.

Selasa, 11 April 2017

Apa itu Pasar Oligopoli??

Pasar Oligopoli

 
Oleh Aini Putri

@A11-Aini


 

Pendahuluan
Oligopoli (dari ὀλίγος (olígos), berarti "banyak", dan πωλεῖν (polein), berarti "menjual") adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Oligopoli memiliki struktur pasarnya sendiri.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas. (Menurut Wikipedia)

Rumusan Masalah
1.      Apa saja faktor pemicu lahirnya Pasar Oligopoli?
2.      Apa saja ciri-ciri dari pasar Oligopoli?
3.      Apa kelebihan dan kekurangan dari pasar Oligopoli?
4.      Bagaimana peranan pasar oligopoli dalam perekonomian?

Pembahasan
Faktor Pemicu Lahirnya Pasar Oligopoli
Terbentuknya pasar oligopoly disebabkan karena beberapa hal, berikut beberapa faktor pemicu lahirnya pasar oligopoli, antara lain.
1.      Adanya penerapan efisiensi skala besar
Penerapan efisiensi skala besar erat kaitannya dengan adanya efisiensi teknis atau teknologi dan efisiensi ekonomi atau biaya produksi. Adanya hal ini akan berpengaruh pada profit atau keuntungan yang diperoleh perusahaan sesuai dengan tingkat efisiensi yang diterapkan. Efisiensi teknis (teknologi) berhubungan dengan dua hal didalamnya, yaitu yang pertama berkaitan dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam kegiatan proses produksi. Kemudian yang kedua adalah berkaitan dengan kemampuan produsen dalam hal mengolah sumber daya agar tetap optimal.
Efisiensi ekonomi berkaitan dengan penggunaan biaya produksi, yang kemudian memiliki peran dalam menentukan dan menyusun biaya produksi dalam upaya menciptakan sebuah produk. Produk yang dihasilkan nantinya akan memiliki harga yang sesuai dengan kondisi pasar, sehingga ketika produk siap untuk dikeluarkan ke pasar, maka bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat dan tetap memberikan keuntungan pada produsen
2.      Adanya kompetensi manajemen yang lebih kompleks
Adanya persaingan yang bebas dalam kegiatan pasar, maka akan menuntut perusahaan untuk melakukan langkah-langkah agar bisa bersaing dengan perusahaan lain. Dibutuhkan langkah khusus dalam menentukan kebijakan arah manajemen dalam melakukan kegiatan perusahaan dan untuk menemukan inovasi-inovasi baru agar produksi barang terus berkembang dan berkualitas, sehingga diminati oleh banyak masyarakat.
Dengan menemukan dan mengembangkan produk yang tepat bagi masyarakat, maka potensi perusahaan untuk terus bertahan dalam kegiatan industri tersebut akan sangat besar. Hal ini tentu sangat penting apalagi kondisi pasar memberikan kebebasan bersaing dengan tingkat yang lebih kompleks. Akibat dari tidak sanggup bersaing dan tidak mampu dalam menentukan strategi yang tepat dalam kegiatan produksi akan berdampak pada sedikitnya jumlah perusahaan yang masuk ke pasar. Inilah alasannya kenapa jumlah perusahaan dalam pasar oligopoli sangat sedikit. (Menurut Dosen Ekonomi)
CIRI-CIRI PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoly hanya terdiri atas sekelompok kecil perusahaan.
Dalam pasar oligopoly terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai penjualan dan di samping itu pula terdapat beberapa perusahaan kecil. Para perusahaan raksasa tersebut saling memengaruhi satu sama lain. Sifat ini menyebabkan setiap perusaan harus mengambil keputusan dengan hati-hati dalam mengubah harga, bentuk barang, corak produksi dan sebagainya. Sifat saling memengaruhi (mutual interpendence) ini merupakan sifat khusus dari pasar oligopoli.
• Barang yang diproduksi adalah barang yang standar atau barang yang berbeda corak atau bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu. Barang yang diproduksi pada pasar ini ada kalanya merupakan barang yang standar misalnya pada industry penghasil barang mentah (baja dan aluminium) dan industry bahan baku (semen dan bahan bangunan). Selain itu pada pasar oligopoly juga memproduksi barang yang berbeda corak. Barang yang diproduksi adalah barang akhir seperti industry mobil, industry rokok, industry pesawat terbang, dan lain-lain.
Terdapat banyak pembeli di pasar
Seperti pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli di pasar oligopoli sangat banyak.Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
Adanya hambatan bagi pesaing baru.
Perusahaan yang telah lama dan memiliki pangsa pasar besar akan memainkan peranan untuk menghambat perusahaan yang baru masuk ke dalam pasar oligopoly tersebut.
• Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja (konglomerasi). Karena ada ketergantungan dalam perusahaan tersebut untuk saling menunjang. Contoh: bakrie group memiliki pertambangan, property, dan perusahaan telefon seluler (esia)
• Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif.
Untuk menciptakan brand image, menarik market share dan mencegah pesaing baru. Dalam pasar ini peran iklan sangat membantu peusahaan dagang karena iklan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat atau calon pembeli, oleh karena itu iklan terbukti ampuh dalam menarik perhatian calon pembeli yang ingin memilih barang-barang , dengan mudah perusahaan membuat iklan tentang produknya dengan keunggulan -keunggulan produknya dibanding produk perusahaan lain atau perusahaan pesaing.
• Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
Dalam pasar oligopoli ini mengapa dikatakan sulit dimasuki oleh perusahaan baru, karena image dari perusahaan yang sudah lama terbangun lebih kuat dengan pembeli di banding perusahaan yang baru muncul yang menawarkan barang yang sama namun pembeli atau konsumen tidak tau kualitas dari barang-barang yang dijual perusahaan baru tersebut
• Harga Jual Tidak Mudah Berubah
Dalam pasar oligopoli ini harga yang keluar tidak cepat naik atau turun, bisa dikatakan harga selalu stabil dan tidak mudah berubah, mungkin saja karena penjualan yang stabil terhadap suatu produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan sudah cukup menghasilkan keuntungan, namun apa bila tiba-tiba harga naik otomatis pembeli akan berfikir kembali untuk membeli produk ini dan bisa jadi pembeli beralih pada produk perusahaan lainya yang menjual varian yang sama namu harga lebih murah dengan kualitas yang hampir sama. (Menurut Adam)
Kelebihan dari pasar Oligopoli
1.      Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
2.      Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
3.      Kualitas produk di pasar akan semakin meningkat karena adanya persaingan antar perusahaan dalam menemukan inovasi-inovasi baru.
4.      Harga yang stabil memberikan keuntungan bagi konsumen dan ekonomi makro karena mempermudah dalam menentukan anggaran pengeluaran untuk belanja, sehingga dengan kondisi yang seperti ini akan sangat menguntungkan bagi kestabilan siklus perdagangan pasar

