.

Kamis, 15 Maret 2018

Kenali proses perilaku konsumen


 @C07-Niko, @Proyek 03


Berbicara tentang pasar pada artikel sebelumnya pasti ada kegiatan yang dilakukan ditempat tersebut seperti kegiatan jual beli barang atau tukar menukar barang.
Dalam kegiatan tersebut pasti ada suatu perilaku yang saling berinteraksi, mau tau perilaku apa mari kita bahas pada artikel kali ini.
Abstrak
            Dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat pada zaman modern ini yang terjadi akibat adanya berbagai pengaruh yang muncul dalam masyarakat yang mempengaruhi cara berpikir seseorang , cara berpakaian , cara berucap , dan cara bersosialisasi terhadap sekitarnya . Jelas sekali bahwa Gaya Hidup dalam masyasrakt di suatu wilayah atau negara tertentu merubah sikap konsumen dan mengikuti trend yang berkembang pada saat ini . semua itu sudah terlihat jelas perbedaan pada tahun lalu dengan tahun ini dimana pada tahun lalu kita jika butuh suatu barang kita harus ke pergi ke pasar dengan keterbatasan barang yang ada di tempat tersebut dan membutuhkan waktu yang lama untuk membutuhkan satu barang  perbedaannya dengan tahun ini semakin canggihnya teknologi kita dimudahkan dengan menggunakan data jaringan internet barang yang kita cari tidak perlu lagi untuk pergi kepasar dengan menggunakan aplikasi sudah banyak barang yang kita cari bisa kita beli.
Kata kunci : pengertian,  karakteristik konsumen , faktor-faktor yang mempengaruhi dan cara mengenali perilaku konsumen

Pembahasan

1.      Pengertian perilaku konsumen
Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan proses pembelian, pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk.

Berikut adalah beberapa definisi perilaku konsumen menurut para ahli :

A. Menurut Engel, Blackwell dan Miniard

Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan produk dan jasa, termasuk didalamnya adalah proses keputusan yang mengawali serta mengikuti tindakan pembelian tersebut.

B. Menurut The American Marketing Association

Perilaku konsumen adalah proses membagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan lingkungan dimana seseorang melakukan pertukaran aspek kehidupannya.

C. Menurut Mowen

Perilaku konsumen merupakan aktivitas ketika seseorang mendapatkan, mengkonsumsi atau membuang barang atau jasa pada saat proses pembelian.

D. Menurut Schiffman dan Kanuk

Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilalui oleh seorang pembeli dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta bertindak pada konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seseorang tersebut.

Setelah kita mengetahui pengertian dari perilaku konsumen selanjutnya saya akan membahas tentang karakteristik perilaku konsumen.

2.      Karakteristik konsumen

Setiap konsumen dalam membeli produk mempunyai perilaku yang berbeda antara satu dengan yang lain. Karakteristik pembeli/komsumen adalah sifat-sifat yang membedakan konsumen yang satu dengan yang lain. Perbedaan tersebut meliputi 6 O yaitu object (apa yang dibeli), objective (mengapa membeli), occupant (siapa konsumennya), occasion (kapan membelinya), operation (bagaimana membelinya), dan organization (siapa yang terlihat dalam pembelian). Dengan penjabaran sebagai berikut:
1.      Object (apa yang dibeli)
Apa yang akan dibeli oleh konsumen, dengan menentukan merek apa yang digunakan. Konsumen ingin membeli mobil dengan perbandingan merek, missal konsumen ingin membeli mobil merek Daihatsu dengan perbandingan mobil merek Toyota

a.       Objective (mengapa membeli)
Tujuan konsumen membeli produk di pengaruhi oleh faktor sosial, psikologis, ekonomi dll. missal konsumen membeli mobil Daihatsu terios  karena model nya yang elegan

2.      Occupant (siapa konsumennya)
Produsen mobil daihatsu terios melihat konsumennya di bedakan berdasarkan umur, pendapapatan, mobilitas, selera dan sebagainya.

3.      Occasion (kapan membelinya)
Strategi pemasaran menyesuaikan tingkat pemakaian
tidak bisa menentukan frekuensi pembelian mobil karena barang yang diminta sangat lambat.

4.      Operation (bagaimana pembeliannya)
Pembelian mobil dapat membayar secara tunai atau bisa pembayaran secara kredit. Bagi konsumen pembelian bukanlah hanya satu tindakan saja melainkan terdiri dari beberapa tindakan saja melainkan terdiri dari beberapa tindakan yang meliputi keputusan tentang jenis produk,bentuk,merek,waktu serta cara pembayaran. Hal ini banyak di pengaruhi oleh kebiasaan membeli dari para konsumen.

