@C07-Niko, @Proyek 03
Berbicara tentang pasar pada artikel sebelumnya pasti ada kegiatan yang dilakukan ditempat tersebut seperti kegiatan jual beli barang atau tukar menukar barang.
Dalam kegiatan tersebut pasti ada suatu perilaku yang saling berinteraksi, mau tau perilaku apa mari kita bahas pada artikel kali ini.
Abstrak
Dengan meningkatnya
gaya hidup masyarakat pada zaman modern ini yang terjadi akibat adanya berbagai
pengaruh yang muncul dalam masyarakat yang mempengaruhi cara berpikir seseorang
, cara berpakaian , cara berucap , dan cara bersosialisasi terhadap sekitarnya
. Jelas sekali bahwa Gaya Hidup dalam masyasrakt di suatu wilayah atau negara
tertentu merubah sikap konsumen dan mengikuti trend yang berkembang pada saat
ini . semua itu sudah
terlihat jelas perbedaan pada tahun lalu dengan tahun ini dimana pada tahun
lalu kita jika butuh suatu barang kita harus ke pergi ke pasar dengan
keterbatasan barang yang ada di tempat tersebut dan membutuhkan waktu yang lama
untuk membutuhkan satu barang
perbedaannya dengan tahun ini semakin canggihnya teknologi kita
dimudahkan dengan menggunakan data jaringan internet barang yang kita cari
tidak perlu lagi untuk pergi kepasar dengan menggunakan aplikasi sudah banyak
barang yang kita cari bisa kita beli.
Kata kunci :
pengertian, karakteristik konsumen ,
faktor-faktor yang mempengaruhi dan cara mengenali perilaku konsumen
Pembahasan
1.
Pengertian
perilaku konsumen
Perilaku konsumen
merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan proses pembelian, pada saat
itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan pencarian,
penelitian, dan pengevaluasian produk.
Berikut adalah beberapa definisi perilaku
konsumen menurut para ahli :
A. Menurut Engel, Blackwell dan
Miniard
Perilaku konsumen
adalah tindakan-tindakan produk dan jasa, termasuk didalamnya adalah proses
keputusan yang mengawali serta mengikuti tindakan pembelian tersebut.
B. Menurut The American Marketing Association
Perilaku
konsumen adalah proses membagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran,
perilaku dan lingkungan dimana seseorang melakukan pertukaran aspek
kehidupannya.
C. Menurut Mowen
Perilaku
konsumen merupakan aktivitas ketika seseorang mendapatkan, mengkonsumsi atau
membuang barang atau jasa pada saat proses pembelian.
D. Menurut Schiffman dan Kanuk
Perilaku
konsumen adalah suatu proses yang dilalui oleh seorang pembeli dalam mencari,
membeli, menggunakan, mengevaluasi serta bertindak pada konsumsi produk dan
jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seseorang tersebut.
Setelah kita mengetahui pengertian
dari perilaku konsumen selanjutnya saya akan membahas tentang karakteristik
perilaku konsumen.
2.
Karakteristik
konsumen
Setiap konsumen dalam membeli produk mempunyai
perilaku yang berbeda antara satu dengan yang lain. Karakteristik pembeli/komsumen adalah
sifat-sifat yang membedakan konsumen yang satu dengan yang lain. Perbedaan
tersebut meliputi 6 O yaitu object (apa yang dibeli), objective (mengapa
membeli), occupant (siapa konsumennya), occasion (kapan membelinya), operation
(bagaimana membelinya), dan organization (siapa yang terlihat dalam pembelian). Dengan penjabaran sebagai berikut:
1.
Object (apa yang dibeli)
Apa yang
akan dibeli oleh konsumen, dengan menentukan merek apa yang digunakan. Konsumen ingin membeli mobil dengan
perbandingan merek, missal konsumen ingin membeli mobil merek Daihatsu dengan
perbandingan mobil merek Toyota
a. Objective (mengapa membeli)
Tujuan
konsumen membeli produk di pengaruhi oleh faktor sosial, psikologis, ekonomi
dll. missal konsumen membeli mobil Daihatsu terios karena model nya yang
elegan
2. Occupant (siapa konsumennya)
Produsen
mobil daihatsu terios melihat konsumennya di bedakan berdasarkan umur,
pendapapatan, mobilitas, selera dan sebagainya.
3. Occasion (kapan membelinya)
Strategi
pemasaran menyesuaikan tingkat pemakaian
tidak bisa
menentukan frekuensi pembelian mobil karena barang yang diminta sangat lambat.
4. Operation (bagaimana pembeliannya)
Pembelian
mobil dapat membayar secara tunai atau bisa pembayaran secara kredit. Bagi
konsumen pembelian bukanlah hanya satu tindakan saja melainkan terdiri dari
beberapa tindakan saja melainkan terdiri dari beberapa tindakan yang meliputi
keputusan tentang jenis produk,bentuk,merek,waktu serta cara pembayaran. Hal
ini banyak di pengaruhi oleh kebiasaan membeli dari para konsumen.
