.

Sabtu, 03 Maret 2018

Problem Kemiskinan di Maluku




Oleh : Alvian Fuadi
Kode Peserta : @C05-Alvian

ABSTRAK
Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia bagian Timur yang mengalami perlambatan kemajuan. Maluku merupakan daerah yang punya potensi besar untuk maju dan berkembang.
Hal itu terhambat karena daerah Maluku agak sulit di jangkau dan biaya transportasi untuk menuju kesana terbilang tidak murah. Maka dari itu banyak hal yang membuat Maluku mengalami hambatan untuk maju dan berkembang. Salah satu hal yang mendasari hambatan untuk maju di daerah provinsi Maluku adalah kemiskinan. Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.
PENDAHULUAN
TANTANGAN terberat Provinsi Maluku saat ini ialah menekan dan menurunkan angka kemiskinan. Saat ini angka kemiskinan di Maluku menempati posisi keempat di Indonesia. “Kami harapkan sebelum masa jabatan kami sebagai gubernur dan wakil gubernur berakhir, tingkat kemiskinan bisa turun,” kata Wakil Gubernur Maluku, Sahuburua, saat membuka Rakor Penanggulangan Kemiskinan di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Rabu (18/10). Menurut dia, dalam dua tahun ini tingkat kemiskinan sudah sedikit menurun. “Penurunannya tidak begitu berarti, Kami harapkan akhir 2017 tingkat kemiskinan bisa berubah. APBD 2018 yang akan naik Rp3 triliun ini bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Maluku,” harapnya.
PERMASALAHAN

Presiden Joko widodo (Jokowi) menyatakan, Maluku merupakan salah satu provinsi kepulauan yang memiliki banyak tantangan yang khusus, salah satunya soal konektivitas. Tantangan tersebut berbeda dibandingkan yang provinsi-provinsi yang lain, yang sebagian besar wilayahnya merupakan daratan.  "Tantangan utama yang pasti dihadapi adalah soal konektivitas, baik konektivitas yang menghubungkan antar wilayah dalam satu pulau maupun kolektivitas dari satu pulau ke pulau yang lainnya maupun konektivitas antar Maluku dengan provinsi lain di tanah air," ujar dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Menurut Jokowi, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian pemerintah. Pertama, menyelesaikan masalah konektivitas dengan percepatan pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan, jembatan, pelabuhan sampai dengan bandara. Kedua, sebagai provinsi kepulauan, pemerintah pusat ingin sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi motor penggerak kebutuhan ekonomi. Selain itu, Jokowi juga menyoroti pembenahan dalam hal kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal di Maluku. Hal ini diharapkan bisa mendukung pengembangan sektor energi melalui pembangunan Blok Masela.
Hal ini juga dibicarakan di dalam Rakor yang dipimpin oleh wakil gubernur Maluku Zeth Sahuburua, yang dihadiri wakil bupati se-Provinsi Maluku dan Kepala Bappeda Maluku, Anthonius Sihaloho. Rakor berlangsung di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Rabu (18/10).
Dalam Rakor itu terungkap enam faktor utama penyebab kemiskinan di Maluku. Dari paparan para Wabup yang hadir, disimpulkan kondisi georgafis Maluku, kualitas SDM belum memadai, infrastruktur terbatas, dana terbatas, pemberdayaan ekonomi lokal belum memadai serta aksebilitas terbatas menjadi faktor utama langgengnya kemiskinan di Maluku.

KESIMPULAN
Menurut pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi problema terbesar dari kemiskinan di daerah Maluku yaitu kurangnya fasilitas yang memadai terutama di daerah pelosok Maluku. Lalu sulitnya transportasi untuk menjangkau daerah kepulauan Maluku, sehingga untuk menjangkau daerah itu seseorangt harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Kemudian kualitas SDM disana juga kurang memadai dikarenakan masih rendahnya minat anak untuk sekolah atau orang tua yang secara ekonomi saja sudah tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya. Ya mungkin itu saja yang bisa saya simpulkan.

DAFTAR PUSTAKA :
-          Kabar Timur Online.2017.Penyebab kemiskinan di Maluku. Dalam http://www.kabartimur.co.id/detail/indeks/utama/13504-Ini-Penyebab-Utama-Kemiskinan-di-Maluku
-          Septian Deny.2017.Tantangan utama pemerintah kembangkan ekonomi di Maluku. Dalam http://bisnis.liputan6.com/read/2864473/ini-tantangan-utama-pemerintah-buat-kembangkan-ekonomi-maluku
-          Antara News.2010.Pemprov Maluku perlu kaji ulang penyebab kemiskinan. Dalam https://ambon.antaranews.com/berita/9941/pemprov-maluku-perlu-kaji-penyebab-kemiskinan
-          Maluku Berita.2018.Anggapan pendidikan tidak penting. Dalam http://www.maluku.berita24.com/2018/01/anggapan-pendidikan-tidak-penting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.