PEMBENTUKAN PERILAKU KONSUMEN
Oleh : Alvian Fuadi
Kode Peserta : @C05-Alvian
ABSTRAK
Kegiatan ekonomi menyertakan berbagai pihak yaitu, produsen
dan konsumen. Kedua belah pihak itu tidak dapat dipisahkan dalam hal melakukan
kegiatan ekonomi. Konsumen ialah orang yang membeli sebuah produk yang dihasilkan
oleh produsen. Di artikel ini akan dibahas bagaimana proses pembentukan
perilaku konsumen sebelum atau sesudah terjadinya transaksi.
PENDAHULUAN
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang
mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Ketika memutuskan akan
membeli suatu barang atau produk, tentu kita sebagai konsumen selalu memikirkan
terlebih dahulu barang yang akan kita beli. Mulai dari harga, kualitas, fungsi
atau kegunaan barang tersebut, dan lain sebagainya. Kegiatan memikirkan,
mempertimbangkan, dan mempertanyakan barang sebelum membeli merupakan atau
termasuk ke dalam perilaku konsumen. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,
perilaku konsumen sangat erat kaitannya dengan pembelian dan penjualan barang
dan jasa. Tentu sebagai konsumen, kita tidak ingin salah membeli suatu produk
atau jasa, maka dari itu perilaku konsumen diperlukan.
PERMASALAHAN
1. Apa itu
perilaku konsumen ?
2. Pembentukan
perilaku konsumen ?
PEMBAHASAN
1. Perilaku
konsumen
Sebelum masuk ke pembahasan pembentukan perilaku konsumen,
lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu pengertian atau definisi tentang
perilaku konsumen. Nah, apa itu perilaku konsumen.
Menurut Basu Swastha (2000:10), perilaku
konsumen merupakan kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat
dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk di
dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan
kegiatan-kegiatan tersebut. Sedangkan menurut Schiffman dan Kanuk
(2008:6), perilaku konsumen menggambarkan cara individu mengambil keputusan
untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna
membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi.
Dari dua pengertian yang dikemukakan oleh para ahli tersebut
bahwa perilaku konsumen itu merupakan individu atau orang yang ingin membeli
sebuah barang atau menggunakan jasa dengan mempertimbangkan terlebih dahulu
aspek-aspek tertentu sebelum membelinya.
2. Pembentukan
perilaku konsumen
Pembentukan sikap terbagi menjadi tiga bidang, yaitu :
1. Bagaimana sikap
dipelajari, berbagai teori pembelajaran memberikan pandangan yang unik mengenai
bagaimana sikap terbentuk.
2. Sumber-sumber yang
mempengaruhi pembentukan sikap, pembentukan sikap dipermudah oleh
pengalaman pribadi langsung dan dipengaruhi oleh berbagai gagasan dan
pengalaman teman-teman maupun pengaruh anggota keluarga dan keterbukaan
terhadap media massa.
3. Faktor-faktor
kepribadian, kepribadian individu memainkan peranan penting dalam pembentukan sifat.
Nah jika kita ingin membentuk sikap,
kita harus mengikuti atau mempelajari teori-teori tersebut, agar kita bisa
membentuk sikap sesuai kemauan.
Dalam perilaku
konsumen, seorang pembeli akan melakukan penilaian yang kemudian pada akhirnya
akan mempengaruhi proses pengambilan keputusannya atas pembelian barang atau
jasa tersebut. Berikut beberapa tahapan pengambilan keputusan seorang konsumen
:
1. Pengenalan Masalah.
Biasanya seorang konsumen melakukan pembelian atas dasar kebutuhan atau
untuk menyelesaikan keperluan, masalah dan kepentingan yang dihadapi. Jika
tidak ada pengenalan masalah terlebih dahulu, maka konsumen juga tidak akan
tahu produk mana yang harus dibeli.
