ABSTAK
Pasar
Oligopoli merupakan salah satu
jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Dimana pasar Oligopoli
merupakan pasar yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual yang
memproduksi barang sejenis. Dalam pasar Oligopoli, setiap perusahaan yang ada
di dalamnya selalu bersaing. Persaingannya bisa berupa persaingan harga atau
persaingan produk. Untuk persaingan harga, biasanya mereka akan menawarkan
harga serendah mungkin atau bahkan memberikan potongan haga maupun hadiah
supaya para konsumen tertarik untuk membeli produk meeka.
Oligopoli (dari ὀλίγος (olígos), berarti "banyak", dan πωλεῖν (polein),
berarti "menjual") adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang
dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari
dua tetapi kurang dari sepuluh. Oligopoli memiliki struktur pasarnya
sendiri
Ciri-ciri pasar oligopoli
Berikut ini adalah ciri-ciri pasar oligopoli :
- Terdapat banyak pembeli di pasar. Seperti pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli di pasar oligopoli sangat banyak.
- Hanya ada beberapa penjual. Penawaran satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan.
- Produk yang dijual bersifat homogen dan bisa juga berbeda, tetapi memenuhi standar tertentu. Industri yang memproduksi barang standar seperti ini banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah, seperti industri baja, aluminium, semen, dan bahan bangunan.
- Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru. Meskipun demikian, hambatan ini tidak sekuat pada pasar monopoli.
- Adanya saling ketergantungan. Kebijakan harga dan kuantitas produksi satu produsen akan berpengaruh terhadap kebijakan harga dan kuantitas produsen lain. Apabila satu produsen menurunkan harga, maka penagruhya adalah menaikkan jumlah penjualan produsen tersebut dan mnegurangi penjualan produsen lain. Adanya kerja sama antar produsen akan memperkuat posisi mereka sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk menentukan tingkat harga, misalnya dengan membuat perjanjian harga untuk produk-produk tertentu.
- Penggunaan iklan sangat efektif. Iklan adalah salah satu senjata ampuh bagi perusahaan-perusahaan oligopoli untuk bersaing dengan perusahaan lain karena iklan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku dan perubahan selera konsumen.
Faktor-faktor terbentuknya Pasar Oligopoli
1. Efisiensi Skala Besar.
Didalam dunia nayata, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri mobil ,
semen, kertas, pupuk dan peralatan mesin, umumnya berstruktur oligopoli. Teknologi
padat modal yang yang dibutuhkan dalam proses produksi menyebabkan efisiensi (biaya
rata-rata minimum) baru tercapai bila output diproduksi dalam skala sangat besar.
2. Kompleksitas manajemen
Berbeda dengan ketiga pasar lainnya, struktur pasar oligopoly ditandai dengan
kompetisi harga dan non harga. Perusahaan harus cermat memperhitungkan setiap
keputusan, kemampuan keuangan yang besar saja tidak cukup sebagai modal untuk
bertahan, perusahaan juga harus memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik.
Didalam dunia nayata, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri mobil ,
semen, kertas, pupuk dan peralatan mesin, umumnya berstruktur oligopoli. Teknologi
padat modal yang yang dibutuhkan dalam proses produksi menyebabkan efisiensi (biaya
rata-rata minimum) baru tercapai bila output diproduksi dalam skala sangat besar.
2. Kompleksitas manajemen
Berbeda dengan ketiga pasar lainnya, struktur pasar oligopoly ditandai dengan
kompetisi harga dan non harga. Perusahaan harus cermat memperhitungkan setiap
keputusan, kemampuan keuangan yang besar saja tidak cukup sebagai modal untuk
bertahan, perusahaan juga harus memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik.
Kelebihan
pasar oligopoli
1. Memberi
kebebasan memilih bagi pembeli.
2. Mampu
melakukan penelitian dan
pengembangan produk.
3. Lebih
memperhatikan kepuasan konsumen
karena adanya persaingan penjual.
4. Adanya
penerapan teknologi baru
Kekurangan pasar
oligopoli
1.
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga
yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong
timbulnya inflasi
3. Bisa
timbul pemborosan biaya produksi apabila ada
kerjasama antar oligopolis karena semangat
bersaing kurang
4. Bisa
timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik
faktor produksi
5. Sulit
ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa
berkembang ke arah monopoli
Dari
sejumlah keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik bentuk
pasar Oligopoli adalah sebagai berikut:
- Hanya terdapat sedikit penjual di pasar. Sehingga keputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual yang lain. Efek reaksi tersebut pada gilirannya akan menimbulkan reaksi balasan bagi pesaing - pesaingnya.
- Produk-produk dari perusahaan di pasar Oligopoli ini dapat distandarisasikan. Industri ini umunya dijumpai pada industri yang menghasilakn bahan=bahan mentah, seperti industri baja dan aluminium.
DAFTAR PUSTAKA
widianto,aldi eka wahyu,2012,pengertian pasar oligopoli,
anonim,2016,pengertian dan ciri-ciri pasar oligopoli,
anonim,2010,Faktor-faktor terbentuknya Pasar Oligopoli,
hana,agustine,2011,kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli ,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.