.

Minggu, 09 April 2017

Pasar Persaingan Sempurna



 @A27-Shiffa

Oleh : Shiffa Ramadhani

Abstrak

Indonesia memiliki beragam pasar dan pasar-pasar tersebut mempunyai keadaan untuk mencapai kondisi yang ideal. Para pelaku produsen ingin menjalankan kegiatan produksi secara sukses dan produk yang dihasilkan dapat dinikmati oleh konsumen. Segala upaya dilakukan agar hal tersebut dapat terwujud seperti penyediaan berbagai produk yang memang diminati serta dibutuhkan oleh konsumen pada saat ini, dengan kata lain produk tersebut memiliki potensi besar Karena didukung oleh para konsumen yang besar, terlebih mampu menarik daya pembeli konsumen terhadap produknya, dan produk tersebut juga tentunya dapat memberikan benefit yang relatif sama bagi semua konsumen.

Pendahuluan
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya.

Rumusan Masalah
1.       Apa itu Pasar Persaingan Sempurna?
2.       Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
3.       Struktur Pasar Persaingan Sempurna
4.       Permintaan dan Penawaran Persaingan Sempurna
5.       Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persainan Sempurna

Pembahasan
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
·         Terdapat banyak produsen/penjual yang menjual barang yang sama. Banyaknya produsen mengakibatkan produsen hanya memasok sebagian kecil saja dari total komoditas yang ditawarkan ke pasar karena produk yang dihasilkan sama saja kualitasnya dengan yang dibuat oleh produsen yang lain.
·         Informasi yang sempurna tentang harga bagi konsumen dan produsen. Para pelaku ekonomi memiliki pengetahuan yang sempurna  tentang kondisi pasar/harga baik sekarang maupun yang akan datang.
·         Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker). Sebuah perusahaan yang menganut price taker tidak dapat mempengaruhi harga dari komoditas di sebuah pasar.
·         Produsen bebas keluar masuk pasar. Tidak ada hambatan bagi produsen untuk keluar masuk pasar, perusahaan keluar atau masuk pasar tidak akan mempengaruhi perusahaan lainnya karena pada pasar persaingan sempurna produsen tidak saling berhadapan langsung.

Struktur Pasar Persaingan Sempurna
Struktur pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang dikenal paling ideal dibandingkan dengan struktur yang lain karena dalam kegiatan pasar tersebut terdapat sebuah jaminan untuk menjalankan kegiatan produksi barang dan jasa dengan lebih efisien bagi setiap elemen pasar. Pada kenyataannya tidak terdapat praktik yang benar-benar menerapkan pasar persaingan sempurna secara murni dalam konsepnya, karena jika dilihat lebih jauh kondisi pasar ini memiliki kekurangan yang dirasa hanya akan mengurangi kebebasan dalam kegiatan pasar.

Permintaan dan Penawaran dalam Pasar Persaingan Sempurna
Produsen dalam pasar persaingan sempurna bersifat price taker maka kurva permintaan produsen bersifat horizontal.
Jumlah output yang dihasilkan produsen relatif lebih kecil dibandingkan output yang dihasilkan pasar, berapapun produk yang dijual perusahaan harga relatif tidak  akan berubah. Kurva tersebut bersifat elastis sempurna.
Tingkat harga pasar pada pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan penawaran.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan
·         Pemanfaatan sumber daya dilakukan dengan lebih efisien.
·         Terhindar dari praktik pemusatan kekuasaan pada kelompok kecil masyarakat.
·         Terhindar dari persaingan yang tidak sehat.
·         Terhindar dari permainan harga pasar, karena baik penjual dan pembeli tidak mampu menentukan harga.
·         Harga barang di pasar akan cenderung stabil tanpa melihat besar kecilnya jumlah barang.
·         Informasi pasar yang jelas akan menghindarkan dari berbagai praktik yang bisa menimbulkan potensi kecurangan.
·         Tidak memerlukan biaya iklan, karena barang yang dihasilkan antar perusahaan bersifat homogen dan sulit dibedakan antara produk yang satu dengan yang lain.

Kekurangan
·         Terbatasnya dana untuk kegiatan Research and Development, karena keuntungan perusahaan sangat terbatas dan menyebabkan lambatnya inovasi-inovasi produk.
·         Keterbatasan dalam memilih produk, mengingat semua produk yang dihasilkan pasar sama atau hanya satu jenis, hal ini memungkinkan selera dan kebutuhan masyarakat berbeda-beda dengan tingkat pendapatan yang berbeda-beda dalam memilih produk.
·         Keterbatasan laba tidak hanya berdampak pada rendahnya kualitas produk yang dihasilkan karena kurang inovasi, selain itu juga kondisi keterbatasan keuntungan ini memaksa perusahaan untuk memberikan upah yang kecil kepada buruh.
·         Efisiensi yang diterapkan terlalu tinggi sehingga berakibat pada buruknya kondisi sosial.
·         Banyak masyarakat yang tidak puas dengan adanya produk yang ada di pasar.
·         tidak adanya pemerataan pendapatan berakibat pada pemanfaatan sumber daya oleh golongan tertentu yang memiliki modal besar.

Kesimpulan
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah perusahaan adalah pengambil harga, setiap perusahaan mudah keluar atau masuk, menghasilkan barang yang serupa, terdapat banyak perusahaan di pasar, dan pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna. Pasar persaingan sempurna memiliki kebaikan dan keburukan diantaranya, yaitu persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi dan kebebasan bertindak dan memilih, sedangkan keburukannya adalah persaingan sempurna tidak mendorong inovasi, persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial, membatasi pilihan konsumen, biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi, dan distribusi pendapatan tidak selalu rata.

Daftar Pustaka
Anonim.Anonim.Pasar Persaingan Sempurna.Jakarta.Jurnal Bebas

Fachri,Saiful.2016.Pasar Persaingan Sempurna.Jakarta.Jurnal Ekonomi Syariah

Anonim.2016.Struktur Pasar Persaingan Sempurna Ciri Ciri,Kelebihan dan Kekurangan.Dosenekonomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.