Abstrak
Perkembangan dunia usaha saat ini
dengan diberlakukannya perdagangan bebas memberikan dampak semakin ketatnya
persaingan usaha, hal ini menuntut para pelaku usaha untuk lebih jeli dan tajam
didalam melihat peluang yang ada dan melihat perilaku konsumen yang menjadi
sasaran pasarnya. Sebagai pelaku usaha sudah seharusnya mengetahui bagaimana
perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian yang akan menjadi
kunci sukses di dalam kegiatan pemasaran. Untuk itu penulis berkeinginan untuk
memberikan sedikit ulasan tentang perilaku konsumen di dalam melakukan
keputusan pembelian sebuah jasa atau produk.
Kata
Kunci
: Perilaku Konsumen,Konsumen,Pasar.
A.
PENDAHULUAN
Sejalan dengan perkembangan dunia
usaha informasi dan komunikasi yang semakin pesat yang didukung oleh semakin
canggihnya teknologi, maka semakin pesat pula persaingan di antara pengusaha
komunikasi dan informasi untuk menarik konsumen dan menguasai pangsa pasar yang
ada. Selanjutnya maka produsen harus dapat menghasilkan barang dan jasa yang
sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. pemahaman mengenai perilaku konsumen
adalah pengetahuan yang sangat penting agar dapat memahami kebutuhan, keinginan
dan harapan konsumen secara lebih baik.
B. PERMASALAHAN
1.
Apa
Yang Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen?
2.
Apa
Perbedaan Perilaku Konsumen Rasional Dengan Perilaku Konsumen Irrasional?
3.
Apa
Saja Jenis-Jenis Konsumen?
4.
Faktor
Apa Saja Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Mengkonsumsi Barang atau
Jasa?
C. PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan
aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan
keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan pertimbangan yang matang.(Eka Septiani,2012)
B. Perbedaan Perilaku Konsumen Rasional
dan Irrasional
1. Perilaku Rasional
Perilaku rasional
adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat. Perilaku
rasional antara lain :
· Mengkonsumsi produk sesuai
kualitasnya
· Mengkonsumsi produk yang benar -
benar yang dibutuhkan oleh konsumsi
· Mengkonsumsi produk yang mampu
meberikan kegunaan optimal, maksudnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang
lama
2. Perilaku Irrasional
Perilaku
irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada
pertimbangan yang baik. Perilaku irrasional antara lain :
· Membeli karena tertarik pada merk
& iklan produk
· Membeli karena adanya potongan
produk
·
Membeli
karena adanya bonus pembelian. (Boyhaqi,2015)
C.
Jenis-Jenis
Konsumen
Berikut adalah Jenis-jenis konsumen beserta penjelasannya :
1. Pembeli Apatis
Yaitu jenis orang yang tidak akan
pernah membeli apapun, tidak peduli sebagus apapun produk kita, seberapa murah,
cenderung sinis, negatif, aneh dan tidak tertarik. Mereka ini biasanya orang
punya banyak masalah pribadi sehingga tidak tertarik dengan penawaran. Contoh :
Pembeli ini hanya membeli barang apabila dibutuhkan saja (membeli kebutuhan
sembako).
2. Pembeli Aktualisasi Diri
Yaitu pembeli yang mengetahui dengan
jelas apa yang ia inginkan, fitur dan manfaat yang ia cari serta jumlah uang
yang bersedia ia keluarkan untuk membeli. Jika anda mempunyai apa yang mereka
inginkan maka mereka dapat langsung membelinya, saat itu juga tanpa banyak
pertanyaan. Tipe ini sangat positif dan menyenangkan. Contoh : Orang yang
membeli pakaian, Orang yang membeli buku untuk menambah ilmu pengetahuannya.
3. Pembeli Analitis
Yaitu tipe pembeli ini sangat detail
dan penuh pertimbangan serta cenderung agak cerewet. Dalam menghadapi tipe
pembeli seperti ini butuh kesabaran, karena mereka akan banyak bertanya untuk
mengumpulkan data dan informasi yang lengkap sebagai sarana pengambilan
keputusan. Mereka akan bersikap teliti dan membandingkan dengan produk atau
jasa yang lain. Contoh : Orang yang akan membeli handphone, mobil maupun rumah.
4. Pembeli Impulsif
Yaitu tipe pembeli yang melakukan
pembelian tanpa direncanakan. proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen
timbul begitu saja saat ia melihat suatu barang atau jasa. Karena
ketertarikannya, selanjutnya ia melakukan pembelian pada barang atau jasa yang
bersangkutan. Contoh : Anak kecil yang membeli cokelat atau ice cream. (Chaerul
Anwar,2013)
D.
Faktor
Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Mengkonsumsi Barang atau Jasa
·
Pendapatan
Pendapatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi tingkat
konsumsi seseorang
·
Harga barang
Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah
tingkat konsumsi seseorang, sedangkan apabila harga suatu barang maka semakin
tinggi tingkat konsumsinya.
·
Selera individu
Setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda barang
atau jasa yang diinginkan
·
Status sosial
Status sosial seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya
membentuk pola konsumsi orang tersebut.
·
Kebudayaan
Kebudayaan dapat mempengaruhi tingkat
konsumsi.misalnya, makanan pokoknya adalah sagu sehingga kebutuhan sagu
tersebut lebih besar. (Totok Subianto,2007)
D.
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas,sudah seharusnya calon pelaku usaha
maupun pelaku usaha mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan
konsumen. Jika mampu membaca dan mengerti apa kemauan konsumen maka
perusahaan yang dibangun dapat bersaing dan mendapatkan keuntungan sesuai
tujuan yang ingin dicapai.
DAFTAR PUSTAKA :
·
Boyhaqi.2015.Pengertian,Faktor,Macam
Perilaku Konsumen.http://rajinikutan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-faktor-faktor-dan-macam.html (Diakses 20 Maret 2017)
·
Subianto,Totok.2007.Studi Tentang
Perilaku Ekonomi.Jurnal Ekonomi FEB-UKM. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/viewFile/945/720 (Diakses 20 Maret 2017)
·
Septiani,Eka.2015.Jurnal Perilaku
Konsumen.http://ekaadiary.blogspot.co.id/2015/10/jurnal-perilaku-konsumen_26.html (Diakses 20 Maret 2017)
·
Anwar,Chaerul.2013.Macam-Macam
Pembeli (Konsumen). http://chanwr93.blogspot.co.id/2013/01/macam-macam-pembeli-konsumen.html (Diakses 20 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.