Masalah yang di hadapi indonesia
cukup kompleks yaitu hampir di seluruh faktor-faktor penting penggerak pertumbuhan
perekonomian suatu negara.
Masalah itu juga yang turut di rasakan pemerintah provinsi kalimantan barat yaitu masalah minim nya infrastruktur yang memadai dan di ikuti rendahnya investasi baik dari dalam negri maupun luar negri/asing, minimnya sumberdaya manusia yang kompeten, dan belum terlaksananya cara atau suatu sistem maupun program pemerintah daerah untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Masalah itu juga yang turut di rasakan pemerintah provinsi kalimantan barat yaitu masalah minim nya infrastruktur yang memadai dan di ikuti rendahnya investasi baik dari dalam negri maupun luar negri/asing, minimnya sumberdaya manusia yang kompeten, dan belum terlaksananya cara atau suatu sistem maupun program pemerintah daerah untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Penanaman modal asing yang masih
berkonsentrasi di pulau jawa dan PMDN yang masih berkonsentrasi
di pulau jawa, sumatera dan sulawasi semakin menyudutkan provinsi kalimantan
barat yang jauh dari perhatian pemerintah.
Kalimantan barat ialah salah satu
provinsi yang tertinggal dalam hal perekonomian dan kesejahteraan bila di
bandingkan dengan tiga provinsi lainnya di pulau kalimantan.Tertinggal nya
provinsi kalimantan barat ini juga di pengaruhi oleh keadaan ekonomi
nasional yang masih bisa di nilai sangat lemah, baik dari segi
infrastruktur ,investasi, maupun sumberdaya manusianya bila di bandingkan
dengan Malaysia dan Singapura.
Bukan rahasia umum
lagi kalau nagara kita pada umumnya atau provinsi kalimantan barat pada khusus
masih butuh bantuan berupa investasi yang dapat memajukan tingkat ekonomi dan
kesejahteraan kalimantan barat.untuk mendapatkan dan menarik hati para investor
bukan lah hal yang mudah, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat juga
hasil lebih ekstra untuk berbenah.
Hal dasar yang akan
kita benahi ialah infrastruktur, prosedur perijinan yang mempermudah para
investor, mengoptimalkan harmonisasi
dan sinkronisasi kebijakan baik pada tataran pusat maupun antara pusat dan
daerah dan lain sebagainya guna menciptakan
suasana yang kondusif bagi para investor.
Kondisi ekonomi
kalimantan barat saat ini sudah lebih baik dengan menurunnya angka penganggurn,
kemisikinan, inflasi serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang di ikuti
dengan semakin bertambahnya tingkat investasi yang ada di kalimantan barat ini
baik PMA maupun PMDN setiap tahun.hal itu dibuktikan dengan dengan banyak nya
jumlah proyek PMDN/PMA yang telah memperoleh izin prinsip
PM di kalimantan barat pada tiap tahunnya.
Adapun bidang usaha
yang sangat di minati oleh PMDN dan PMA dalam 4 tahun terakhir ialah perkebunan
kelapa sawitdan industri minyak kasar(minyak makan) dari nabati. Yang masing
PMDN sebanyak 28 proyek sedangkan PMA sebanyak 39 proyek.
Investasi di
kalimantan barat lebih banyak bersumber dari PMDN di bandingkan dengan PMA,
karena menurut data yang di dapat dari BKMP kalbar pada tahun 2010 PMDN di
rencanakan mendapakan 189 proyek namun yang terrealisasi sebanyak 137 proyek
arti nya masih lebih dari 50% dari yang di rencanakan itu bisa terrealisasi
sedangkan untuk PMA, dari 198 proyek yang di rencanakan hanya 66 proyek saja
yang dapat di realisasikan.dari kesimpulan di atas bahwa untuk saat ini
kalimantan barat harus terus berbenah dan memperbaiki sistem dan infrastruktur
agar mudah dalam menarik minat investor ke kalimantan barat.
Untuk perkembangan
ekspor dan impor kalimantan barat boleh di bilang cukup baik karena jumlah
ekspor yang di dominasi oleh 2 komoditi yaitu hasil industri dan hasil non
industri masih bertambah setiap tahunnya, sedangkan untuk impor kalimantan
barat yang di totalkan terjadi penurunan pada tahun 2010 bila di bandingkan
dengan tahun 2009(sumber bank indonesia pontianak/sekda kalbar bulan september
2010).
Kalimantan barat ialah
salah satu provinsi di indonesia yang masih memiliki lahan yang sangat luas di
tambah lagi tekstur dan keadaan tanah sangat cocok untuk menjadi lahan
perkebunan kelapa sawit, hal itu lah salah satu faktor yang dapat menarik para
investor, khusus nya yang berminat di perkebunan sawit.
