.

Selasa, 14 Maret 2017

Pengertian Mekanisme Pasar : Permintaan dan Penawaran


@A15-TRISCA


Di setiap transaksi perdagangan dalam ekonomi pasti terdapat suatu permintaan (demand), penawaran (supply), harga dan kuantitas akan suatu barang atau jasa yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.


Permintaan dan penawaran akan saling bertemu dan akan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).

Berikut sedikit penjelasan tentang permintaan, penawaran, hukum permintaan dan penawaran, fungsi permintaan dan penawaran, faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran serta tentanh harga keseimbangan.



1.Pengertian

A.permintaan

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.


2.faktor yang mempengaruhi

-Harga barang itu sendiri

-harga barang lain yang terkait

-tingkat pendapatan perkapita

-selera atau kebiasaan

-jumlah penduduk

-perkiraan harga dimasa mendatang

-distribusi pendapatan

-usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan



B. Penawaran

Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkanpada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.


2. Faktor yang mempengaruhi penawaran

-harga barang itu sendiri

-harga barang lain yang terkait

-harga faktor produksi

-biaya produksi

-teknologi produksi

-jumlah pedagang/penjual

-tujuan perusahaan

-kebijakan pemerintah


3.Fungsi

-permintaan

Fungsi permintaan adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara kuantitas barang atau jasa yang di minta oleh para konsumen dengan harga barang atau jasa tersebut. Fungsi permintaan juga mematuhi hukum permintaan, dimana ketika harga barang naik, kuantitas yang diminta akan turun dan jika harga barang turun, kuantitas yang diminta akan naik. Hal ini menunjukkan bahwa harga barang dan permintaan/kuantitas yang diminta memiliki hubungan negatif, oleh karena itu fungsi permintaan akan selalu negatif.


Bentuk fungsi permintaan:


Qd = a - bPd


Ø a & b adalah konstanta dimana b harus bernilai negatif

Ø Pd adalah harga barang yang diminta

Ø Qd adalah jumlah barang yang diminta


-penawaran

Fungsi penawaran merupakan fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang yang ada di pasar dengan kuantitas penawaran yang ditawarkan oleh produsen.

Sebelumnya sudah kita ketahui mengenai Hukum Penawaran dimana ketika harga barang dan jasa naik, kuantitas yang ditawarkan juga naik dan jika harga barang dan jasa turun, kuantitas yang ditawarkan pun turun. Hal ini menunjukkan bahwa penawaran dan harga barang yang ditawarkan memiliki hubungan positif, oleh karena itu fungsi penawaran akan selalu positif.Bentuk fungsi penawaran:
Qs = a + bPs

Ø a & b adalah konstanta dimana b harus bernilai positif

Ø Ps adalah harga barang yang ditawarkan

Ø Qs adalah jumlah barang yang ditawarkan


3.Hukum

-permintaan

Hukum permintaan berbunyi: " apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan ". Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta. Hal ini dikarenakan:
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan. naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.


-penawaran


Hukum penawaran berbunyi : " bila harga tingkat mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik,dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun ". Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.


4.harga keseimbanganPengertian Harga Keseimbangan (Equilibrium Price) adalah harga yang terbentuk pada saat permintaan sama dengan penawaran. Dari daya belinya pembeli dapat digolongan menjadi Pembeli marginal : pembeli yang daya beli = harga pasar. Pembeli sub marginal : pembeli yang daya beli < harga pasar. Pembeli super marginal : pembeli yang dayabeli > harga pasar.

Sementara Penjual dapat digolongkan menjadi Penjual marginal : penjual yang harga poko = harga pasar. Penjual sub marginal ; penjual yang harga pokok > harga pasar. Penjual super marginal : penjual yang harga pokok < harga pasar

Peran pemerintah dalam pembentukan harga sebagai berikut Penetapan harga maksimum, Penetapan harga minimum, Pengenaan pajak, Pemberian subsidi, Elastisitas. Terhadap kepekaan perubahan jumlah barang akibat perubahan harga akan terbentuk Elastisitas permintaan / Ed (Penjelasan bisa dibaca di Elastisitas Permintaan). Elastisitas penawaran/ Es (Penjelasan bisa dibaca di (Elastisitas Penawaran).



daftar pustaka


rahardja P dan M. manurung, 2008, faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, Pengantar Ilmu Ekonomi (mikroekonomi & makroekonomi) edisi ketiga,FE-UI, Jakarta (diunduh 13 maret 2017)


anneshavira,2015, fungsi permintaan dan penawaran, http://e-kurnas.weebly.com/fungsi-permintaan-dan-penawaran/fungsi-permintaan-dan-penawaran , jakarta (diunduh 13 maret 2017)

prasetyo G.D,2015,hukum permintaan dan penawaran, http://galzrikudo.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-hukum-permintaan-dan.html (diunduh 13 maret 2017)

yunanda.M,2015, Harga keseimbangan,http://ruangbelajarekonomi.blogspot.co.id/2015/06/permintaan-penawaran-harga-keseimbangan.html (diunduh 13 maret 2017)

abiandi F.C, 2015, pengertian permintaan dan penawaran, http://fcaesaraviandi.blogspot.co.id/2015/06/teori-permintaan-dan-penawaran.html?m=1 (diunduh 13 maret 2017)

waluy.t, 2013, permintaan dan penawaran, http://ekonomilmu.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-permintaan-penawaran-hukum.html (diunduh 13 maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.