.

Senin, 17 April 2017

KEADAAN PEREKONOMIAN DI KALIMANTAN BARAT




@B22-Rekso
Masalah yang di hadapi indonesia cukup kompleks yaitu hampir di seluruh faktor-faktor penting penggerak  pertumbuhan perekonomian suatu negara.
Masalah itu juga yang turut di rasakan pemerintah provinsi kalimantan barat  yaitu masalah minim nya infrastruktur yang  memadai dan di ikuti rendahnya investasi baik dari dalam negri maupun luar negri/asing, minimnya sumberdaya manusia yang kompeten, dan belum terlaksananya cara atau suatu sistem maupun program pemerintah daerah untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Penanaman modal asing yang masih berkonsentrasi di pulau jawa dan PMDN yang masih berkonsentrasi di pulau jawa, sumatera dan sulawasi semakin menyudutkan provinsi kalimantan barat yang jauh dari perhatian pemerintah.
Kalimantan barat ialah salah satu provinsi yang tertinggal dalam hal perekonomian dan kesejahteraan bila di bandingkan dengan tiga provinsi lainnya di pulau kalimantan.Tertinggal nya provinsi kalimantan barat  ini juga di pengaruhi oleh keadaan ekonomi nasional yang  masih bisa di nilai sangat lemah, baik dari segi infrastruktur ,investasi, maupun sumberdaya manusianya bila di bandingkan dengan Malaysia dan Singapura.
Bukan rahasia umum lagi kalau nagara kita pada umumnya atau provinsi kalimantan barat pada khusus masih butuh bantuan berupa investasi yang dapat memajukan tingkat ekonomi dan kesejahteraan kalimantan barat.untuk mendapatkan dan menarik hati para investor bukan lah hal yang mudah, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat juga hasil lebih ekstra untuk berbenah.
Hal dasar yang akan kita benahi ialah infrastruktur, prosedur perijinan yang mempermudah para investor, mengoptimalkan harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan baik pada tataran pusat maupun antara pusat dan daerah dan lain sebagainya guna menciptakan suasana yang kondusif bagi para investor.
Kondisi ekonomi kalimantan barat saat ini sudah lebih baik dengan menurunnya angka penganggurn, kemisikinan, inflasi serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang di ikuti dengan semakin bertambahnya tingkat investasi yang ada di kalimantan barat ini baik PMA maupun PMDN setiap tahun.hal itu dibuktikan dengan dengan banyak nya jumlah proyek PMDN/PMA  yang telah memperoleh izin  prinsip PM di kalimantan barat pada tiap tahunnya.
Adapun bidang usaha yang sangat di minati oleh PMDN dan PMA dalam 4 tahun terakhir ialah perkebunan kelapa sawitdan industri minyak kasar(minyak makan) dari nabati. Yang masing PMDN sebanyak 28 proyek sedangkan PMA sebanyak 39 proyek.
Investasi di kalimantan barat lebih banyak bersumber dari PMDN di bandingkan dengan PMA, karena menurut data yang di dapat dari BKMP kalbar pada tahun 2010 PMDN di rencanakan mendapakan 189 proyek namun yang terrealisasi sebanyak 137 proyek arti nya masih lebih dari 50% dari yang di rencanakan itu bisa terrealisasi sedangkan untuk PMA, dari 198 proyek yang di rencanakan hanya 66 proyek saja yang dapat di realisasikan.dari kesimpulan di atas bahwa untuk saat ini kalimantan barat harus terus berbenah dan memperbaiki sistem dan infrastruktur agar mudah dalam menarik minat investor ke kalimantan barat.
Untuk perkembangan ekspor dan impor kalimantan barat boleh di bilang cukup baik karena jumlah ekspor yang di dominasi oleh 2 komoditi yaitu hasil industri dan hasil non industri masih bertambah setiap tahunnya, sedangkan untuk impor kalimantan barat yang di totalkan terjadi penurunan pada tahun 2010 bila di bandingkan dengan tahun 2009(sumber bank indonesia pontianak/sekda kalbar bulan september 2010).
Kalimantan barat ialah salah satu provinsi di indonesia yang masih memiliki lahan yang sangat luas di tambah lagi tekstur dan keadaan tanah sangat cocok untuk menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, hal itu lah salah satu faktor yang dapat menarik para investor, khusus nya yang berminat di perkebunan sawit.
Seperti yang kita ketahui kalau kalimantan barat ialah salah satu provinsi di indonesia ini yang berbatasan langsung dengan negara lain yaitu malaysia.itu adalah salah satu kelebihan yang seharusnya mampu di optimalkan untuk memajukan daerah tersebut.Demi menjadi daerah yang maju baik dalam skala nasional maupun internasional kalimantan barat harus memiliki rencana yang lebih jitu dan lebih bisa melihat peluang kedepan untuk mampu bersaing di era globalisasi ini dan strategi investasi.tentunya  dengan cara seperti berikut:
1.    Lokasi investasi tidak boleh menyalahi tata ruang kalbar, dalam arti setiap investasi dan jenis proyek yang akan di laksanakan tidak meyalahi/berdampak negatif  bagi daerah tersebut sehingga dapat mengganggu merusak ekosistem yang sudah ada.
2.    Pembenahan Kualitas Jaringan Infrastruktur Wilayah.
3.    Pembenahan butuhan kelistikan.
4.    Pembenahan Kawasan Perbatasan .
5.    Pembenahan Pembangunan Sektor Unggulan Perekonomian .
6.    Pembenahan Kualitas Sumber Daya Manusia .
7.    Pembenahan Dan Mempersiapkan Informasi & Teknologi .
8.    Pembenahan Kualitas Birokrasi dan Tata Kelola Dalam Kerangka Otonomi Daerah                PTSP.
Kini pemerintah kalimantan barat benar-benar serius dalam melakukan pembenahan infrastruktur yang di buktikan dengan diadakannya pembuatan jalan yang menghubungkan kalimantan barat dengan provinsi-provinsi lainnya.seperti yang kita ketahui kalau selama ini tidak ada jalan yang langsung menghubungkan kalbar dengan provinsi lainnya, akan tetapi kini sudah di rencanakan proyek  jaringan jalan lintas kalimantan itu yang akan menjadi transportasi darat dan menghubungkan  provinsi kalimantan barat dengan provinsi lain di kalimantan bahkan sebagian sudah dalam tahap pelaksanaan.
Proyek atau rencana jaringan jalan lintas kalimantan di bagi menjadi tiga poros yaitu:
1.    Poros utara : dari liku-aruk – seluas – entikong- nanga badau- putusibau – batas kalimantan timur= 739,94 km
2.    Poros tengah : dari sungai pinyuh- sanggau – tebelian- nanga pinoh- ella hilir- nanga kempangan –batas kalimantan tengah sepanjang = 491,84 km
3.    Poros selatan : dari temajok-sambas – pontianak- tayan- balai berkuak- sandai-nanga tayap-kalimantan selatan sepanjang = 749,60 km.
pihak swasta masyarakat dan lain-lain yang turut memiliki andil dalam hal tersebut dengan cara :
a)    Memajukan infrastruktur pertambangan, agrobisnis, perindustrian, jasa dan perdagangan.
b)   Memajukan kerjasama investasi kemitraan
c)    Memajukan pendanaan bank umum,syariah, lembaga non bank, surat berharga, bank pengkreditan.
d)   Memfasilitasi promosi peluang investasi tematik kalimantan barat dan lain sebagainya.
KESIMPULAN

