengatur dan hubungan ekonomi antara manusia dan pembentukan kelembagaan dalam suat tatanan kehidupan, maka dikatakan juga bahwa sistem ekonomi tidak harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan pandangan mereka, pola dan filsafat hidup di mana dia beristirahat.
Gilarso (1992 : 486)
Pengertian sistem ekonomi menurut Gilarso adalah cara untuk mengkoordinasikan perilaku keseluruhan masyarakat (konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagaiannya) dalam kegiatan menjaankan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagaiannya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis , dan kekacauan dapat dihindari.

2.      Macam dan fungsi sistem ekonomi

1.
Sistem Ekonomi Sosialis-Komunistik
Dalam sistem ini yang menonjol adalah kebersamaan, dimana semua alat produksi adalah milik bersama (negara) dan didistribusikan untuk kepentingan bersama sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

2.Sistem Ekonomi Liberal-Kapitalis

Sistem ekonomi liberal-kapitalis adalah suatu sistem yang memberikan kebebasan yang besar bagi pelaku-pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan yang terbaik bagi kepentingan individual atau sumber daya-sumber daya ekonomi atau faktor produksi.

3.Sistem Ekonomi Campuran (mixed ekonomi )

Di samping kedua ekstrim sistem ekonomi tersebut, terdapat sebuah sistem yang lain yang merupakan “atas campuran : antara keduanya, dengan berbagai fariasi kadar donasinya, dengan berbagai fariasi nama dan oleh istilahnya. Sistem ekonomi campuran pada umumnya diterapkan oleh negara-negara berkembang atau negara-negara dunia ke tiga.

Berkaitan dengan sistem ekonomi, ada tiga bentuk sistem ekonomi yang dikenal di dunia ini, yaitu:

1.Sistem ekonomi terpusat (sistem ekonomi sosialis) atau disebut Command Economy, yaitu sistem ekonomi dimana pemerintah membuat semua kebijakan menyangkut produksi, distribusi, dan konsumsi.
2.Sistem ekonomi pasar (Laissez-Faire Economy), merupakan sistem ekonomi yang berbasis pada kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi. perekonomian dibimbing oleh sesuatu yang tidak kelihatan (invisible hand).

3.Sistem ekonomi campuran yaitu gabungan dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat.

Kesimpulan
     Fungsi sistem ekonomi merupakan salah satu cara dalam mengorganisir proses ekonomi tertentu. Sistem ekonomi merupakan cara yang dipakai oleh suatu negara untuk menyelesaikan atau menghadapi masalah dalam bidang ekonomi.
Daftar Pustaka
Anonim. 2018. Pengertian sistem ekonomi menurut ahli. Sumberpengertian.com. dalam http://www.sumberpengertian.co/pengertian-sistem-ekonomi. Diunduh 11 Februari 2018.
Anonim. 2017.Fungsi sistem ekonomi. Jurnal.com. dalam https://www.jurnal.id/id/blog/2017/pengertian-fungsi-dan-macam-macam-sistem-ekonomi. Diunduh 1 November 2017.
Supriyanto. 2012.Memahami cara bekerja sistem perekonomian. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=6745. Diunduh 29 Februari 2012.
Ulfa, oktavia. 2013. Macam dan fungsi sistem ekonomi
dalam http://ulfaoktaviana.blogspot.com/.  Diunduh 31 Januari 2013
Anonim. KBBI. Pengertian Sistem. Dalam https://kbbi.web.id/sistem. Di searching 3 juli 2018.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.