Abstrak
Penting
bagi kita untuk lebih memahami apa pengertian pasar persaingan sempurna
dan contohnya dengan begitu kita akan lebih mudah menganalisa apa saja
yang menjadi ciri – ciri dari pasar persaingan sempurna.Dalam
pasar Persaingan sempurna yang lebih menonjol ialah dimana disana
terdapat pembeli dan penjual dengan jumlah yang sangat banyak sekali,
sering juga pasar persaingan sempurna disebut dengan istilah keren yaitu
“Perfect Competition Market “ .
Pengertian pasar persaingan sempurna
Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah
penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang
yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang
dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang,
dan lain sebagainya.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
Bentuk pasar persaingan sempurna
memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Jumlah penjual dan pembeli sangat
banyak
2. Barang atau produk yang diperjual
belikan bersifat homogen, atau sejenis, serupa dan mirip antara satu sama lain.
3. Penjual bersifat pengambil harga
(price taker)
4. Harga barang/produk yang dijual
ditentukan oleh mekanisme pasar berupa permintaan dan penawaran (demand and
supply).
5. Posisi tawar dari pembeli kuat
6. Susah untuk mendapatkan
keuntungan yang besar (di atas rata-rata)
7. Sensitif terhadap perubahan harga
barang/produk yang dijual
8. Mudah untuk keluar masuk dari
pasar
Contoh pasar persaingan sempurna
Dalam kenyataan sehari-hari bentuk
pasar yang benar-benar bersifat persaingan sempurna sangat sulit ditemukan,
yang ada hanyalah kecenderungan mendekati ke bentuk pasar persaingan sempurna.
Contoh konkret bentuk pasar yang paling mendekati pasar persaingan sempurna
adalah pasar barang-barang atau komoditii makanan pokok, seperti pasar berass.
Dlam pasar beras dapat dijelaskan hubungan antara penjual/produsen dengan
pembeli atau konsumen dapat dikatakan mendekati ciri-ciri pasar persaingan
sempurna sebagai berikut :
- Dalam pasar komoditi beras jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
- Penjual dan pembeli secara perorangan tidak akan mampu mempengaruhi harga
- Komoditi beras dapat dikatakan komoditi yang relatif homogen, kalaupun ada perbedaan rasa atau mutu akan berakibat adanya perbedaan harga.
- Harga yang terbentuk pada pasar beras adalah hasil kekuatan tarik-menarik antara penawaran beras dan permintaan beras. Walaupun kenyataannya di Indonesia masih ada campur tangan pemerintah dalam stabilisasi harga beras, yaitu melalui peran Bulog (badan urusan logistik), namun peran Bulog inipun sudah semakin kecil.
Adanya campur tangan pemerintah
dalam pengendalian harga komoditas pertanian seperti beras sebenarna menjadikan
pasar beras kurang tepat kalu disebut dengan persaingan sempurna, lebih
tepatnya hanya mendekati pasar persaingan sempurna.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar
mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC.Ekstrim pertama, perusahaan
berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah
perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk
mempengaruhi harga pasar. Ekstrim kedua adalah perusahaan hanya satu – satunya
produsen (monopoli).
Kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi, umumnya dua kondisis peralihan antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing – masing mempunyai daya monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistic (monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli dikenal sebagai oligopoli (oligopoly).
Kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi, umumnya dua kondisis peralihan antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing – masing mempunyai daya monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistic (monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli dikenal sebagai oligopoli (oligopoly).
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
Beberapa karakteristik agar sebuh pasar dapat dikatakn persaingan sempurna:
- Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi sempurna (perfect knowledge)
- Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output)
- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
- Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
a. Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
b. Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.
c. Output Perusahaan Relatif Kecil (Small RelativelOutput)
Perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata – rata terendah), kendati pun demikian jumlah output setiap perusahaan secara individu dianggap relative kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
d. Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar (Price Taker)
Perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price taker). Secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
e. Keleluasaan Masuk – Kelur Pasar (Free Entry and Exit)
Dalam pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan factor produksi
Daftar pustaka
http://finance-jurnal.blogspot.co.id/2014/10/karakteristik-pasar-persaingan-sempurna.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.