.

Sabtu, 03 Maret 2018

Ilmu Ekonomi


ILMU EKONOMI
@C03-Tasya
                                                                                                                                                 Disusun oleh Maytasya Fadhila

 ABSTRAK.
Kata ekonomi sendiri berasal dari kata Yunani "oikos" yang berarti keluarga, rumah tangga dan "nomos", yang berarti peraturan, aturan, hukum, dan secara garis besar diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.
Sementara ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Jadi di zaman yang sudah modern ini kita sudah harus mempelajari ilmu ekonomi karena ilmu itu merupakan potensi besar dalam memperbaiki lingkup ekonomi kita, dan bisa menciptakan kemakmuran agar tidak terjadi ketidakseimbangan antaran kebutuhan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

                PENDAHULUAN
Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

                RUMUSAN MASALAH
Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mempelajari ilmu ekonomi untuk individu dan untuk kehidupan bermasyarakat dan juga penggolongan ilmu ekonomi. Dan mengetahui perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro

                PEMBAHASAN
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumbersumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa
sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat.
  1. Menurut Prof . Paul . A . Samuelson Ilmu Ekonomi merupakan  suatu studi mengenai individu -individu dan masyarakat yang membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumberdaya terbatas – tetapi dapat digunakan dalam berbagaicara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
              2.       Menurut Sadono Sukirno  “Ilmu Ekonomi menganalisa biaya dan  keuntungan dan memperbaiki corak                                 penggunaan sumber.
              3.       Menurut Mankiw  “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang selalu terbatas dan                             langka”.

Manfaat mempelajari ilmu ekonomi
  1. Membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik
  2. Mengetahui lebih baik daripada tidak mengetahui
  3. Membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian
  4. Bersedia, waspada dan berjaga lebih baik dan aman daripada tidak sama sekali
  5. Memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi

Apa perbedaan ilmu ekonomi makro dan mikro?
Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari variabel ekonomi secara keseluruhan. Variabel ekonomi makro antara lain: pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja atau pengangguran, laju inflasi, jumlah uang yang beredar, ataupun neraca pembayaran internasional.
Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya seperti perusahaan, rumah tangga, dan sebagainya. Dalam ekonomi mikro dipelajari tentang bagaimana individu tersebut dalam menggunakan sumber daya yang telah dimilikinya sehingga akan tercapai tingkat kepuasan secara optimum. Secara teori, tiap-tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimum bersama dengan individu yang lain akan menciptakan terjadinya keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus.

Daftar Pustaka:
Diakses pada 03 Maret 2018 pukul 13.15
Diakses pada 03 Maret 2018 pukul 13.20
Diakses pada 03 Maret 2018 pukul 13.23
Diakses pada 03 Maret 2018 pukul 13.25
Diaksea pada 04 Maret 2018 pukul 13.30


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.