.

Jumat, 06 Juli 2018

SIKLUS EKONOMI



LESTARI FEBRINA TANJUNG 
41617010048

Abstrak
Suatu siklus dalam perkerjaan ekonomi mencerminkan fluktuasi (gerak menaik dan menurun) selakuala, menurut, bergelombang pada kegiatan redovisning dalam kehidupan masyarakat. Fluktuasi serupa itu terjadi selakuala, menurut,
berulang dalam suatu jangka waktu tertentu. Suatu siklus juga mempunyai durasi beserta faktor yang mempengaruhi durasi tersebut.
Kata kunci
Siklus ekonomi, durasi siklus , dan faktor yang mempengaruhi siklus ekonomi
1.      PENDAHULUAN
Siklus ekonomi secara teratur terus berulang dalam pengembangan ekonomi pasar. Kecenderungan keseluruhan pertumbuhan ekonomi disertai dengan fluktuasi periodik dalam kegiatan ekonomi. Alternatif kontraksi dan ekspansi produksi, mengurangi investasi, dan meningkatkan tingkat pendapatan, pekerjaan, harga, suku bunga, tingkat efek. Pengertian tentang teori siklus ekonomi sangat relevan dalam rangka pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi yang menyangkut kebijakan negara untuk melakukan perubahan struktural dalam tata susunan ekonomi masyarakat yang memakan usaha jangka panjang untuk masa waktu beberapa generasi. Siklus bisnis (Bussiness Cycle) atau juga dikenal dengan siklus ekonomi (Economic Cycle) adalah pola jangka panjang pertumbuhan (ekspansi) dan resesi (kontraksi ekonomi).

2.      RUMUSAN MASALAH                       
·         Apa saja durasi siklus ekonomi ?
·         Apa saja faktor yang mempengaruhi durasi siklus ekonomi ?

3.      PEMBAHASAN
Siklus bisnis ekonomi adalah fluktuasi pertumbuhasan ekonomi disekitar trendnya yang meliiputi masa depresi, recovery, boom, dan resesi. Suatu siklus dalam perkerjaan ekonomi mencerminkan fluktuasi (gerak menaik dan menurun). Siklus ekonomi adalah fluktuasi redovisning yang melanda produksi lokal, pendapatan, kesempatan kerja, yang biasanya berlangsung selama 2 sampai 10 th, yang ditandai dengan adanya kontraksi dan ekspansi di semua sektor ekonomi.
Suatu siklus dalam perkerjaan ekonomi mencerminkan fluktuasi (gerak menaik dan menurun) selakuala, menurut, bergelombang pada kegiatan redovisning dalam kehidupan masyarakat. Fluktuasi serupa itu terjadi selakuala, menurut, berulang dalam suatu jangka waktu tertentu. Secara publik dapat dikatakan bahwa siklus kegiatan ekonomi terulang sebagaiselaku, ala, menurut, periodic, akan tetapi gak mutlak perlu bersifat frequent; artinya, jangka waktu tersebut dalam masing-masing siklus gak harus selalu sama lamanya.
            Waktu yang dibutuhkan dalam pergerakan satu siklus telah lama menjadi pengamatan para ahli ekonomi. Mereka menemukan beberapa variasi siklus.
a.      Siklus jangka pendek (Kitchin Cycle)
Durasi siklus jangka pendek sekitar 40 bulan. Pola siklus ini ditemukan oleh Joseph Kitchin (1923). Itulah sebabnya siklus ini dinamakan siklus Kitchin (Kitchin cycle).
Faktor–faktor yang diduga mempengaruhi siklus jangka pendek adalah pengaruh alamiah dan adat – istiadat atau kebiasaan.
b.      Siklus jangka menengah (Juglar Cycle)
Durasi siklus jangka menengah adalah berkisar 7-11 tahun. Pola siklus ini pertama kali ditemukan oleh Clement Jugalar (1860)
c.       Siklus jangka panjang (Kondratief Cycle)
Pola siklus jangka panjang pertama kali ditemukan oleh Nikolai D. Kondratief (1925).
Durasi siklusnya berkisar 48-60 tahun. Kadang-kadang mereka disebut dengan nama-nama penelitimereka.
Siklus Investasi (7-11 tahun) yang dipelajari oleh Clement Juglar;
•Siklus investasi Infrastruktur (15-25 tahun) yang dipelajari oleh Simon Kuznets;
•Seri Kondratieff (45-60 tahun) yang digambarkan oleh ekonom Rusia Nikolai Kondratiev;
•Siklus Forrester (200 tahun) dijelaskan oleh insinyur Amerika Jay Forrester.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2013. Pengertian faktor dan elelmen siklus ekonomi Indonesia menurut pengamat ekonomi. Dosenpendidikan.com. dalam
Diakses, 14 Juli 2013
Yanis. Apri 2014. Siklus ekonomi. Blogspot.com. dalam
Diakses, 07 Januari 2014
Ayu. Azizah 2010. Siklus ekonomi. Wordpress.com. dalam
Diakses, 3 April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.