.

Senin, 13 Maret 2017

Estimasi Sistem Permintaan dan Penawaran

@A39-Emy

Oleh : Emy Pahiba

Abstrak 

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.



1. Pendahuluan

Masalah ekonomi sama tuanya dengan usia peradaban manusia. Tetapi ilmu ekonomi baru muncul di abad 18, melalui buku adam smith yang berjudul an inquiri into the nature and causes of the wealth of nations yang kemudian dikenal dengan the wealth of nations(1776).
            Pasar dalam ilmu ekonomi adalah pertemuan permintaan dan penawaran.
(pengantar ilmu ekonomi,lembaga penerbit fakultas ekonomi UI, 2008)

2. Pembahasan
2.1.Permintaan

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.(Godam,organisasi.com 2017)

Hukum permintaan berbunyi : “Semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang diminta atau dijual dan sebaliknya”.

Agar hukum permintaan berlaku, maka asumsinya adalah sebagai berikut:
Pendapatan tetap

Tidak ada barang pengganti dan pelengkap

Selera tetap

Kebutuhan tetap

Benda tersebut bukan benda prestise

Tidak ada perubahan harga

b. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Harga Barang Itu Sendiri (Px)

Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.



Harga Barang Lain (Py)
Harga barang lain yang mempengaruhi permintaan suatu barang saling memiliki keterkaitan. Keterkaitan suatu barang bisa bersifat substitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).

Tingkat Pendapatan Perkapita (Y/cap)
Semakin tinggi tingkat pendapatan, daya beli semakin kuat, sehingga permintaan suatu barang meningkat.

Selera atau Kebiasaan (sel)

Jumlah Penduduk (pen)
Semakin banyak jumlah penduduk, permintaan barang (misal beras) semakin banyak.

Perkiraan Harga di Masa Mendatang (Pp)

Distribusi Pendapatan (Ydist)
Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.

Usaha-usaha Produsen Meningkatkan Penjualan (prom)

kesimpulan, bahwa kegunaan menimbulkan permintaan dan kelangkaan menimbulkan penawaran atau, karena bergunalah suatu barang diminta dan karena langkalah suatu barang ditawarkan.

d. Skedul dan Kurva Permintaan
Skedul permintaan adalah daftar hubungan antara harga suatu barang dengan tingkat permintaan barang tersebut.

e. Perubahan dan Pergeseran Permintaan

Dari skedul diatas dapat disimpulkan bahwa jika harga beras nol (gratis), permintaan beras tidaklah tak hingga, melainkan hanya 100.000 ton. Permintaan beras akan menjadi nol kalau harga beras Rp. 10.000,00 atau lebih per kilogram.

Permintaan dikatakan naik, jika :
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah yang lebih banyak, sekalipun harga barang itu tetap
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah barang yang tetap, sekalipun harga barang itu sudah naik
Permintaan dikatakan turun, jika :
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah yang lebih sedikit, sekalipun harga barang itu tidak berubah atau tetap
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah barang yang tetap, sekalipun harga barang itu turun

f.  Permintaan Individual dan Permintaan Pasar
Ada beberapa macam permintaan, diantaranya adalah :
Permintaan berdasarkan jumlah konsumen
·         Permintaan individual : permintaan yang dilakukan oleh seorang konsumen saja
·         Permintaan pasar : permintaan terhadap suatu barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan oleh sekelompok konsumen
·Permintaan berdasarkan daya beli konsumen
> Permintaan efektif : permintaan yang didukung oleh daya beli atau kemampuan membayar dan sudah dilaksanakan
> Permintaan potensial : permintaan yang didukung oleh kemampuan daya beli namun belum melakukan pembelian
> Permintaan absolut : permintaan yang tidak didukung oleh kemampuan daya beli konsumen

2.2 Penawaran
a.  Pengertian
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.
Hukum penawaran berbunyi :“jika harga naik, maka jumlah yang ditawarkan juga naik dan sebaliknya”.
b.  Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Harga  Barang Itu Sendiri (Px)
 Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan.

Harga Barang Yang Terkait (Py)
 Apabila harga barang substitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah dan sebaliknya.

