.

Jumat, 06 April 2018

Persoalan Ekonomi di Sumatera Selatan


@C06-Bendy, @Proyek-06
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro




Abstrak
Artikel ini dibuat dengan tujuan agar kita mengetahui permasalahan ekonomi di suatu daerah. Kali ini saya akan membahas bagaimana permasalahan ekonomi di sumatera selatan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan cara mengatasi permasalahan ekonomi di daerah kita.

Kata Kunci
Permasalahan Ekonomi

Pendahuluan
Semua negara tidak akan pernah bias lepas dari berbagai macam permasalahan yang berhubungan dengan warga negaranya. Terlebih pada negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi seperti Indonesia. Masalah ketenagakerjaan, pengangguran, kenaikan harga (inflasi) dan kemiskinan di Indonesia sudah menjadi masalah pokok bangsa ini dan membutuhkan solusi yang tepat untuk menyelesaikan tersebut agar tidak menghambat langkah negara Indonesia untuk menjadi negara yang lebih maju.

Permasalahan
Apa yang dimaksud masalah ekonomi?
Bagaimana keadaaan ekonomi di provinsi sumatera selatan?
Bagaimana cara mengatasi masalah ekonomi yang terjadi?

Pembahasan
Masalah Ekonomi adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari baik masalah dalam jual beli, tawar menawar ataupun ekspor impor. Dalam kehidupan sekarang terutama di Indonesia terdapat beberapa masalah ekonomi yang terjadi diantaranya Pengangguran, Kemiskinan, Harga, Profit, Inflasi, Hutang, Sistem Ekonomi, Ekonomi politik, Kesejahteraan dan Pertumbuhan Ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumatera Selatan sebagai salah satu lumbung padi di luar Pulau Jawa memiliki peran penting bagi perekonomian wilayah dan nasional. Selama kurun waktu 2012-2014 kinerja perekonomian Provinsi Sumatera Selatan melambat dengan laju pertumbuhan rata-rata 5,82 persen .Melambatnya kinerja perekonomian salah satunya disebabkan karena pengaruh perlambatan produksi migas yang memiliki pangsa pasar cukup besar dalam perekonomian daerah. Laju Pertumbuhan PDRB Atas Dasar Harga Konstan Sumber: BPS, 2014 Selama kurun waktu 2010-2014 pendapatan per kapita di Provinsi Sumatera Selatan cenderung meningkat, namun lebih rendah dari pendapatan per kapita nasional. Jika pada tahun 2010 rasio PDRB perkapita Provinsi Sumatera Selatan dan PDB Nasional sebesar 90,11 persen, maka pada tahun 2014 rasionya menurun menjadi 89,74 persen, berarti perekonomian wilayah lain tumbuhan relatif lebih cepat dibandingkan Sumatera Selatan.

Pengurangan Pengangguran Tingkat pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan berada di bawah rata-rata tingkat pengangguran nasional. Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran wilayah cenderung menurun pada tahun 2008-2014, namun pada tahun 2015 tingkat pengangguran meningkat, menunjukkan peningkatan angkatan kerja baru selama tahun 2008- 2014 masih mampu diserap oleh lapangan kerja yang tersedia. Pada tahun 2015 peningkatan angkatan kerja tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. Tingkat pengangguran terbuka Provinsi Sumatera Selatan tahun 2008-2015 berkurang sebesar 3,42 persen.

Pengurangan Kemiskinan Selama kurun waktu 2008-2014 persentase penduduk miskin di Provinsi Sumatera Selatan telah berkurang sebesar 5,25 persen namun kemiskinan di wilayah ini masih tergolong tinggi dan berada diatas rata-rata nasional. Kemiskinan disebabkan karena struktur sosial dalam masyarakat, yaitu kurang mampunya memanfaatkan pengelolaan sumber daya alam yang melimpah akibat terbatasnya tingkat pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki.

Cara mengatasi masalah pertumbuhan & pembangunan ekonomi di indonesia
 1. Meningkatkan mutu pendidikan yang layak kepada masyarakat.       
 2. Pemberantasan Korupsi     
 3. Membuka usaha mandiri      
 4. Mengatasi pengangguran  
 5. Mengembangkan NPM Mandiri.

Kesimpulan
Pada dasarnya ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara manusia dalam memenuhi kehidupannya. Permasalahan ekonomi adalah sebuah topik dari banyak topik dalam mempelajari ilmu ekonomi. Dan merupakan topik yang paling banyak dibicarakan baik itu di masyarakat maupun media.
Di Indonesia terdapat banyak sekali permasalahan ekonomi. Pemerintah selalu berupaya untuk menghilangkan masalah-masalah ekonomi di negeri kita ini, meskipun belum semuanya dapat terlaksana dan terealisasikan dengan baik. Sebagai warga Negara kita dapat berpartisipasi untuk mengatasi masalah ini. Misalnya dengan cara belajar dengan baik dan membayar pajak.

Daftar Pustaka
-Gifta, Nirwana Sumantri.2014.Makalah Masalah Ekonomi.Dalam https://www.slideshare.net/giefthanierwana/masalah-eko-sah
-Fikri, Catur.2013.Masalah Ekonomi.Dalam http://fikricatur.blogspot.co.id/2013/04/masalah-ekonomi_30.html
-Albert Tito.2011.5 Contoh Masalah Ekonomi di Indonesia Serta Upaya Pemerintah dalam Mengatasinya.Dalam http://fantaziulo88.blogspot.co.id/2011/01/5-contoh-permasalahan-ekonomi-di.html
-http://simreg.bappenas.go.id/view/publikasi/clickD.php?id=79
-Dodi.2014. CARA MENGATASI MASALAH EKONOMI, MASALAH KETIDAKSTABILAN EKONOMI, MENGATASI PENGANGGURAN, INFLASI DAN MENYELESAIKAN MASALAH NERACA PERDAGANGAN DAN PEMBAYARAN.Dalam https://dodirullyandapgsd.blogspot.co.id/2014/09/cara-mengatasi-masalah-ekonomi-masalah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.