.

Selasa, 28 Februari 2017

Apa Sih Ekonomi itu ?

@A10-Rona

Oleh : Rona Tasya Oktaviani
41616010023


Abstrak
Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.Inti dari masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas yang jumlahnya terbatas.
kata kunci : Ilmu Ekonomi, Masalah ekonomi

Definisi Ilmu Ekonomi
Menurut Aristoteles, Ilmu ekonomi merupakan sebagai sutau cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang.
Menurut M. Manullang, Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).
Menurut Ensiklopedi Indonesia, Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut
Menurut Adam Smith, Ilmu ekonomi secara sistemtis  mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu
Jadi dapat disimpulkan ilmu ekonomi adalah bidang yang mempelajari tentang perilaku seseorang dan masyarakat tentang bagaimana memilih untuk menggunakan sumber-sumber terbatas dengan atau tanpa uang menggunakan alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan manusia yang umumnya tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan lalu disalurkan untuk kebutuhan konsumsi di masa kini dan masa yang akan dating kepada berbagai individu atau sekelompok masyarakat.

Masalah Pokok Ekonomi
Pokok masalah ekonomi ada tiga, yaitu: produksi, konsumsi dan distribusi.
Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.

Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.

Ruang Lingkup Ekonomi
Ekonomi mikro
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang terfokus bagaimana cara mempelajari bagian-bagian terkecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, dimana bagian terkecil disini adalah perseorangan. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku antara produsen dan konsumen (pembeli) secara individu dalam pasar.
pengertian ilmu ekonomi mikro adalah tentang bagaimana menentukan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory)
Tujuan dan sasaran analisa ekonomi mikro lebih bertumpu pada bagaimana membuat pilihan untuk untuk mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan bagaimana cara mencapai kepuasan maksimum.

Ekonomi makro
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang secara spesifik mempelajari mekanisme kerja perekonomian sebagai suatu keseluruhan yang terkait dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara maksimal agar kemakmuran masyarakat dapat berada di tingkatan tertinggi.
Pengertian ilmu ekonomi makro adalah menelaah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan sehingga ekonomi makro sering disebut teori pendapatan (income theory).
Tujuan analisa ekonomi makro yakni membahas problematika sisi permintaan dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi dan seberapa pentingnya campur tangan dan kebijakan pemerintah dalam menciptakan prestasi ekonomi yang diinginkan.

Mengapa kita harus belajar ekonomi ?
Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya guna mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Sehingga kadang kita bertanya, seberapa penting manusia harus mempelajari ilmu ekonomi. Untuk menjawab semua itu, semakin banyak sekolah sekolah tinggi yang khusus mempelajari ilmu ekonomi. Namun, ada 4 alasan mendasar mengapa kita harus belajar ekonomi yaitu :

1. Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi

Semua manusia pasti akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan ekonominya, misalnya saja tukang sayur yang lewat didepan rumah, apabila di berjualan di dalam kompleks perumahan harga yang diberikan pasti lebih tinggi daripa dia berjualan ke kampung-kampung. Contoh tersebut dalam kasus ekonomi disebut diskriminatif harga, penjual memberikan harga yang berbeda kesetiap konsumen. Dalam hal ini penjual tidak akan mengalami kerugian.

2. Ilmu Ekonomi Bermanfaat Untuk Mengatur Daerah
Dalam suatu daerah baik daerah kecil ataupun suatu negara, ilmu ekonomi berperan sangat penting salah satunya adalah untuk meningkatkan taraf hidup sumber daya manusia. Misalnya saja, pemerintah memberikan harga tinggi ketika kebutuhan meningkat seperti musim mudik harga tiket kereta api/pesawat akan naik hingga 100%.

3. Ilmu Ekonomi Mengatur Kebutuhan Pokok Sosial
Ketika bahan pokok sedang naik, kita kadang kebingungan antara membeli atau tidak. Tapi akhirnya kita membeli karena barang tersebut merupakan bahan pokok, maka anda tidak salah.

4. Mengatur Skala Prioritas Kebutuhan Hidup
Apabila kita mempelajari ilmu ekonomi, maka kita akan mengerti skala prioritas kebutuhan. Mana barang yang benar-benar dibutuhkan dan barang yang hanya diinginkan, sehingga kita terhidar dari seifat boros dalam berbelanja.

Daftar Pustaka
Rahardja.P, Mandala.M. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. FE-UI. Jakarta
Medical Record. 2015 Pengertian dan Definisi Ilmu Ekonomi. Dalam Link : http://ilmuekonomi123.blogspot.co.id/2017/03/ekonomi-kebutuhan-dasar-masyarakat.html
Oktarina, Nina. 2008. Meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar pengantar ilmu ekonomi melalui metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No.1 Februari, Tahun 2008.
Gurumonica. 2016. Sebutkan 4 alasan manusia mempelajari ilmu ekonomi. Dalam Link : http://gurupintar.com/threads/sebutkan-4-alasan-manusia-mempelajari-ilmu-ekonomi.1740/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.