.

Sabtu, 17 Maret 2018

Pembentukan Perilaku Konsumen

PEMBENTUKAN PERILAKU KONSUMEN





Oleh : Alvian Fuadi
Kode Peserta : @C05-Alvian

ABSTRAK
Kegiatan ekonomi menyertakan berbagai pihak yaitu, produsen dan konsumen. Kedua belah pihak itu tidak dapat dipisahkan dalam hal melakukan kegiatan ekonomi. Konsumen ialah orang yang membeli sebuah produk yang dihasilkan oleh produsen. Di artikel ini akan dibahas bagaimana proses pembentukan perilaku konsumen sebelum atau sesudah terjadinya transaksi.

PENDAHULUAN
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Ketika memutuskan akan membeli suatu barang atau produk, tentu kita sebagai konsumen selalu memikirkan terlebih dahulu barang yang akan kita beli. Mulai dari harga, kualitas, fungsi atau kegunaan barang tersebut, dan lain sebagainya. Kegiatan memikirkan, mempertimbangkan, dan mempertanyakan barang sebelum membeli merupakan atau termasuk ke dalam perilaku konsumen. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perilaku konsumen sangat erat kaitannya dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa. Tentu sebagai konsumen, kita tidak ingin salah membeli suatu produk atau jasa, maka dari itu perilaku konsumen diperlukan.

PERMASALAHAN
1.      Apa itu perilaku konsumen ?
2.      Pembentukan perilaku konsumen ?

PEMBAHASAN
1.      Perilaku konsumen
Sebelum masuk ke pembahasan pembentukan perilaku konsumen, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu pengertian atau definisi tentang perilaku konsumen. Nah, apa itu perilaku konsumen.
Menurut Basu Swastha (2000:10), perilaku konsumen merupakan kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut. Sedangkan menurut Schiffman dan Kanuk (2008:6), perilaku konsumen menggambarkan cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi.
Dari dua pengertian yang dikemukakan oleh para ahli tersebut bahwa perilaku konsumen itu merupakan individu atau orang yang ingin membeli sebuah barang atau menggunakan jasa dengan mempertimbangkan terlebih dahulu aspek-aspek tertentu sebelum membelinya.
2.      Pembentukan perilaku konsumen
Pembentukan sikap terbagi menjadi tiga bidang, yaitu :
1. Bagaimana sikap dipelajari, berbagai teori pembelajaran memberikan pandangan yang unik mengenai bagaimana sikap terbentuk.
2. Sumber-sumber yang mempengaruhi pembentukan sikap, pembentukan sikap dipermudah oleh pengalaman pribadi langsung dan dipengaruhi oleh berbagai gagasan dan pengalaman teman-teman maupun pengaruh anggota keluarga dan keterbukaan terhadap media massa.
3.  Faktor-faktor kepribadian, kepribadian individu memainkan peranan penting dalam pembentukan sifat.
Nah jika kita ingin membentuk sikap, kita harus mengikuti atau mempelajari teori-teori tersebut, agar kita bisa membentuk sikap sesuai kemauan.
Dalam perilaku konsumen, seorang pembeli akan melakukan penilaian yang kemudian pada akhirnya akan mempengaruhi proses pengambilan keputusannya atas pembelian barang atau jasa tersebut. Berikut beberapa tahapan pengambilan keputusan seorang konsumen :
1. Pengenalan Masalah.
Biasanya seorang konsumen melakukan pembelian atas dasar kebutuhan atau untuk menyelesaikan keperluan, masalah dan kepentingan yang dihadapi. Jika tidak ada pengenalan masalah terlebih dahulu, maka konsumen juga tidak akan tahu produk mana yang harus dibeli.
2. Pencarian Informasi.
Setelah mengetahui permasalahan yang dialami, maka pada saat itu seorang konsumen akan aktif mencari tahu tentang bagaimana cara penyelesaian masalahnya tersebut. Dalam mencari sumber atau informasi, seseorang dapat melakukannya dari diri sendiri maupun dari orang lain.
3. Mengevaluasi Alternatif.
Setelah konsumen mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, maka hal selanjutnya yang dilakukan oleh konsumen adalah mengevaluasi segala alternatif keputusan maupun informasi yang diperoleh.  Hal itulah yang menjadi landasan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi.
4. Keputusan Pembelian.
Proses selanjutnya setelah melakukan evaluasi pada alternatif-alternatif keputusan yang ada adalah konsumen tersebut akan melalui proses yang disebut dengan keputusan pembelian. Waktu yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan ini tidak sama, yaitu tergantung dari hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembelian atau pengambilan keputusan tersebut.
5. Evaluasi Pasca-Pembelian.
Proses lanjutan yang biasanya dilakukan seorang konsumen setelah melakukan proses dan keputusan pembelian adalah mengevaluasi pembeliannya tersebut. Evaluasi yang dilakukan mencakup pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti apakah barang tersebut sudah sesuai dengan harapan, sudah tepat guna, tidak mengecewakan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan sikap kepuasan dan ketidakpuasan barang oleh konsumen, mengecewakan dan tidak mengecewakan. Hal tersebut akan berdampak pada pengulangan pembelian barang atau tidak. Jika barang memuaskan dan tidak mengecewakan, maka konsumen akan mengingat merk produk tersebut sehingga akan terjadi pengulangan pembelian di masa mendatang.  Namun jika barang tidak memuasakan dan mengecewakan, maka konsumen juga akan mengingat merk barang tersebut dengan tujuan agar tidak mengulang kembali membeli barang tersebut di masa yang akan datang.

KESIMPULAN
Dari artikel ini kita bisa menyimpulkan bahwa perilaku konsumen itu adalah seseorang atau individu yang ingin membeli sebuah barang atau ingin menggunakan sebuah jasa sesuai keinginannya. Lalu sebelum menentukan barang mana atau jasa apa yang dipakai oleh konsumen, ia harus mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhannya, setelah itu ia harus memilah-milah atau memilih barang atau jasa mana yang aspeknya bagus dan sesuai keinginan dari konsumen tersebut. Pembentukan perilaku konsumen juga harus dilakukan, agar konsumen bisa mengerti bagaimana sikap yang harus dimiliki jika kita menjadi seorang konsumen. Sekian dari saya, terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA
·         Ali Hamdan.2018.Perilaku konsumen. Dalam https://alihamdan.id/perilaku-konsumen/
·         Gamers Kupang.2013.Pembentukan dan pengubahan sikap konsumen. Dalam https://ekaoka13.blogspot.co.id/2013/06/bab-vii-pembentukan-dan-pengubahan.html
·         Pelangi Mika.2016.Proses pembentukan perilaku konsumen. Dalam http://ekonomi-management-bisnis.blogspot.co.id/2016/05/proses-pembentukan-perilaku-konsumen.html
·         Ujang Smarwan.2011.Perilaku konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran. Dalam http://achamad.staff.ipb.ac.id/wp-content/plugins/as-pdf/Ujang%20Sumarwan-Perilaku%20Konsumen:%20Teori%20dan%20Penerapannya%20dalam%20Pemasaran.pdf
·         Theoarta Natalia.2016. Definisi Perilaku Konsumen dan Proses Mengenai Perilaku Konsumen. Dalam http://theoartanatalia.blogspot.co.id/2016/11/definisi-perilaku-konsumen-dan-proses_18.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.