.

Minggu, 02 April 2017

Ruang Lingkup Dimensi Jangka Panjang dan Jangka Pendek (Teori Produksi)



@B38-Anna
Oleh : Anna Lusiana


Berdasarkan hubungannya dengan tingkat produksi, faktor produksi dibedakan menjadi faktor produksi tetap (fixed input) dan faktor produksi variable (variable input).

 
1.   Faktor Produksi Tetap merupakan faktor produksi yang jumlah penggunaannya tidak bergantung pada jumlah produksi. Contohnya mesin pabrik. Pada jumlah peningkatan atau menurunnya jumlah produksi, mesin pabrik tidak perlu ditambahkan ataupun dikurangi.

2.    Faktor Produksi Variabel merupakan penggunaan faktor produksi yang bergantung pada tingkat produksinya. Contohnya buruh harian pabrik. Jika produksi suatu produksi meningkat atau berkurang, maka akan mempengaruhi atau perlu di tambah ataupun di kurangi jumlah buruh harian pabriknya.

Selain  itu, pengertian faktor produksi tetap maupun varibel berkaitan erat dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi atau menambah faktor produksi tersebut. Mesin dikatakan sebagai faktor produksi tetap karena dalam jangka pendek (kurang dari 1 tahun) susah untuk ditambah atau dikurangi. Sebaliknya buruh dikatakan faktor produksi variable karena kebutuhannya dapat disediakan dalam waktu kurang dari 1 tahun.

1.       Periode Jangka Pendek merupakan periode produksi dimana perusahaan tidak mampu dengan segera melakukan penyesuaian jumlah penggunaan salah satu atau beberapa faktor produksi.

2.       Periode Jangka Panjang merupakan periode produksi dimana semua faktor produksi menjadi faktor produksi variable.

Setiap perusahaan memiliki tenggang jangka pendek yang berbeda-beda. Perusahaan yang memproduksi barang-barang modal memiliki tenggang waktu yang relatif lebih lama dibandingkan prusahaan yang bergerak dibidang mengolah makanan.



Daftar Pustaka :

Raharja, Prathama dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.