.

Senin, 07 Maret 2016

Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi ?



Manfaat belajar ekonomi dapat kita rasakan apabila kita memahami latar belakangnya dan alasan dalam mempelajari ilmu tersebut. Dengan tujuan dan manfaat ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi berhak dipelajari oleh siapa pun karena setiap manusia pasti akan selalu menghadapi namanya perubahan ekonomi.
A.   Memperbaiki cara berpikir yang membantu dalam pengambilan keputusan
Harta yang sangat berharga dalam diri manusia adalah pikiran.Dengan pikiran kita mampu menganalisi, menilai benar-salah, baik-buruk dan menentukan pilihan. Kemampuan ini memungkinkan manusia mempertahankan keberadaannya di bumi. Kemampuan itu pula yang memungkinkan manusia terus-menerus meningkatkan kualitas hidupnya. Metode-metode teknik berpikir dalam ilmu ekonomi akan meningkatkan kemampuan dan mengambil keputusan.

B.   Membantu Memahami Masyarakat
Sebagai mkhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Kita tidak pernah berhenti berkomunikasi. Menurut ilmu ekonomi interaksi manusia terjadi lewat pertukaran (pasar). Sejarah ekonomi mengajarkan bahwa melalui pertukaran itu manusia berupaya mengatasi kelangkaan, selanjutnya mengembangkan teknologi dan sistem kemasyarakatan. Kita dapat memahami terjadinya revolusi industri di inggris, revolusi politik di perancis dan peristiwa-peristiwa lainnya.

C.   Membantu Memahami Masalah-masalah Internasional (global)
Kelangkaan yang dihadapi terjadi pada setiap tingkat hidup, mulai dari individu, keluarga, masyarakat desa, kota, negara dan internasional. Di tingkat internasional, interaksi antara individu secara langsung demi kepentingan pribadi jarang terjadi. Individu-individu yang berinteraksi lebih mewakili kepentingan-kepentingan kelompok (negara/perusahaan). Yang meraka lakukan meskipun tampaknya baikbagi kelompok/negara lain, sebenernya lebih mempertimbangkankepentingan negara meraka. Mengapa pada saat negara-negara asia timur (inodonesia) mengalami krisis ekonomi tahun 1998, negara-negara maju eropa (eropa barat, amerika serikat dan jepang) mau memberi bantuan melalui dana moneter internasional (IMF) dan bank dunia (Word Bank).

D.   Bermanfaat Dalam Membangun Masyarakat Demokrasi
Terbentuknya masyarakat demokrasi bukan monopoli kaum politis saja. Ekonomi pun mempunyai cita-cita yang sama, seperti disampaikan oleh Kenneth Arrow. Ekonomi memandang demokratisasi sangat penting dalam rangka memperbaiki proses alokasi sumber daya, karena lebih mencerminkan aspirasi masyarakat kebanyakan. Tidak mengeharankan bila di masyarakat maju, para calon pemimpin yang akan dipilih harus mampu menjabarkan program-program ekonomi meraka. 

Sumber :
http://www.academia.edu/6850021/1_mengapa_belajar_ekonomi 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.