.

Senin, 07 Maret 2016

Pembagian dan Definisi Ilmu Ekonomi




Pengertian ilmu ekonomi adalah bidang yang mempelajari tentang perilaku seseorang dan masyarakat tentang bagaimana memilih untuk menggunakan sumber-sumber terbatas dengan atau tanpa uang menggunakan alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan manusia yang umumnya tidak terbatas.
Barang dan jasa yang dihasilkan lalu disalurkan untuk kebutuhan konsumsi di masa kini dan masa yang akan dating kepada berbagai individu atau sekelompok masyarakat.


Tujuan Ilmu Ekonomi   :
1.      Mencari pengertian tentang hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi baik yang berupa hubungan kausal maupun fungsional;
2.      Untuk dapat menguasai masalah-masalah ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat misalnya :
-          Masalah pengangguran di Indonesia masih belum bisa diatasi;
-          Kondisi infrastruktur ekonomi Indonesia seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang sudah tidak lagi memadai;
-          Terbatasnya lahan pekerjaan sehingga menaikkan tingkat pengangguran.

Manfaat mempelajari ilmu ekonomi  adalah :
a.      Membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik;
b.      Membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian;
c.       Memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.

Masalah dalam Ilmu Ekonomi
1.      Saling ketergantungan;
Merupakan sifat manusia yang merupakan makhluk sosial dimana manusia tidak bisa hidup sendiri melainkan dengan bantuan orang lain;
2.      Harga
Nilai kelangkaan suatu barang dan biasanya menggunakan suatu media  yang disebut uang;
3.      Konflik
Timbul persaingan akibat kelangkaan terkadang kekuasaan berperan;
4.      Kebebasan
Kelangkaan dan konflik, perlu aturan untuk menyelesaikan masalah.

Penggolongan Ilmu Ekonomi
1.      Ilmu Ekonomi Mikro yaitu mempelajari perilaku individu manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Aspek analisanya meliputi ;
a.      Analisa biaya/manfaat;
b.      Teori permintaan dan penawaran;
c.       Elastisitas;
d.      Model-model pasar;
e.      Indistri;
f.        Teori produksi, dll.
2.      Ilmu ekonomi Makro yaitu mempelajari perilaku masyarakat (negara/bangsa) dalam rangka memenuhi kebutuhannya (agregat). Aspek analisanya meliputi pendapatan nasional, neraca pembayaran, kesempatan kerja; inflasi dan investasi dll.

  • Ekonomi Keuangan dan Perbankandiarahkan untuk memahami pola operasional kegiatan bank dan lembaga keuangan lain dengan penekanan pada berbagai kasus yang terjadi di Indonesia.
  • Ekonomi Monetermembantu mahasiswa mengerti peranan uang pengaruhnya terhadap perekonomian, serta fungsi dan peranan bank central sehingga mampu menganalisis dan memecahkan fenomena-fenomena yang ada pada perekonomian makro, seperti masalah penganguran, inflasi dan pertumbuhan ekonomi.
  • Ekonomi Industrimempelajari perilaku perusahaan dalam suatu industri dan berbagai kebijakan pemerintah dalam mengatur pasar dalam suatu industri, misalnya dalam menentukan harga jual produk, melakukan iklan penelitian dan pengembangan, serta membuat jaringan pemasaran.
  • Perdagangan Internasionalmembantu mahasiswa agar mampu menganalisa dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di bidang perdagangan internasional, misalnya ekspor impor, investasi, kegiatan perusahaan multinasional, dll
  • Ekonomi Publikmelalui peminatan ini mahasiswa dapat mempelajari fungsi dan peranan pemerintah dalam perekonomian yang tercermin dalam kebijkasanaan anggaran belanja pemerintah.
Untuk mendukung proses perkuliahan tersedia laboratorium komputer dengan berbagai program aplikasi dan fasilitas internet, perpustakaan dengan buku serta jurnal terbitan dalam dan luar negeri termasuk jurnal elektronik Ebsco dan Proquest.
Lulusan Program Studi Ilmu Ekonomi dapat tampil sebagai perancang pembangunan di masa datang, baik di daerah maupun di pusat serta industri maupun perusahaan. Peluang kerja dapat diraih dalam semua posisi di perusahaan swasta, BUMN, atupun BUMD, selain dapat menekuni profesi dosen, peneliti, dll.


s  sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.