@A27-Shiffa
Oleh : Shiffa Ramadhani
Abstrak
Pendahuluan
Oleh : Shiffa Ramadhani
Abstrak
Indonesia memiliki beragam pasar
dan pasar-pasar tersebut mempunyai keadaan untuk mencapai kondisi yang ideal.
Para pelaku produsen ingin menjalankan kegiatan produksi secara sukses dan
produk yang dihasilkan dapat dinikmati oleh konsumen. Segala upaya dilakukan
agar hal tersebut dapat terwujud seperti penyediaan berbagai produk yang
memang diminati serta dibutuhkan oleh konsumen pada saat ini, dengan kata
lain produk tersebut memiliki potensi besar Karena didukung oleh para konsumen
yang besar, terlebih mampu menarik daya pembeli konsumen terhadap produknya,
dan produk tersebut juga tentunya dapat memberikan benefit yang relatif
sama bagi semua konsumen.
Pendahuluan
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran
dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar
mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan
konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah
banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya,
sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga
pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima tingkat
harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat
di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil
dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang
sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan
bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya.
Rumusan Masalah
1.
Apa itu Pasar Persaingan Sempurna?
2.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
3.
Struktur Pasar Persaingan Sempurna
4.
Permintaan dan Penawaran Persaingan Sempurna
5.
Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persainan Sempurna
Pembahasan
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah
sebuah jenis pasar dengan jumlah
penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan
permintaan sehingga penjual dan
pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai
penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat
homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak
dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau
produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan
pengaruh terhadap penjualan produk.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
·
Terdapat banyak produsen/penjual yang menjual
barang yang sama. Banyaknya produsen mengakibatkan produsen hanya memasok
sebagian kecil saja dari total komoditas yang ditawarkan ke pasar karena produk
yang dihasilkan sama saja kualitasnya dengan yang dibuat oleh produsen yang
lain.
·
Informasi yang sempurna tentang harga bagi
konsumen dan produsen. Para pelaku ekonomi memiliki pengetahuan yang
sempurna tentang kondisi pasar/harga baik sekarang maupun yang akan
datang.
·
Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
(price taker). Sebuah perusahaan yang menganut price taker tidak dapat
mempengaruhi harga dari komoditas di sebuah pasar.
·
Produsen bebas keluar masuk pasar. Tidak ada
hambatan bagi produsen untuk keluar masuk pasar, perusahaan keluar atau masuk
pasar tidak akan mempengaruhi perusahaan lainnya karena pada pasar persaingan
sempurna produsen tidak saling berhadapan langsung.
Struktur Pasar Persaingan Sempurna
Struktur pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar
yang dikenal paling ideal dibandingkan dengan struktur yang lain karena dalam
kegiatan pasar tersebut terdapat sebuah jaminan untuk menjalankan kegiatan
produksi barang dan jasa dengan lebih efisien bagi setiap elemen pasar. Pada
kenyataannya tidak terdapat praktik yang benar-benar menerapkan pasar
persaingan sempurna secara murni dalam konsepnya, karena jika dilihat lebih
jauh kondisi pasar ini memiliki kekurangan yang dirasa hanya akan mengurangi
kebebasan dalam kegiatan pasar.
Permintaan dan Penawaran dalam Pasar Persaingan Sempurna
Produsen dalam pasar persaingan sempurna bersifat price
taker maka kurva permintaan produsen bersifat horizontal.
Jumlah output yang dihasilkan produsen relatif lebih kecil
dibandingkan output yang dihasilkan pasar, berapapun produk yang dijual
perusahaan harga relatif tidak akan berubah. Kurva tersebut bersifat
elastis sempurna.
Tingkat harga pasar pada pasar persaingan sempurna
ditentukan oleh permintaan dan penawaran.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan
·
Pemanfaatan sumber daya dilakukan dengan lebih
efisien.
·
Terhindar dari praktik pemusatan kekuasaan pada
kelompok kecil masyarakat.
·
Terhindar dari persaingan yang tidak sehat.
·
Terhindar dari permainan harga pasar, karena
baik penjual dan pembeli tidak mampu menentukan harga.
·
Harga barang di pasar akan cenderung stabil
tanpa melihat besar kecilnya jumlah barang.
·
Informasi pasar yang jelas akan menghindarkan
dari berbagai praktik yang bisa menimbulkan potensi kecurangan.
·
Tidak memerlukan biaya iklan, karena barang yang
dihasilkan antar perusahaan bersifat homogen dan sulit dibedakan antara produk
yang satu dengan yang lain.
Kekurangan
·
Terbatasnya dana untuk kegiatan Research and
Development, karena keuntungan perusahaan sangat terbatas dan menyebabkan lambatnya
inovasi-inovasi produk.
·
Keterbatasan dalam memilih produk, mengingat
semua produk yang dihasilkan pasar sama atau hanya satu jenis, hal ini
memungkinkan selera dan kebutuhan masyarakat berbeda-beda dengan tingkat
pendapatan yang berbeda-beda dalam memilih produk.
·
Keterbatasan laba tidak hanya berdampak pada
rendahnya kualitas produk yang dihasilkan karena kurang inovasi, selain itu
juga kondisi keterbatasan keuntungan ini memaksa perusahaan untuk memberikan
upah yang kecil kepada buruh.
·
Efisiensi yang diterapkan terlalu tinggi
sehingga berakibat pada buruknya kondisi sosial.
·
Banyak masyarakat yang tidak puas dengan adanya
produk yang ada di pasar.
·
tidak adanya pemerataan pendapatan berakibat
pada pemanfaatan sumber daya oleh golongan tertentu yang memiliki modal besar.
Kesimpulan
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu
struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan
setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah perusahaan adalah pengambil
harga, setiap perusahaan mudah keluar atau masuk, menghasilkan barang yang
serupa, terdapat banyak perusahaan di pasar, dan pembeli mempunyai pengetahuan
yang sempurna. Pasar persaingan sempurna memiliki kebaikan dan keburukan
diantaranya, yaitu persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi dan
kebebasan bertindak dan memilih, sedangkan keburukannya adalah persaingan
sempurna tidak mendorong inovasi, persaingan sempurna adakalanya menimbulkan
biaya sosial, membatasi pilihan konsumen, biaya dalam pasar persaingan sempurna
mungkin lebih tinggi, dan distribusi pendapatan tidak selalu rata.
Daftar Pustaka
Anonim.Anonim.Pasar Persaingan Sempurna.Jakarta.Jurnal
Bebas
Fachri,Saiful.2016.Pasar Persaingan
Sempurna.Jakarta.Jurnal Ekonomi Syariah
http://jurnalekonomisyariah.com/2016/12/21/pasar-persaingan-sempurna-perfect-competition-market/
(Diakses : 21 Desember 2016)
Anonim.2016.Struktur Pasar Persaingan Sempurna Ciri Ciri,Kelebihan
dan Kekurangan.Dosenekonomi.com
http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-makro/struktur-pasar-persaingan-sempurna
(Diakses : 5 November 2016)
Anonim.2016.Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
serta Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna.Ensikloblogia.com
http://www.ensikloblogia.com/2016/04/ciri-ciri-pasar-persaingan-sempurna.html
(Diakses : 27 April 2016)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.