Harga Faktor Produksi (Pi)
Kenaikan harga faktor produksi, seperti tingkat upah yang lebih tinggi, harga bahan baku yang meningkat atau kenaikan tingkat bunga modal, akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap.

Biaya Produksi (C)
Kenaikan harga input sebenarnya juga menyebabkan kenaikan biaya produksi.

Teknologi Produksi (tek)
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi dan menciptakan barang-barang baru.

Jumlah Pedagang atau Penjual (ped)
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang terserbut akan bertambah.

Tujuan Perusahaan (tuj)
Adalah memaksimumkan laba, bukan memaksimumkan hasil produksinya.
Kebijakan Pemerintah
(Latipah, 2013)

studi kasus

Hukum Permintaan
Hukum permintaan dalam ilmu ekonomi berbunyi “Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan”. Artinya, jika harga suatu barang maupun jasa mengalami kenaikan meskipun satu satuan mata uang, hal ini pasti akan menyebabkan jumlah barang yang dibeli oleh konsumen menjadi menurun.

Contohnya

Penerapan dari hukum permintaan ini contohnya adalah ketika harga daging mulai naik. Misalnya harga daging ayam pada mulanya adalah Rp 25.000/kg, pada harga sekian kita setiap minggunya mampu mengonsumsi daging ayam sebanyak 2kg/ minggu. Lalu kemudian harga daging ayam naik menjadi Rp Rp 35.000/kg. Pada harga yang naik Rp 10.000 ini kita hanya mampu mengonsumsi daging sebanyak 1,5 kg/ minggu. Nah daging yang kita beli untuk di konsumsi inilah yang disebut dengan jumlah permintaan yang sifatnya menurun apabila harga naik.

Hukum Penawaran
Jika pada hukum permintaan, jumlah yang diminta itu dilihat dari kacamata konsumen atau pembeli, lain halnya dengan hukum penawaran. Hukum penawaran berbunyi “ Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan mengalami kenaikan”. Di hukum penawaran, jumlah barang yang ditawarkan ini didasarkan dari kacamata produsen. Artinya, ketika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen akan meningkat, dan jika harga barang turun maka jumlah yang ditawarkan juga turun

Contohnya
Implementasi dari hukum penawaran ini contohnya, harga daging biasanya adalah Rp 25.000/ kg, saat menjelang hari raya, daging ini harganya naik menjadi Rp 40.000/kg. Pada saau seperti ini produsen justru akan menyetok persediaan daging. Karena jika menjual banyak, maka untung atau laba yang didapatkan juga lebih maksimal.
(monica , 2016)



ESTIMASI SISTEM PERMINTAAN DAN PENAWARAN DAGING SAPI DI PROVINSI LAMPUNG.


Meningkatnya pendapatan perkapita dari masyarakat indonesia akan menyebabkan permintaan daging sapi secara umum baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
(jurnal, Atien Priyanti, 1997)
Baca lebih lanjut :

3. kesimpulan
PERMINTAAN :“Semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang diminta atau dijual dan sebaliknya.

PENAWARAN : “jika harga naik, maka jumlah yang ditawarkan juga naik dan sebaliknya”.

DAFTAR PUSTAKA
Rahardja,Prathama.,dan Manurung,Mandala.2008.pengantar ilmu ekonomi.Jakarta: Lembaga penerbit fakultas ekonomi universitas Indonesia.

Godam.2017.pengertian permintaan dan penawaran hukum faktor yang mempengaruhi.http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-permintaan-dan-penawaran-hukum-faktor-yang-mempengaruhi.html. (diakses 13 maret 2017)

Latipah.2013.mekanisme pasar permintaan dan penawaran.https://latipahrabbani3103.wordpress.com/2013/12/14/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran/. (diakses 13 maret 2017)

Monica.2016.jelaskan hukum permintaan dan penawaran.http://gurupintar.com/threads/jelaskan-hukum-permintaan-dan-penawaran-beserta-contohnya.1194/ (diakses 13 maret 2017-)

Atien,Priyanti.september 1997, “Estimasi sistem permintaan dan penawaran daging sapi di provinsi lampung”, http://oaji.net/articles/2015/1610-1424137524.pdf.  (13 maret 2017)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.