Kekurangan dari pasar Oligopoli
1.     Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan pemain lama sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
2.     Pemain lama bisa mendaftarkan produknya sehingga memiliki hak paten yang menghalangi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
3.     Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya
4.     Adanya hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh pemerintah sehingga perusahaan lain tidak bisa memasuki pasar
5.     Adanya kemungkinan terjadinya kolusi antara perusahaan di pasar yang dapat membentuk monopoli atau kartel yang merugikan masyarakat.
(Menurut Dosen FE UMS)

PERANAN PASAR OLIGOPOLI TERHADAP PEREKONOMIAN
Pasar oligopoli juga memiliki peranan penting dalam perekonomian negara. Pasar oligopoli mendorong terjadinya diversifikasi produk yang lebih dewasa dengan pemanfaatan teknologi baru. Selain itu, pasar oligopoli juga mendorong setiap perusahaan untuk menemukan proses produksi yang lebih efisien. Dengan demikian akan tercipta perekonomian yang kreatif dan kompetitif dengan biaya produksi yang efisien. (Menurut Adam)


Daftar Pustaka :
Anonim.2012. PASAR OLIGOPOLI DI INDONESIA(Kasus Trading Term dan Dominansi Carrefour pada Pasar Ritel Modern di Indonesia)
Adam.2014.PASAR OLIGOPOLI.https://adam170493.wordpress.com/2014/10/02/pasar-oligopoli/ (Di akses pada 9 APRIL 2017)
Anonim.2015. Struktur Pasar Oligopoli – Jenis, Keuntungan dan Kerugian. http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-makro/struktur-pasar-oligopoli ()di akses pada 10 April 2017)
Anonim.2017.Oligopoli.https://id.wikipedia.org/wiki/Oligopoli (di akses pada 10 April 2017)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.