.

Selasa, 14 Maret 2017

Mekanisme Pasar : Kegagalan Mekanisme Pasar

@B19-Raniyah 

Mekanisme pasar ialah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya sebuah perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).
Kegagalan Pasar (market failure)
terjadi ketika market equilibrium tidak efisien (inefficient market equilibrium) terjadi, yang menghasilkan terlalu sedikit atau terlalu banyak dalam menggunakan sumberdaya dalam produksi barang & jasa.

Faktor penyebab kegagalan pasar.
Kegagalan dari persaingan (failure of competition).
Adanya barang publik (public good).
Teradapat beberapa jenis barang yang tidak seorangpun yang bersedia menghasilkannya atau mungkin dihasilkan oleh pihak swasta akan tetapi dalam jumlah yang terbatas misalnya pertahanan, keadilan, dst. Jenis barang tersebut dinamakan barang publik murni yang mempunyai dua karakteristik utama yaitu pengguanaannya tidak bersaingan (nonrivarly) dan tidak dapat ditetapkan prinsip pengecualian. Pada barang publik murni ini, seseorang tidak bersedia untuk menghasilkannya karena adanya masalah kepemilikan. Ciri khas dalam barang publik adalah tidak ada pengecualian membayar dan yang tidak membayar pun tetap dapat menggunakan barangnya dan konsumsi tidak akan mengurangi konsumsi yang lain. Dengan adanya barang publik maka kegegalan pasar dapat terwujud karena pelaku-pelaku pasar mendapatkan kerugian. .
Eksternalitas.
Masalah lain yang menyebabkan kegagalan pasar dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi secara efisien adalah adanya sampingan atau ekternalitas. Eksternalitas timbul karena tindakan konsumsi atau produksi dari satu pihak mempunyai mempunyai pengaruh terhadap pihak lain dan tindak ada kompensasi yang dibayar oleh pihak yang menyebabkan atau kompensasi yang diterima oleh pihak yang terkena dampak tersebut. Ada dua syarat terjadinya eksternalitas (1) adanya pengarh dari suatu tindakan (2) tidak adanya konpensasi yang dibayarkan atau diterima. Eksternalitas dapat timbul akibat tindakan konsumsi. Dengan beberapa pembahasan mengenai eksternaliti dapat disimpulkan bahwa dengan terjadinya ekternaliti dalam produksi atau kehidupan ekonomi maka pasar akan mengalami kegagalan.
Pasar tidak lengkap.
Indikator pasar lengkap adalah apabila pasar tersebut menghasilkan semua barang dan jasa yang biaya produksinya lebih kecil daripada harga yang mau dibayar oleh masyarakat. Namun pada kenyataannya ada beberapa jenis jasa yang tidak dusahakan oleh pihak swasta dalam jumlah yang cukup walaupun biaya penyedia tersebut lebih kecil daripada apa yang mau dibayar oleh masyarakat. Kondisi tersebut disebut sebagai pasar tidak lengkap dan hal tersebut dapat menjadi faktor penyebab pasar mengalami kegagalan.
Kegagalan informasi
Kegagalan informasi atau informasi asimetris terjadi ketika salah satu pihak dari transaksi memiliki informasi yang lebih banyak dan baik dari pihak yang lain. Biasanya para penjua yang lebih tahu tentang produk tersebut daripada sang pembeli, tapi ini tidak selalu terjadi dalam kasus ini.
Adanya pengangguran, inflasi, dan ketidakseimbangan ‎‎(unemployment, and other macroeconomic disturbances).
Faktor kegagalan birokrasi
disebabkan karena pemerintah melaksanakan fungsi alokasi anggaran tidak dengan cara yang efisien. Ketika peran pemerintah terlalu dominan maka terjadi regulasi dan birokrasi yang kuat sehingga menimbulkan High cost (biaya tinggi). Faktor-faktor tersebut merupakan penyebab krusial peran pemerintah mengalami kegagalan.
Ketidakefisienan pemerintah disebabkan karena.
informasi terbatas. Banyak kebijakan pemerintah yang tidak dapat dilihat dampaknya karena sangat rumit dan sulit untuk diperhitungkan sebelumnya. Pengawasan yang terbatas atas reaksi swasta. Suatu kebijakan pemerintah akan menimbulkan reaksi dari berbagai pihak swasta dan seringkali pemerintah tidak dapat menghambat reaksi tersebut. Pengawasan yang terbatas atas perilaku birokrat. Pemerintah tidak dapat mengawasi secara ketat perilaku birokrat sedangkan pelaksana kebijakan pemerintah umumnya didelegasikan pada berbagai tingakatan birokrat yang mempunyai presepsi dan kepentingan yang berbeda-beda sehingga sehingga kebijakan pemerintah mungkin menimbulkan hasil yang berbeda dengan apa yang diinginkan.
hambatan dalam proses politik. Dalam suatu negara demokratis tedapat pemisahan wewenang antara kekuasaan eksekutif dan kekuasaan legislatif yang seringkali kebijakan yang dibuat oleh eksekutif tehambat oleh proses pengambilan keputusan yang harus terlebih dulu disetujui oleh legislatif. Ketidakefisienan tersebut dapat pula menjadi penyabab terjadinya kegagalan pemerintah.
Sistem perekonomian mana yang baik bagi Indonesia?
Baik sistem mekanisme pasar maupun yang diatur pemerintah, memiliki berbagai kekurangan dalam mengatasi berbagai masalah perekonomian. Menurut saya pribadi sistem perekonomian yang diatur oleh pemerintah lebih baik daripada mekanisme pasar, dengan melihat kondisi perekonomian Indonesia sekarang ini. Terbukti bahwa sistem mekanisme pasar yang sekarang diupayakan diterapkan di indonesia terbukti gagal mensejahterakan masyarakat.


Daftar Pusaka :
Fachri, Saeful. 2009. Kegagalan Mekanisme Pasar. http://saeful-fachri.blogspot.co.id/2011/01/kegagalan-mekanisme-pasar-ekonomi.html (diakses 13 Maret 2017)

Setiawan, Parta. 2015. Pengertian Mekanisme Pasar Dalam Ekonomi. http://www.gurupendidikan.com/pengertian-mekanisme-pasar-dalam-ekonomi/ (diakses 13 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.