.

Senin, 22 Mei 2017

Investasi dalam Konteks Ekonomi Makro

@A13-Afifah

Oleh:
Afifah Indra Pritasari


Seseorang yang masih muda, berpenghasilan tinggi, dan belum menikah, dapat saja menghabiskan seluruh penghasilannya saat ini. Dengan uangnya, dia dapat saja pergi jalan-jalan, jajan, dan melakukan kegiatan konsumtif lainnya. Tetapi bila dia merencanakan sebuah keluarga, sebagian penghasilan (sumber daya) harus disishkan untuk persiapan pernikahan. Setelah memiliki anak, mungkin penghasilan dan kekayaannya makin besar. Namun demi masa depan anaknya, dia pun harus makin rajin menyimpan uangnya. Berikut kita akan membahas tentang investasi dalam ekonomi makro.
(Anonim, 2009)

A.    DEFINISI EKONOMI MAKRO
Ekonomi makro adalah suatu studi yang mempelajari perekonomian sebagai suatu kesatuan atau suatu studi tentang prilaku perekonomian secara keseluruhan. Dalam ekonomi makro juga merinci tentang analisis mengenai pengeluaran agregat kepada 4 komponen yaitu :
a.       Pengeluaran rumah tangga ( komsumsi rumah tangga )
b.      Pengeluaran pemerintah
c.       Pengeluaran perusahaan ( investasi )
d.      Ekspor dan impor
Ada tiga kebijakan pemerintah untuk mempengaruhi ekonomi makro yaitu kebijakan fiskal, kebijakan moneter, dan pertumbuhan ekonomi atau kebijakan sisi penawaran. Tiga keprihatian utama ekonomi makro yaitu inflasi, pertumbuhan output, dan pengangguran.

B.     DEFINISI INVESTASI
Berdasarkan wikipedia, investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.
Dalam prakteknya, dalam usaha untuk mencatat nilai penanaman mo-dal yang dilakukan dalam suatu tahun tertentu, yang digolongkan sebagai investasi (atau pembentukan modal atau penanaman modal) meliputi pengeluaran/ perbelanjaan berikut ini:
a.       Pembelian berbagai jenis barang modal, yaitu mesin-mesin dan peralatan produksi lainnya untuk mendirikan berbagai jenis industri dan perusahaan.
b.      Perbelanjaan untuk membangun rumah tempat tinggal, bangunan kantor, bangunan pabrik dan bangunan-bangunan lainnya.
c.       Pertambahan nilai stok barang-barang yang belum terjual, bahan mentah dan barang yang masih dalam proses produksi pada akhir tahun penghitungan pendapatan nasional.
Jumlah dari ketiga-tiga jenis komponen investasi tersebut dinamakan investasi bruto, yaitu ia meliputi investasi untuk menambah kemampuan memproduksi dalam perekonomian dan mengganti barang modal yang sudah didepresiasikan. Apabila investasi bruto dikurangi oleh nilai apresiasi maka akan didapat investasi neto.

C.     DEFINISI INVESTASI DALAM EKONOMI MAKRO
Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Contohnya membangun rel kereta api atau pabrik. Investasi adalah suatu komponen dari PDB (Produk Domestik Bruto) dengan rumus:
PDB = C + I + G + (X-M)
Dimana:
C = Consume/ Konsumsi
I = Investasi
G = Goverment/ Pemerintah
X = Export = Ekspor
M = Import = Impor

D.    ADA DUA PERAN INVESTASI DALAM EKONOMI MAKRO, ANTARA LAIN:
a.       Investasi merupakan komponen pengeluaran yang cukup besar dan tidak mudah habis, maka perubahan besar dalam investasi akan sangat mempengaruhi pernintaan.
b.      Investasi mendorong terjadinya akumulasi modal, penambahan stok bangunan gedung dan peralatan lainnya, akan meningkatkan output potensial suatu bangsa dan merangsang pertumbuhan ekonomi untuk jangka panjang.

Oleh karena itu, sangat penting peran investasi dalam konteks ekonomi makro, agar ekonomi rakyat dapat berjalan dengan baik, sehingga kita bisa menekan angka kemiskinan dan pengangguran, di setiap desa/ kelurahan, tapi banyak para pemimpin kita, mengira investasi itu memerlukan modal yang sangat besar, perlu membangun pabrik, dan lain sebagainya, sehingga memerlukan dana/ modal ratusan milyar rupiah atau bahkan ratusan trilyun.
(Meyka, 2013)

DAFTAR PUSTAKA

Meyka. 2013. Investasi dalam konteks ekonomi makro. Online http://meyka.blogdetik.com/2013/06/02/investasi-dalam-konteks-ekonomi-makro (diakses pada 23 Mei 2017)


Anonim. 2009. Teori Investasi Makro Ekonomi. Online https://athmospheresis.wordpress.com/2009/12/05/teori-investasi-makro-ekonomi/ (diakses pada 23 Mei 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.