5. Organization (siapa yang terlibat
dalam pembelian)
Salah satu
tugas pokok bagian pemasaran adalah menentukan siapa yang mengambil keputusan
dalam membeli barang/jasa. Pedoman pembelian konsumen
- Siapa yang mengambil inisiatif
- Siapa yang mempengaruhi atau memberikan nasihat dalam pembelian (influencer)
- Siapa yang mengambil keputusan membeli meliputi apa,bagaimana, dan dimana membelinya (decider)
- Siapa yang melakukan pembelian (buyer)
- Siapa yang mempergunakan produk tersebut (user)
Contoh
: penjualan produk mobil Daihatsu terios pengambilan inisiatif oleh
produsen, yang mempengaruhinya dari media promosi iklan, yang mengambil
keputusan konsumen dengan keluarganya,yang membeli mobil konsumen tersebut dan
yang mengkonsumsinya konsumen itu sendiri.
Selanjutnya setelah kita mengetahui karakteristik konsumen, mari kita bahas
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
3.
Faktor – faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen
a.
Faktor budaya
Menurut
Sumarwan (2004) budaya adalah segala nilai, pemikiran, simbol yang mempengaruhi
perilaku, sikap, kepercayaan dan kebiasaan seseorang dan masyarakat. Adapun
unsur-unsur budaya antara lain budaya, subbudaya dan kelas sosial.
b.
Faktor sosial
Pengaruh
Keluarga yaitu keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku
pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri,
dan anak dalam pembelian produk yang berbeda. Anak-anak sebagai contoh,
memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan yang melibatkan restoran fast
food. Faktor sosial terdiri dari kelompok acuan, keluarga, peran dan status
(Setiadi,2003).
c.
Faktor pribadi
Keputusan
pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi, antara lain sebagai
berikut usia,
pekerjaan, kepribadian dan konsep diri, situasi ekonomi dan gaya hidup.
d.
Faktor psikologi
Pilihan
pembelian seseorang dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama yaitu motivasi,
persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap.
Selanjutnya setelah kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mari
kita cari tau bagaimana mengenali perilaku konsumen.
4.
Proses mengenali perilaku
konsumen
Dalam
disiplin ilmu ekonomi terdapat 3 pendekatan untuk mengenali perilaku konsumen,
pendekatan-pendekatan tersebut adalah sebagai berikut :
a.
Pendekatan
Interpretif.
Pendekatan
ini adalah pendekatan yang membahas secara mendalam hal-hal mendasar mengenai
perilaku konsumen. Dalam pendekatan ini menggunakan teknik observasi
langsung yaitu menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara mendalam dan
menyeluruh.
b.
Pendekatan
Tradisional yang didasari pada teori dan metode dari Ilmu Psikologi Kognitif,
Sosial dan Behavioral serta Ilmu Sosiologi.
Pendekatan
ini menggunakan studi lapangan berupa eksperimen yang didukung dengan survey
dengan tujuan untuk menguji hipotesa penelitian yang berkaitan dengan teori. tujuan utama dari
pendekatan ini adalah untuk mengembangkan teori dan metode yang relatif. Yang
mana akan digunakan untuk menjelaskan perilaku konsumen serta pembuatan
keputusan konsumen.
c.
Pendekatan
Sains Pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari Ilmu Ekonomi dan
Statistika.
Penelitian
dalam pendekatan ini menggunakan pengembangan teori dari Abraham Maslow yaitu
Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. Teori tersebut berisi tentang hierarki
kebutuhan manusia yang kemudian diuji coba dengan model Ilmu Matematika.
Pendekatan ini dilakukan untuk memprediksi moving rate analysis atau
pengaruh startegi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
Kesimpulan:
a.
Perilaku konsumen sangat
berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi suatu negara dan suatu hal yang
penting akan bagi pemasaran. Karena interaksi kedua pelaku ekonomi dipasar
yaitu penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen itu mempunyai arti penting
untuk saling memenuhi kebutuhan masing-masing individu. Kalau dilihat dari
secara umum pengertian perilaku konsumen adalah suatu proses yang berkaitan erat
dengan proses pembelian, pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas
seperti melakukan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk. Serta faktor-faktor budaya, sosial dan psikologi dan
pribadi sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap barang atau jasa
yang akan menjadi tujuan utama. Proses mengenali perilaku konsumen dapat dilakukan dengan
beberapa metode diantaranya: Pendekatan Interpretif, Pendekatan Tradisional yang
didasari pada teori dan metode dari Ilmu Psikologi Kognitif, Sosial dan
Behavioral serta Ilmu Sosiologi, Pendekatan Sains Pemasaran yang didasari pada
teori dan metode dari Ilmu Ekonomi dan Statistika.
Daftar pustaka:
1. Kotler dan Keller. 2007. Manajemen
Pemasaran. Jilid I, Edisi kedua belas. Jakarta: Indeks.
2.
Sumarwan, U.
2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Bogor: Ghalia
Indonesia
3.
Setiadi,
N.J. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian
Pemasaran. Jakarta: Kencana
4.
Irwan,
drs, m.b.a, Wijaya,dr. Faried, m.a., dan sudjoni,ir.m.n.,m.b.a., 1997 pemasaran:
prinsip dan kasus, edisi kedua, gbpfe, yogyakarta
5.
Basu
Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko, 2000, manajemen pemasaran : analisis
perilaku konsumen, edisi pertama, Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.