Indonesia memiliki beragam pasar dan pasar-pasar tersebut
mempunyai keadaan untuk mencapai kondisi yang ideal. Para pelaku produsen ingin
menjalankan kegiatan produksi secara sukses dan produk yang dihasilkan dapat
dinikmati oleh konsumen.
Segala upaya dilakukan agar hal tersebut dapat terwujud
seperti penyediaan berbagai produk yang memang diminati serta dibutuhkan oleh
konsumen pada saat ini, dengan kata lain produk tersebut memiliki potensi besar
Karena didukung oleh para konsumen yang besar, terlebih mampu menarik daya
pembeli konsumen terhadap produknya, dan produk tersebut juga tentunya dapat
memberikan benefit yang relatif sama bagi semua konsumen.
Pendahuluan
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran
dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar
mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan
konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual.
Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan
perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak
kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan
jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa ( pertukangan, kerajinan ).
Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah
banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya,
sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga
pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima tingkat
harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat
di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil
dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang
sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan
bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya.
Rumusan
Masalah
1. Apa itu
Pasar Persaingan Sempurna?
2. Karakteristik
Pasar Persaingan Sempurna
3. Struktur
Pasar Persaingan Sempurna
4. Permintaan
dan Penawaran Persaingan Sempurna
5. Kelebihan dan
Kelemahan Pasar Persainan Sempurna
Pembahasan
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah
sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan
produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar
dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan
pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai
penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat
homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak
dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau
produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh
terhadap penjualan produk.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
· Terdapat banyak produsen/penjual yang menjual
barang yang sama. Banyaknya produsen mengakibatkan produsen hanya memasok
sebagian kecil saja dari total komoditas yang ditawarkan ke pasar karena produk
yang dihasilkan sama saja kualitasnya dengan yang dibuat oleh produsen yang
lain.
· Informasi yang
sempurna tentang harga bagi konsumen dan produsen. Para pelaku ekonomi memiliki
pengetahuan yang sempurna tentang
kondisi pasar/harga baik sekarang maupun yang akan datang.
· Perusahaan menerima harga yang ditentukan
pasar (price taker). Sebuah perusahaan yang menganut price taker tidak dapat
mempengaruhi harga dari komoditas di sebuah pasar.
· Produsen bebas keluar masuk pasar. Tidak ada
hambatan bagi produsen untuk keluar masuk pasar, perusahaan keluar atau masuk
pasar tidak akan mempengaruhi perusahaan lainnya karena pada pasar persaingan
sempurna produsen tidak saling berhadapan langsung.
Struktur Pasar Persaingan Sempurna
Struktur pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar
yang dikenal paling ideal dibandingkan dengan struktur yang lain karena dalam
kegiatan pasar tersebut terdapat sebuah jaminan untuk menjalankan kegiatan
produksi barang dan jasa dengan lebih efisien bagi setiap elemen pasar. Pada
kenyataannya tidak terdapat praktik yang benar-benar menerapkan pasar
persaingan sempurna secara murni dalam konsepnya, karena jika dilihat lebih
jauh kondisi pasar ini memiliki kekurangan yang dirasa hanya akan mengurangi
kebebasan dalam kegiatan pasar.
Permintaan dan Penawaran dalam Pasar Persaingan Sempurna
Produsen dalam pasar persaingan sempurna bersifat price
taker maka kurva permintaan produsen bersifat horizontal.
Jumlah output yang dihasilkan produsen relatif lebih kecil
dibandingkan output yang dihasilkan pasar, berapapun produk yang dijual
perusahaan harga relatif tidak akan
berubah. Kurva tersebut bersifat elastis sempurna.
Tingkat harga pasar pada pasar persaingan sempurna
ditentukan oleh permintaan dan penawaran.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan
· Pemanfaatan
sumber daya dilakukan dengan lebih efisien.
· Terhindar
dari praktik pemusatan kekuasaan pada kelompok kecil masyarakat.
· Terhindar
dari persaingan yang tidak sehat.
· Terhindar
dari permainan harga pasar, karena baik penjual dan pembeli tidak mampu
menentukan harga.
· Harga barang
di pasar akan cenderung stabil tanpa melihat besar kecilnya jumlah barang.
· Informasi
pasar yang jelas akan menghindarkan dari berbagai praktik yang bisa menimbulkan
potensi kecurangan.
· Tidak
memerlukan biaya iklan, karena barang yang dihasilkan antar perusahaan bersifat
homogen dan sulit dibedakan antara produk yang satu dengan yang lain.
Kekurangan
· Terbatasnya
dana untuk kegiatan Research and Development, karena keuntungan perusahaan
sangat terbatas dan menyebabkan lambatnya inovasi-inovasi produk.
· Keterbatasan
dalam memilih produk, mengingat semua produk yang dihasilkan pasar sama atau
hanya satu jenis, hal ini memungkinkan selera dan kebutuhan masyarakat
berbeda-beda dengan tingkat pendapatan yang berbeda-beda dalam memilih produk.
· Keterbatasan
laba tidak hanya berdampak pada rendahnya kualitas produk yang dihasilkan
karena kurang inovasi, selain itu juga kondisi keterbatasan keuntungan ini
memaksa perusahaan untuk memberikan upah yang kecil kepada buruh.
· Efisiensi
yang diterapkan terlalu tinggi sehingga berakibat pada buruknya kondisi sosial.
· Banyak
masyarakat yang tidak puas dengan adanya produk yang ada di pasar.
· tidak adanya
pemerataan pendapatan berakibat pada pemanfaatan sumber daya oleh golongan
tertentu yang memiliki modal besar.
Kesimpulan
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu
struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan
setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah perusahaan adalah pengambil
harga, setiap perusahaan mudah keluar atau masuk, menghasilkan barang yang
serupa, terdapat banyak perusahaan di pasar, dan pembeli mempunyai pengetahuan
yang sempurna. Pasar persaingan sempurna memiliki kebaikan dan keburukan
diantaranya, yaitu persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi dan kebebasan
bertindak dan memilih, sedangkan keburukannya adalah persaingan sempurna tidak
mendorong inovasi, persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial,
membatasi pilihan konsumen, biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih
tinggi, dan distribusi pendapatan tidak selalu rata.
Daftar Pustaka
Anonim.Anonim.Pasar Persaingan Sempurna.Jakarta.Jurnal Bebas
http://19.uhamzah.web.id/id3/2823-2721/Persaingan-Sempurna_24965_19-uhamzah.html
Fachri,Saiful.2016.Pasar Persaingan Sempurna.Jakarta.Jurnal
Ekonomi Syariah
http://jurnalekonomisyariah.com/2016/12/21/pasar-persaingan-sempurna-perfect-competition-market/
(Diakses : 21 Desember 2016)
Anonim.2016.Struktur Pasar Persaingan Sempurna Ciri
Ciri,Kelebihan dan Kekurangan.Dosenekonomi.com
http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-makro/struktur-pasar-persaingan-sempurna (Diakses : 5 November 2016)
Anonim.2016.Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna serta
Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna.Ensikloblogia.com
http://www.ensikloblogia.com/2016/04/ciri-ciri-pasar-persaingan-sempurna.html (Diakses : 27 April 2016)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.