.

Sabtu, 11 Maret 2017

Mekanisme Pasar



@A08-Satria

Oleh : Satria Ariyoga Wijaya








ABSTRAK
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang mekanisme pasar. Mekanisme pasar perlu diatur untuk menegakkan keseimbangan pasar dan keadilan ekonomi dalam mempertimbangkan keseimbangan pasar dan keadilan ekonomi dengan mempertimbangkan kepentingan para pihak yang terlibat di pasar. Harga keseimbangan adalah harga yang diperoleh berdasarkan kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand). Permintaan (demand) merupakan keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Sedangkan penawaran (supply) adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. Jadi kaitan antara penawaran  dan permintaan itu  sangat erat karena keduanya harus terpadu agar terciptanya keseimbangan pasar
Kata Kunci : Pasar, Permintaan dan Penawaran
PENDAHULUAN
            Pasar merupakan lembaga ekonomi di mana para pembeli atau penjual , baik secara langsung atau tidak langsung dapat melakukan transaksi perdagangan barang atau jasa. Jadi, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Mekanisme pasar merupakan sistem yang cukup efisien dalam memberlakukan haraga yang adil dan bahkan untuk mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mendorong kegiatan ekonomi. Begitu juga peran pemerintah dalam mengatur dan mengawasi mekanisme pasar.
RUMUSAN MASALAH
1.       Apa itu penawaran ?
2.       Apa faktor-faktor yang memengaruhi penawaran ?
3.       Apa itu permintaan ?
4.       Apa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ?
5.       Bagaimana harga keseimbangan dapat terjadi ?
6.       Apa pengertian dari kegagalan pasar ?
7.       Apa faktor-faktor penyebab kegagalan pasar ?

PEMBAHASAN
1.       Penawaran
Menurut Raharja dan Manurung (2008) berpendapat bahwa penawaran (supply) adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.
2.       Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang, yaitu :
a.       Harga barang itu sendiri
b.      Harga barang lain yang terkait
c.       Harga faktor produksi
d.      Biaya produksi
e.      Teknologi produksi
f.        Jumlah pedagang/penjual
g.       Tujuan perusahaan
h.      Kebijakan pemerintah
3.       Permintaan
Menurut Wardayadi (2011), Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.
4.       Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan
Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi permintaan suatu barang, yaitu :
a.       Harga barang itu sendiri
b.      Harga barang yang terkait
c.       Tingkat pendapatan per kapita
d.      Selera atau kebiasaan
e.      Jumlah penduduk
f.        Perkiraan harga di masa mendatang
g.       Distribusi pendapatan
h.      Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
5.       Harga Keseimbangan
Harga Keseimbangan terjadi jika harga dan jumlah barang yang diminta oleh pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Dengan kata lain harga keseimbangan terjadi pada harga dan jumlah barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang.
6.       Kegagalan Pasar
Menurut Fachri (2010) kegagalan pasar yaitu ketika gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
7.       Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Pasar
Menurut Fitria kegagalan pasar dapat terjadi karena adanya faktor-faktor dibawah ini :
a.       Adanya Common goods (Barang bersama)
b.      Adanya unsur ketidaksempurnaan pasar
c.       Adanya barang public
d.      Adanya eksternalitas
e.      Adanya pasar tidak lengkap
f.        Adanya kegagalan informasi
KESIMPULAN
Menurut Rahman (2017) mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta)
1.       Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.
2.       Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.
3.       Harga Keseimbangan terjadi jika harga dan jumlah barang yang diminta oleh pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Dengan kata lain harga keseimbangan terjadi pada harga dan jumlah barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang.
4.       Kegagalan pasar yaitu ketika gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
DAFTAR PUSTAKA
Raharja P dan Manurung M. 2008. “Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi). Jakarta: LPFEUI
Rahman, Zaki. 2017. “Mekanisme Pasar dan Intervensi”. http://ilmuekonomi123.blogspot.co.id/2017/03/mekanisme-pasar-dan-intervensi.html#more (diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Fitria, A. “Kegagalan Pasar dan Campur Tangan Pemerintah”. https://anisfitriaambarwati.wordpress.com/ekonomi-publik/kegagalan-pasar-dan-campur-tangan-pemerintah/ (diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Wardayadi. 2011. “Penawaran dan Permintaan Serta Terbentuknya Harga Pasar”. https://anisfitriaambarwati.wordpress.com/ekonomi-publik/kegagalan-pasar-dan-campur-tangan-pemerintah/ (diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Anonim. 2015. “Harga Keseimbangan (EQUILIBRIUM PRICE)”. http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/harga-keseimbangan-equilibrium-price.html (diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Fachri, Saeful. 2010. “Faktor Penyebab Kegagalan Pasar”. http://saeful-fachri.blogspot.co.id/2010/07/faktor-penyebab-kegagalan-pasar.html (diakses pada tanggal 14 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.