.

Senin, 03 April 2017

Urgensi Produksi

@A03-Agung

oleh: agung prasetyo
 
ABSTRAK
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.
Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut Produsen.



proses produksi
Proses Produksi - Proses produksi adalah tahap-tahap yang harus dilewati dalam memproduksi barang atau jasa.

Berdasarkan caranya, proses produksi digolongkan dalam tiga macam antara lain sebagai berikut...
a. Proses Produksi Pendek, adalah proses produksi yang pendek atau cepat dan langsung dalam menghasilkan barang atau jasa yang dapat dinikmati konsumen.
b. Proses Produksi Panjang, adalah proses produksi yang memakan waktu lama. Contohnya adalah proses produksi menanam padi dan membuat rumah.
c. Proses Terus Menerus/Kontinu, adalah proses produksi yang mengolah bahan-bahan secara berurutan dengan beberapa tahap dalam pengerjaan sampai menjadi suatu barang jadi.
d. Proses Produksi Berselingan/Intermitten, adalah proses produksi yang mengolah bahan-bahan dengan cara menggabungkan menjadi barang jadi.
  


faktor produksi
Dalam kegiatan produksi untuk menghasilkan suatu barang ataujasa, maka dibutuhkan faktor faktor yang disebut sebagai faktor produksi. Adanya faktor faktor produksi ini sangat penting untuk bisa menunjang proses produksi. Faktor faktor produksi yang ada, meliputi faktor produksi alam, faktor produksi tenaga kerja, faktor produksi modal dan faktor produksi keahlian manajerial.
Berikut ini adalah penjelasan dari masing -masing faktor produksi yang ada.

 Faktor Produksi Alam
Faktor produksi alam adalah faktor penunjang kegiatan produksi yang tersedia di alam. Faktor ini meliputi tanah, air, hasil hutan, lautan, hasil laut, dan lain sebagainya.

 Faktor Produksi Tenaga Kerja
Faktor produksi tenaga kerja adalah faktor produksi yang bentuknya berupa tenaga kerja manusia atau yang biasa disebut sebagai Sumber Daya Manusia (SDM). Tenaga kerja ini memegang peranan penting dalam menjalankan berbagai kegiatan produksi.

Faktor Produksi Modal
Faktor produksi modal berperan penting dalam menunjang kelancaran proses produksi. faktor produksi modal dapat digolongkan berdasarkan asal, bentuk dan sifatnya.
Modal menurut asalnya, terdiri dari :
Modal sendiri, yakni modal yang berasal dari perusahaan sendiri.
Modal asing, yaknimodal yang berasal dari pinjaman dari pihak lain, yang bukan pemilik perusahaan.

Modal menurut bentuknya, terdiri dari :
Modal konkrit atau nyata yang berupa mesin, peralatan produksi, alat transportasi, dan sejenisnya.
Modal abstrak atau tidak nyata yang berupa nama baik, merk dagang, hak paten, dan lain sebagainya.
Modal menurut sifatnya, terdiri dari :
Modal tetap, merupakan modal yang dapat digunakan secara berulang -ulang dalam jangka waktu lama atau lebih dari satu kali proses produksi
Faktor Produksi Keahlian Manajerial
Faktor produksi keahlian manajerial ini adalah kemampuan dalam mengelola dan mengorganisis berbagai faktor produksi sehingga proses produksi yang berlangsung dapat berjalan secara efektif dan efisien.

 ada beberapa keahlian yang perlu untuk dimiliki, yang meliputi :
  • Manajerial skill, yakni suatu kemampuan dalam mengorganisasikan seluruh faktor produksi yang ada dengan menggunakan cara -cara yang tepat sehingga dapat diperoleh hasil maksimal.
  • Technical skill, yakni suatu keahlian yang sifatnya teknis dalam pelaksanaan proses produksi sehingga proses produksi tersebut bisa berjalan dengan baik.
  • Organizational skill, yakni suatu keahlian dalam memimpin berbagai jenis usaha atau organisasi sehingga usaha atau organisasi yang dipimpinnya tersebut bisa berjalan dengan baik

    tujuan produksi

    Dalam pengertian sederhana, produksi berarti menghasilkan barang/jasa. Menurut Ilmu Ekonomi, pengertian produksi adalah kegiatan menghasilkan barang maupun jasa atau kegiatan menambah nilai kegunaan/manfaat suatu barang.
    Dari pengertian tersebut jelas bahwa kegiatan produksi mempunyai tujuan yang meliputi:
    1. menghasilkan barang atau jasa.
    2. meningkatkan nilai guna barang atau jasa.
    3. meningkatkan kemakmuran masyarakat.
    4. meningkatkan keuntungan.
    5. memperluas lapangan usaha.
    6. menjaga kesinambungan usaha perusahaan.



     

    DAFTAR PUSTAKA

      Anonim,2015,pengertian produksi
http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-produksi-faktor-faktor.html

 anonim.tidak ada tahun,pengertian dan tujuan produksi


laila,sunna,2016,faktor produksi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.