5.      Organization (siapa yang terlibat dalam pembelian)
Salah satu tugas pokok bagian pemasaran adalah menentukan siapa yang mengambil keputusan dalam membeli barang/jasa. Pedoman pembelian konsumen
  • Siapa yang mengambil inisiatif
  • Siapa yang mempengaruhi atau memberikan nasihat dalam pembelian (influencer)
  • Siapa yang mengambil keputusan membeli meliputi apa,bagaimana, dan dimana membelinya (decider)
  • Siapa yang melakukan pembelian (buyer)
  • Siapa yang mempergunakan produk tersebut (user)
Contoh :  penjualan produk mobil Daihatsu terios pengambilan inisiatif oleh produsen, yang mempengaruhinya dari media promosi iklan, yang mengambil keputusan konsumen dengan keluarganya,yang membeli mobil konsumen tersebut dan yang mengkonsumsinya konsumen itu sendiri.
Selanjutnya setelah kita mengetahui karakteristik konsumen, mari kita bahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

3.      Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

a.       Faktor budaya
Menurut Sumarwan (2004) budaya adalah segala nilai, pemikiran, simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan dan kebiasaan seseorang dan masyarakat. Adapun unsur-unsur budaya antara lain budaya, subbudaya dan kelas sosial.

b.      Faktor sosial
Pengaruh Keluarga yaitu keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk yang berbeda. Anak-anak sebagai contoh, memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan yang melibatkan restoran fast food. Faktor sosial terdiri dari kelompok acuan, keluarga, peran dan status (Setiadi,2003).

c.       Faktor pribadi
Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi, antara lain sebagai berikut usia, pekerjaan, kepribadian dan konsep diri, situasi ekonomi dan gaya hidup.

d.      Faktor psikologi
Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap
Selanjutnya setelah kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mari kita cari tau bagaimana mengenali perilaku konsumen.

4.      Proses mengenali perilaku konsumen

Dalam disiplin ilmu ekonomi terdapat 3 pendekatan untuk mengenali perilaku konsumen, pendekatan-pendekatan tersebut adalah sebagai berikut :

a.       Pendekatan Interpretif.
Pendekatan ini adalah pendekatan yang membahas secara mendalam hal-hal mendasar mengenai perilaku konsumen. Dalam pendekatan ini menggunakan teknik observasi langsung yaitu menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara mendalam dan menyeluruh.

b.      Pendekatan Tradisional yang didasari pada teori dan metode dari Ilmu Psikologi Kognitif, Sosial dan Behavioral serta Ilmu Sosiologi.
Pendekatan ini menggunakan studi lapangan berupa eksperimen yang didukung dengan survey dengan tujuan untuk menguji hipotesa penelitian yang berkaitan dengan teori.  tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk mengembangkan teori dan metode yang relatif. Yang mana akan digunakan untuk menjelaskan perilaku konsumen serta pembuatan keputusan konsumen.

c.       Pendekatan Sains Pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari Ilmu Ekonomi dan Statistika.
Penelitian dalam pendekatan ini menggunakan pengembangan teori dari Abraham Maslow yaitu Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. Teori tersebut berisi tentang hierarki kebutuhan manusia yang kemudian diuji coba dengan model Ilmu Matematika. Pendekatan ini dilakukan untuk memprediksi moving rate analysis atau pengaruh startegi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.

Kesimpulan:
a.       Perilaku konsumen sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi suatu negara dan suatu hal yang penting akan bagi pemasaran. Karena interaksi kedua pelaku ekonomi dipasar yaitu penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen itu mempunyai arti penting untuk saling memenuhi kebutuhan masing-masing individu. Kalau dilihat dari secara umum pengertian perilaku konsumen adalah suatu proses yang berkaitan erat dengan proses pembelian, pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk. Serta faktor-faktor budaya, sosial dan psikologi dan pribadi sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap barang atau jasa yang akan menjadi tujuan utama. Proses mengenali  perilaku konsumen dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya: Pendekatan Interpretif, Pendekatan Tradisional yang didasari pada teori dan metode dari Ilmu Psikologi Kognitif, Sosial dan Behavioral serta Ilmu Sosiologi, Pendekatan Sains Pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari Ilmu Ekonomi dan Statistika.

Daftar pustaka:

1.      Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi kedua belas. Jakarta: Indeks.
2.      Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Bogor: Ghalia Indonesia
3.      Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana
4.      Irwan, drs, m.b.a, Wijaya,dr. Faried, m.a., dan sudjoni,ir.m.n.,m.b.a., 1997 pemasaran: prinsip dan kasus, edisi kedua, gbpfe, yogyakarta
5.      Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko, 2000, manajemen pemasaran : analisis perilaku konsumen, edisi pertama, Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.