.

Senin, 10 April 2017

Pasar Persaingan Sempurna



                                              

 @A36-Josephine
NIM : 41616010078
Pasar Persaingan Sempurna
Pendahuluan
Pasar adalah tempa n Xt bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang maupun jasa. akan tetapi disana ada juga pasar yang bersifat tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli, seperti pasar saham, pasar online dan lainnya.pasar juga dapat diartikan secara umum atau lebih luas, yaitu suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan hingga terjadi transaksi yang sah atau saling setuju dengan keputusan akhir.
Kata kunci : Pasar, Penjual, Pembeli, Transaksi, Harga Kesetimbangan.
Pembahasan
1.     Pengertian Pasar Persaingan Sempurna ( Perfect Competition Market ).
Ada banyak pendapat mengenai pengertian pasar persaingan sempurna yang dikemukakan oleh para pakar, kendai terdapat banyak pendapat tetap semuanya menjurus pada defines pasar persaingan sempurna yang sama hanya saja disampaikan dengan bahasa yang berbeda – beda, berikut bebrapa pengertian pasar persaingan Sempurna :

  • Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen yang sangat banyak dan tidak terbatas.
  • Pendapat lain tentang definisi pasar persaingan sempurna adalah Salah satu bentuk pasar yang terdiri dari banyak pembeli dan penjual, namun demikian pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak dapat memengaruhi harga pasar. Pada pasar ini harga yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan penjual dan pembeli secara keseluruhan atau bersama-sama.
  • pasar dimana pada kosndisi pasar persaingan sempurna ini terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.atau pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga.

2. Contoh Pasar Persaingan Sempurna :
Sangat mudah menemukan contoh pasar persaingan sempurna, yaitu dengan melihat kondisi produk yang dijual pada pasar ini, dalam kategori pasar persaingan sempurna disana banyak menjual produk – produk dari hasil pertanian atau sering disebut dengan barang yang bersifat makanan pokok, seperti beras, gandum, sayuran, buah – buahan, kentang dan lain sebagainya.
Dalam pasar ini, masing – masing petani secara individual tidak mampu mempengaruhi harga dalam pasar bila menentukan harga sendiri, karena jika mereka menjual murah akan mengalami kerugian dan jika terlalu mahal maka akan tidak laku, sehingga mau tidak mau harus mengikuti harga pasar yang telah ditentukan secara bersama.

3. Karakteristik pasar persaingan sempurna, antara lain sebagai berikut:
1. Terdapat banyak penjual dan pembeli. Kondisi ini menyebabkan pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga. Penentuan harga didasarkan pada kekuatan permintaan dan penawaran atau mekanisme pasar. Jadi, penjual dalam pasar persaingan sempurna merupakan penerima harga atau price taker.
2. Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen. Barang yang diperjualbelikan di pasar ini merupakan barang substitusi untuk barang dari produsen lain. Sifat ini menunjukkan bahwa tidak ada ketergantungan terhadap satu penjual saja sehingga pembeli bebas memilih untuk membeli di penjual mana pun.
3. Adanya kebebasan dari produsen untuk membuka atau menutup usaha. Pada prinsipnya, suatu usaha dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh laba. Jika laba yang diperoleh banyak, produsen akan terus mengembangkan usahanya. Namun, jika kegiatan usahanya mengalami kerugian, produsen kemungkinan akan berpindah ke jenis usaha lain.
4. Adanya kemudahan dari pelaku pasar untuk memperoleh informasi mengenai pasar. Pembeli dan penjual mempunyai pengetahuan yang luas tentang pasar baik harga, kualitas, dan kuantitas barang. Kondisi ini menyebabkan terjadinya titik keseimbangan atas harga barang yang diperjualbelikan di pasar.
5. Tidak adanya hambatan buatan terhadap pergerakan harga (tidak ada campur tangan pemerintah). Hal ini terjadi karena pergerakan harga ditentukan oleh kekuatan pasar, yaitu interaksi antara permintaan dan penawaran. Contoh hambatan buatan adalah kebijakan pemerintah dan pengaruh perusahaan tertentu.

·  Ciri – Ciri Pasar Persaingan Sempurna :
1. Barang atau produk yang dijual pada pasar persaingan sempurna bersifat Homogen ( terdapat kesamaan jenis ).
2. Penjual dan pembeli berjumlah banyak.
3. Penjual bersifat pengambil harga yangtelah ditentukan ( Price taker )
4. Kondisi pasar bersifat sensitive terhadap perubahan pasar yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.
5. Harga ditentukan oleh pasar.
6. Antara penjual dan pembeli sama – sama meiliki informasi lengkap tentang pasar ( perfect Knowlage ).
7. Semua perusahaan bebas dan Mudah untuk keluar masuk pasar karena pengaruh mobiltas tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi..
8. Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
·  Keuntungan dan kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Ø Kelebihan pasar persaingan sempurna
a.  Konsumen akan memperoleh kepuasan yang maksimal.
b. Produsen akan memperoleh keuntungan yang maksimal karena dapat menjual sebanyak-banyaknya.
c. Untuk memasarkan produknya, produsen tidak memerlukan iklan.

Ø Kelemahan pasar persaingan sempurna
a. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan kurang variatif sehingga konsumen akan cepat merasa bosan.
b. Tidak adanya inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan karena sebagian besar yang ikut dalam pasar persaingan sempurna adalah perusahaan kecil.

Daftar pustaka
Blogspot , Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya, Dalam link http://www.lebahmaster.com/pengertian-pasar-persaingan-sempurna-dan-contohnya/
Yuni, Yuniar. 2015, Pasar Persaingan Sempurna, Dalam link http://yuniaryuni17.blogspot.co.id/2015/04/pasar-persaingan-sempurna.html (Diunduh pada 30 April 2015).
Rahardja, Pratama dan Mandala. M, 2008, Pengantar Ilmu Ekonomi, Jakarta, Fakultas Ekonomi UI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.