2. Pencarian Informasi.
Setelah mengetahui permasalahan yang dialami, maka pada saat itu seorang
konsumen akan aktif mencari tahu tentang bagaimana cara penyelesaian masalahnya
tersebut. Dalam mencari sumber atau informasi, seseorang dapat melakukannya
dari diri sendiri maupun dari orang lain.
3. Mengevaluasi Alternatif.
Setelah konsumen mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dalam
pengambilan keputusan, maka hal selanjutnya yang dilakukan oleh konsumen adalah
mengevaluasi segala alternatif keputusan maupun informasi yang diperoleh.
Hal itulah yang menjadi landasan dalam mengatasi permasalahan yang
dihadapi.
4. Keputusan Pembelian.
Proses selanjutnya setelah melakukan evaluasi pada alternatif-alternatif
keputusan yang ada adalah konsumen tersebut akan melalui proses yang disebut
dengan keputusan pembelian. Waktu yang diperlukan dalam proses pengambilan
keputusan ini tidak sama, yaitu tergantung dari hal-hal yang perlu
dipertimbangkan dalam proses pembelian atau pengambilan keputusan tersebut.
5. Evaluasi Pasca-Pembelian.
Proses lanjutan yang biasanya dilakukan seorang konsumen setelah melakukan
proses dan keputusan pembelian adalah mengevaluasi pembeliannya tersebut.
Evaluasi yang dilakukan mencakup pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti apakah
barang tersebut sudah sesuai dengan harapan, sudah tepat guna, tidak
mengecewakan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan sikap kepuasan dan
ketidakpuasan barang oleh konsumen, mengecewakan dan tidak mengecewakan. Hal
tersebut akan berdampak pada pengulangan pembelian barang atau tidak. Jika
barang memuaskan dan tidak mengecewakan, maka konsumen akan mengingat merk produk
tersebut sehingga akan terjadi pengulangan pembelian di masa mendatang.
Namun jika barang tidak memuasakan dan mengecewakan, maka konsumen juga
akan mengingat merk barang tersebut dengan tujuan agar tidak mengulang kembali
membeli barang tersebut di masa yang akan datang.
KESIMPULAN
Dari artikel ini kita bisa menyimpulkan bahwa perilaku konsumen itu adalah
seseorang atau individu yang ingin membeli sebuah barang atau ingin menggunakan
sebuah jasa sesuai keinginannya. Lalu sebelum menentukan barang mana atau jasa
apa yang dipakai oleh konsumen, ia harus mengetahui apa saja yang menjadi
kebutuhannya, setelah itu ia harus memilah-milah atau memilih barang atau jasa
mana yang aspeknya bagus dan sesuai keinginan dari konsumen tersebut. Pembentukan
perilaku konsumen juga harus dilakukan, agar konsumen bisa mengerti bagaimana
sikap yang harus dimiliki jika kita menjadi seorang konsumen. Sekian dari saya,
terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
·
Ali Hamdan.2018.Perilaku konsumen. Dalam https://alihamdan.id/perilaku-konsumen/
·
Gamers Kupang.2013.Pembentukan dan pengubahan sikap
konsumen. Dalam https://ekaoka13.blogspot.co.id/2013/06/bab-vii-pembentukan-dan-pengubahan.html
·
Pelangi Mika.2016.Proses pembentukan perilaku konsumen.
Dalam http://ekonomi-management-bisnis.blogspot.co.id/2016/05/proses-pembentukan-perilaku-konsumen.html
·
Ujang Smarwan.2011.Perilaku konsumen : teori dan
penerapannya dalam pemasaran. Dalam http://achamad.staff.ipb.ac.id/wp-content/plugins/as-pdf/Ujang%20Sumarwan-Perilaku%20Konsumen:%20Teori%20dan%20Penerapannya%20dalam%20Pemasaran.pdf
·
Theoarta Natalia.2016. Definisi Perilaku Konsumen
dan Proses Mengenai Perilaku Konsumen. Dalam http://theoartanatalia.blogspot.co.id/2016/11/definisi-perilaku-konsumen-dan-proses_18.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.