.

Selasa, 21 Maret 2017

Jenis dan Macam-macam Perilaku Konsumen

                       
@A38-Riki

Abstrak
Perkembangan dunia usaha saat ini dengan diberlakukannya perdagangan bebas memberikan dampak semakin ketatnya persaingan usaha, hal ini menuntut para pelaku usaha untuk lebih jeli dan tajam didalam melihat peluang yang ada dan melihat perilaku konsumen yang menjadi sasaran pasarnya. Sebagai pelaku usaha sudah seharusnya mengetahui bagaimana perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian yang akan menjadi kunci sukses di dalam kegiatan pemasaran. Untuk itu penulis berkeinginan untuk memberikan sedikit ulasan tentang perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian sebuah jasa atau produk.


Kata Kunci : Perilaku Konsumen,Konsumen,Pasar.

A. PENDAHULUAN

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha informasi dan komunikasi yang semakin pesat yang didukung oleh semakin canggihnya teknologi, maka semakin pesat pula persaingan di antara pengusaha komunikasi dan informasi untuk menarik konsumen dan menguasai pangsa pasar yang ada. Selanjutnya maka produsen harus dapat menghasilkan barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. pemahaman mengenai perilaku konsumen adalah pengetahuan yang sangat penting agar dapat memahami kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen secara lebih baik.

B. PERMASALAHAN

1.       Apa Yang Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen?
2.       Apa Perbedaan Perilaku Konsumen Rasional Dengan Perilaku Konsumen Irrasional?
3.      Apa Saja Jenis-Jenis Konsumen?
4.      Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Mengkonsumsi Barang atau Jasa?

C. PEMBAHASAN

A.    Pengertian Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.(Eka Septiani,2012)

B.     Perbedaan Perilaku Konsumen Rasional dan Irrasional

1. Perilaku Rasional
        Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat. Perilaku rasional antara lain :

·         Mengkonsumsi produk sesuai kualitasnya
·         Mengkonsumsi produk yang benar - benar yang dibutuhkan oleh konsumsi
·      Mengkonsumsi produk yang mampu meberikan kegunaan optimal, maksudnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama

 2. Perilaku Irrasional
        Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. Perilaku irrasional antara lain :

·         Membeli karena tertarik pada merk & iklan produk
·         Membeli karena adanya potongan produk
·         Membeli karena adanya bonus pembelian. (Boyhaqi,2015)

C.     Jenis-Jenis Konsumen

Berikut adalah Jenis-jenis konsumen beserta penjelasannya :

1.      Pembeli Apatis
Yaitu jenis orang yang tidak akan pernah membeli apapun, tidak peduli sebagus apapun produk kita, seberapa murah, cenderung sinis, negatif, aneh dan tidak tertarik. Mereka ini biasanya orang punya banyak masalah pribadi sehingga tidak tertarik dengan penawaran. Contoh : Pembeli ini hanya membeli barang apabila dibutuhkan saja (membeli kebutuhan sembako).

2.      Pembeli Aktualisasi Diri
Yaitu pembeli yang mengetahui dengan jelas apa yang ia inginkan, fitur dan manfaat yang ia cari serta jumlah uang yang bersedia ia keluarkan untuk membeli. Jika anda mempunyai apa yang mereka inginkan maka mereka dapat langsung membelinya, saat itu juga tanpa banyak pertanyaan. Tipe ini sangat positif dan menyenangkan. Contoh : Orang yang membeli pakaian, Orang yang membeli buku untuk menambah ilmu pengetahuannya.

3.      Pembeli Analitis
Yaitu tipe pembeli ini sangat detail dan penuh pertimbangan serta cenderung agak cerewet. Dalam menghadapi tipe pembeli seperti ini butuh kesabaran, karena mereka akan banyak bertanya untuk mengumpulkan data dan informasi yang lengkap sebagai sarana pengambilan keputusan. Mereka akan bersikap teliti dan membandingkan dengan produk atau jasa yang lain. Contoh : Orang yang akan membeli handphone, mobil maupun rumah.

4.     Pembeli Impulsif
Yaitu tipe pembeli yang melakukan pembelian tanpa direncanakan. proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen timbul begitu saja saat ia melihat suatu barang atau jasa. Karena ketertarikannya, selanjutnya ia melakukan pembelian pada barang atau jasa yang bersangkutan. Contoh : Anak kecil yang membeli cokelat atau ice cream. (Chaerul Anwar,2013)

D.    Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Mengkonsumsi Barang atau Jasa

·        Pendapatan
Pendapatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang

·        Harga barang
Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah tingkat konsumsi seseorang, sedangkan apabila harga suatu barang maka semakin tinggi tingkat konsumsinya.

·        Selera individu
Setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda barang atau jasa yang diinginkan

·        Status sosial
Status sosial seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya membentuk pola konsumsi orang tersebut.

·        Kebudayaan
Kebudayaan dapat mempengaruhi tingkat konsumsi.misalnya,  makanan pokoknya adalah sagu sehingga kebutuhan sagu tersebut lebih besar. (Totok Subianto,2007)

D. KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas,sudah seharusnya calon pelaku usaha maupun pelaku usaha mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Jika  mampu membaca dan mengerti apa kemauan konsumen maka perusahaan yang dibangun dapat bersaing dan mendapatkan keuntungan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

DAFTAR PUSTAKA :

·         Boyhaqi.2015.Pengertian,Faktor,Macam Perilaku Konsumen.http://rajinikutan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-faktor-faktor-dan-macam.html (Diakses 20 Maret 2017)
·         Subianto,Totok.2007.Studi Tentang Perilaku Ekonomi.Jurnal Ekonomi FEB-UKM. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/viewFile/945/720 (Diakses 20 Maret 2017)
·         Septiani,Eka.2015.Jurnal Perilaku Konsumen.http://ekaadiary.blogspot.co.id/2015/10/jurnal-perilaku-konsumen_26.html (Diakses 20 Maret 2017)
·         Anwar,Chaerul.2013.Macam-Macam Pembeli (Konsumen). http://chanwr93.blogspot.co.id/2013/01/macam-macam-pembeli-konsumen.html (Diakses 20 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.