.

Selasa, 11 April 2017

Memahami Apa itu Pasar Monopoli

@B15-Fahlevi
Definisi
Pasar monopoli adalah suatu bentuk atau jenis pasar yang hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjual atau satu perusahaan yang menguasai seluruh penawarannya.
Pada pasar ini tidak ada pihak lain yang dapat menyainginya, sehingga menjadi pure monopoly atau monopoli murni, Contohnya seperti pertamina, perusahaan listik negara (pln), perusahaan kereta api dan lain sebagainya.(sumber Rahmat Hidayat 2015)




Ciri-ciri dari pasar monopoli:
1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.(sumber tutorial kuliah online 2008)

Faktor Timbulnya Pasar Monopoli
  • Perusahaan monopoli hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
  • Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
  • Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak
  • monopoli kepada perusahaan tersebut.(belajar online 2016)

 KURVA OERMINTAAN MONOPOLI
            Kurva permintaan bagi komoditas yang dihasilkan oleh perusahaan monopoli, menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Dalam hal ini monopolis akan memperoleh harga jual yang tinggi bila produksinya sedikit, dan harga yang semakin rendah bila produksinuya semakin banyak.(sumber Hima FE UNIMAL 2012)

KURVA PENAWARAN MONOPOLI
            Pada pasar monopoli, kurva marginal cost tidak menunjukkan sifat kurva penawaran. Misalnya pada mulanya permintaan adalah DoDo, marginal revenue adalah Mro, sedangkan marginal cost adalah MC. Keuntungan maksimum akan diapai bila perusahaan berproduksi sebanyak Q. pada tingkat produksi ini, harga mencapai Po. Selanjutnya, misalkan permintaan berubah menjadi D1D1 dan marginal revenue adalah MR1. Biaya produksi tidak berbah , berarti biaya marginal adalah tetap seperti yang ditunjukkan oleh MC. Dalam keadaan yang baru ini, untuk memaksimumkan keuntungan , perusahaan akan  memproduksi sebanyak Q, tetapi sekarang tingkat harga mencapai P1, dengan demikian, didapati adanya dua tingkat harga(Po dan P1), tetapi ada satu jumlah produksi(Q). keadaan ini menyebab kita tidak dapat menunjukkan kurva  penawaran untuk perusahaan monopoli karena tidak terdapat hubungan yang tetap antara harga dan jumlah yang tawarkan oleh perusahaan tersebut.(sumber Hima FE UNIMAL 2012)

Dampak negatif adanya monopoli :
1.  Terjadinya Ketidakstabilan harga barang
2. Kecilnya Kuantitas produksi  suatu perusahaan menimbulkan adanya biaya sosial kepada masyarakat .
3. Adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi dengan sekecil kecilnya dan menaikan harga dengan setinggi- tingginya.
4. Kepentingan umum banyak diabaikan, sebab keberadaan usahanya hanya didasarkan atas untung rugi saja.(sumber Ananda Setiawan 2012)


DAFTAR PUSTAKA
Hima FE UNIMAL, 2012, pasar monopoli, http://himepunimal.blogspot.co.id/2012/12/pasar-monopoli.html  (diakses tanggal 11 april 2017)
Setiawan, Ananda, 2012, Pasar Monopoli, http://ananda9mei.blogspot.co.id/2012/09/pasar-monopoli.html (diakses tanggal 11 april 2017)
Tutorial Kuliah, 2008, Ciri-ciri pasar monopoli, http://tutorialkuliah.blogspot.co.id/2009/10/ciri-ciri-pasar-monopoli.html (diakses tanggal 11 april 2017)
Hidayat.R, 2015, pengertian ciri-ciri pasar ekonomi, http://www.kitapunya.net/2015/08/pengertian-ciri-ciri-dan-contoh-pasar-monopoli.html  (diakses tanggal 11 april 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.