@A08-Satria
Oleh : Satria Ariyoga Wijaya
ABSTRAK
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan
informasi tentang mekanisme pasar. Mekanisme pasar perlu diatur untuk
menegakkan keseimbangan pasar dan keadilan ekonomi dalam mempertimbangkan
keseimbangan pasar dan keadilan ekonomi dengan mempertimbangkan kepentingan
para pihak yang terlibat di pasar. Harga keseimbangan adalah harga yang
diperoleh berdasarkan kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand).
Permintaan (demand) merupakan keinginan konsumen membeli suatu barang pada
berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Sedangkan penawaran
(supply) adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai
tingkat harga selama satu periode tertentu. Jadi kaitan antara penawaran dan permintaan itu sangat erat karena keduanya harus terpadu
agar terciptanya keseimbangan pasar
Kata Kunci : Pasar, Permintaan dan
Penawaran
PENDAHULUAN
Pasar merupakan lembaga
ekonomi di mana para pembeli atau penjual , baik secara langsung atau tidak
langsung dapat melakukan transaksi perdagangan barang atau jasa. Jadi, pasar
merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Mekanisme pasar merupakan sistem yang cukup
efisien dalam memberlakukan haraga yang adil dan bahkan untuk mengalokasikan
faktor-faktor produksi dan mendorong kegiatan ekonomi. Begitu juga peran
pemerintah dalam mengatur dan mengawasi mekanisme pasar.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa itu penawaran ?
2.
Apa faktor-faktor yang memengaruhi penawaran ?
3.
Apa itu permintaan ?
4.
Apa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ?
5.
Bagaimana harga keseimbangan dapat terjadi ?
6.
Apa pengertian dari kegagalan pasar ?
7.
Apa faktor-faktor penyebab kegagalan pasar ?
PEMBAHASAN
1. Penawaran
Menurut Raharja dan Manurung (2008)
berpendapat bahwa penawaran (supply) adalah jumlah barang yang produsen ingin
tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.
2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Ada beberapa
faktor yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang, yaitu :
a.
Harga barang itu sendiri
b.
Harga barang lain yang terkait
c.
Harga faktor produksi
d.
Biaya produksi
e.
Teknologi produksi
f.
Jumlah pedagang/penjual
g.
Tujuan perusahaan
h.
Kebijakan pemerintah
3. Permintaan
Menurut
Wardayadi (2011), Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa)
yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu
tertentu.
4. Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan
Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi
permintaan suatu barang, yaitu :
a.
Harga barang itu sendiri
b.
Harga barang yang terkait
c.
Tingkat pendapatan per kapita
d.
Selera atau kebiasaan
e.
Jumlah penduduk
f.
Perkiraan harga di masa mendatang
g.
Distribusi pendapatan
h.
Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
5. Harga Keseimbangan
Harga Keseimbangan terjadi jika harga dan jumlah
barang yang diminta oleh pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang
ditawarkan. Dengan kata lain harga keseimbangan terjadi pada harga dan jumlah
barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang.
6. Kegagalan Pasar
Menurut Fachri (2010) kegagalan pasar yaitu ketika
gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisi
teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
7. Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Pasar
Menurut Fitria kegagalan pasar dapat terjadi karena adanya
faktor-faktor dibawah ini :
a.
Adanya Common goods (Barang bersama)
b.
Adanya unsur ketidaksempurnaan pasar
c.
Adanya barang public
d.
Adanya eksternalitas
e.
Adanya pasar tidak lengkap
f.
Adanya kegagalan informasi
KESIMPULAN
Menurut Rahman (2017) mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar
bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah
yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta)
1.
Permintaan adalah jumlah produk (baik barang
maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka
waktu tertentu.
2.
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen
ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.
3.
Harga Keseimbangan terjadi jika harga dan jumlah
barang yang diminta oleh pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang
ditawarkan. Dengan kata lain harga keseimbangan terjadi pada harga dan jumlah
barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang.
4.
Kegagalan pasar yaitu ketika gagal dalam
memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis
yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
DAFTAR PUSTAKA
Raharja P dan Manurung M. 2008. “Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi &
Makroekonomi). Jakarta: LPFEUI
Rahman, Zaki. 2017. “Mekanisme Pasar dan Intervensi”. http://ilmuekonomi123.blogspot.co.id/2017/03/mekanisme-pasar-dan-intervensi.html#more
(diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Fitria, A. “Kegagalan Pasar dan Campur Tangan Pemerintah”. https://anisfitriaambarwati.wordpress.com/ekonomi-publik/kegagalan-pasar-dan-campur-tangan-pemerintah/
(diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Wardayadi. 2011. “Penawaran dan Permintaan Serta Terbentuknya
Harga Pasar”. https://anisfitriaambarwati.wordpress.com/ekonomi-publik/kegagalan-pasar-dan-campur-tangan-pemerintah/
(diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Anonim. 2015. “Harga Keseimbangan (EQUILIBRIUM PRICE)”.
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/harga-keseimbangan-equilibrium-price.html
(diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Fachri, Saeful. 2010. “Faktor Penyebab Kegagalan Pasar”. http://saeful-fachri.blogspot.co.id/2010/07/faktor-penyebab-kegagalan-pasar.html
(diakses pada tanggal 14 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.