.

Selasa, 11 April 2017

Dimensi jangka panjang dan pendek



Faktor produksi dibagi menjadi dua jenis, yaitu faktor produksi tetap dan faktor produksi variabel.
Faktor produksi tetap adalah faktor produksi yang jumlah penggunaannya tidak tergantung pada jumlah produksi. Contohnya faktor produksi tetap adalah mesin.
Faktor produksi variabel adalah faktor produksi yang jumlah penggunaannya tergantung pada jumlah produksi. Contoh faktor produksi variabel adalah tenaga kerja.
Pengertian faktor produksi tetap dan variabel ini terkait dengan terkait dengan waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mengurangi dan menambah faktor produksi tersebut, karena dalam jangka panjang dan sangat panjang semua faktor produksi adalah faktor produksi variabel, dimana perusahaan mampu menambah jumlah faktor produksi tersebut yang disesuaikan dengan jumlah produksi yang ingin dihasilkan.
Dalam konteks manajemen, jangka panjang dan sangat panjang berkaitan dengan ukuran waktu, (ex. Jangka panjang berkisar 5 – 25 tahun). Namun, dalam Teori Produksi tidak mendefinisikan secara ukuran waktu kronologis. Jangka Pendek adalah jangka waktu dimana perusahaan tidak mampu dengan segera melakukan penyesuaian jumlah penggunaan faktor produksi. Sedangkan Jangka Panjang semua faktor produksi menjadi faktor produksi variabel.

sumber : http://www.pendidikanekonomi.com/2014/05/teori-perilaku-produsen-teori-produksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.