Seperti yang kita
ketahui kalau kalimantan barat ialah salah satu provinsi di indonesia ini yang
berbatasan langsung dengan negara lain yaitu malaysia.itu adalah salah satu
kelebihan yang seharusnya mampu di optimalkan untuk memajukan daerah
tersebut.Demi menjadi daerah yang maju baik dalam skala nasional maupun
internasional kalimantan barat harus memiliki rencana yang lebih jitu dan lebih
bisa melihat peluang kedepan untuk mampu bersaing di era globalisasi ini dan
strategi investasi.tentunya dengan cara seperti berikut:
1. Lokasi investasi tidak boleh menyalahi tata ruang kalbar, dalam
arti setiap investasi dan jenis proyek yang akan di laksanakan tidak
meyalahi/berdampak negatif bagi daerah tersebut sehingga dapat
mengganggu merusak ekosistem yang sudah ada.
2. Pembenahan Kualitas Jaringan Infrastruktur Wilayah.
3. Pembenahan butuhan kelistikan.
4. Pembenahan Kawasan Perbatasan .
5. Pembenahan Pembangunan Sektor Unggulan Perekonomian .
6. Pembenahan Kualitas Sumber Daya Manusia .
7. Pembenahan Dan Mempersiapkan Informasi & Teknologi .
8. Pembenahan Kualitas Birokrasi dan Tata Kelola Dalam Kerangka
Otonomi Daerah PTSP.
Kini pemerintah
kalimantan barat benar-benar serius dalam melakukan pembenahan infrastruktur
yang di buktikan dengan diadakannya pembuatan jalan yang menghubungkan
kalimantan barat dengan provinsi-provinsi lainnya.seperti yang kita ketahui
kalau selama ini tidak ada jalan yang langsung menghubungkan kalbar dengan
provinsi lainnya, akan tetapi kini sudah di rencanakan proyek jaringan
jalan lintas kalimantan itu yang akan menjadi transportasi darat dan
menghubungkan provinsi kalimantan barat dengan provinsi lain di
kalimantan bahkan sebagian sudah dalam tahap pelaksanaan.
Proyek atau rencana
jaringan jalan lintas kalimantan di bagi menjadi tiga poros yaitu:
1. Poros utara : dari liku-aruk – seluas – entikong- nanga badau-
putusibau – batas kalimantan timur= 739,94 km
2. Poros tengah : dari sungai pinyuh- sanggau – tebelian- nanga
pinoh- ella hilir- nanga kempangan –batas kalimantan tengah sepanjang = 491,84
km
3. Poros selatan : dari temajok-sambas – pontianak- tayan- balai
berkuak- sandai-nanga tayap-kalimantan selatan sepanjang = 749,60 km.
pihak swasta
masyarakat dan lain-lain yang turut memiliki andil dalam hal tersebut dengan
cara :
a) Memajukan infrastruktur pertambangan, agrobisnis, perindustrian,
jasa dan perdagangan.
b) Memajukan kerjasama investasi kemitraan
c) Memajukan pendanaan bank umum,syariah, lembaga non bank, surat
berharga, bank pengkreditan.
d) Memfasilitasi promosi peluang investasi tematik kalimantan barat
dan lain sebagainya.
KESIMPULAN
Saya rasa semua daerah ingin
menjadi yang termaju bila di bandingkan dengan daerah lain, begitu juga dengan
kalimantan barat ini.untuk menjadikan impian atau visi dan misi itu semua harus
lah dengan rencana dan rasa persatuan yang tinggi agar semua yang di inginkan
dapat terwujud, tentunya melibatkan berbagai elemen baik itu pemerintah daerah.
DAFTAR PUSTAKA
Putra Maslan.2012. Laporan Perekonomian Kalimantan Barat. http://maslanpaloh.blogspot.co.id/2012/09/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
. Diakses Pada 17-04-2017
Viodeogo
Yanuaris. 2016. Ekonomi Kalbar Melambat menjadi 5,93. http://finansial.bisnis.com/read/20160504/9/544647/kuartal-i2016-ekonomi-kalbar-melambat-jadi-593
. Diakses Pada (17-04-2017)
Anonim
.2017. Pertumbuhan Ekonomo Kalbar pada Triwulan II . http://www.borneonews.co.id/berita/19600-pertumbuhan-ekonomi-kalbar-melambat
. Di akses Pada (17-04-2017)
Prayoga
Cahyo. 2015 . Investasi Dikalimantan Barat . http://wartaekonomi.co.id/read/2015/12/22/84490/kuartal-iii2015-investasi-di-kalimantan-barat-tumbuh-717.html
. Di akses Pada (17-04-2017)
Antara
Kalbar Admin . Kondisi Ekonomi Dikategorikan Baik . http://kalbar.antaranews.com/berita/336980/bps-kondisi-ekonomi-kalbar-dikategorikan-baik
.
Di
akses pada (17-04-2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.