Saya rasa semua daerah ingin menjadi yang termaju bila di bandingkan dengan daerah lain, begitu juga dengan kalimantan barat ini.untuk menjadikan impian atau visi dan misi itu semua harus lah dengan rencana dan rasa persatuan yang tinggi agar semua yang di inginkan dapat terwujud, tentunya melibatkan berbagai elemen baik itu pemerintah daerah.

DAFTAR PUSTAKA

Putra Maslan.2012. Laporan Perekonomian Kalimantan Barat. http://maslanpaloh.blogspot.co.id/2012/09/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html . Diakses Pada 17-04-2017
Viodeogo Yanuaris. 2016. Ekonomi Kalbar Melambat menjadi 5,93. http://finansial.bisnis.com/read/20160504/9/544647/kuartal-i2016-ekonomi-kalbar-melambat-jadi-593 . Diakses Pada (17-04-2017)
Anonim .2017. Pertumbuhan Ekonomo Kalbar pada Triwulan II . http://www.borneonews.co.id/berita/19600-pertumbuhan-ekonomi-kalbar-melambat . Di akses Pada (17-04-2017)
Prayoga Cahyo. 2015 . Investasi Dikalimantan Barat . http://wartaekonomi.co.id/read/2015/12/22/84490/kuartal-iii2015-investasi-di-kalimantan-barat-tumbuh-717.html . Di akses Pada (17-04-2017)
Antara Kalbar Admin . Kondisi Ekonomi Dikategorikan Baik . http://kalbar.antaranews.com/berita/336980/bps-kondisi-ekonomi-kalbar-dikategorikan-baik .
Di akses pada (17-04-2017)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.