.

Minggu, 25 Maret 2018

Biaya Produksi Jangka Pendek dan Jangka Panjang


 












@Proyek-04, @C18-Devi
Oleh : Devi Y. Naibaho
Abstrak
            Di dalam faktor- faktor produksi yang digunakan dan untuk masing-masing faktor produksi tersebut beberapa jumlah yang akan di gunakan dan untuk memecahkan persoalan ini ada aspek yang harus di pikirkan. Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang jangka waktu dimana sebagian faktor produksi tidak dapat di tambah jumlahnya dan dimana semua faktor produksi dapat mengalami perubahan.

Kata Kunci : Biaya Produksi, Teori Biaya Produksi

Pendahuluan
Untuk mengembangkan prinsip-prinsip minimisasi biaya (dan output maksimalisasi) ketika lebih dari satu input variabel. Analisis produksi yang ditetapkan yang dianggap jangka panjang jika modal dan tenaga kerja adalah satu-satunya input perusahaan mempekerjakan bukan input tetap. Dalam jangka pendek, ketika dua atau lebih input variabel pilihan ekonomis efisien input variabel juga ditentukan dengan menggunakan yang sama, teknik analitis yang dilakukan.

Permasalahan
1.      Apa itu Biaya Produksi ?
2.      Apa itu Teori Biaya Produksi menurut Jangka Waktunya ?
3.      Apa saja Teori-teori Biaya Produksi dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang ?

Pembahasan
A.     Biaya Produksi
Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut.
Biaya dalam pengertian Ekonomi ialah semua “ beban “ yang harus ditanggung untuk menyediakan suatu barang agar siap dipakai oleh konsumen.

B.     Teori Biaya Produksi Menurut Jangka Waktu
Teori Biaya produksi menurut jangka waktunya, dibedakan menjadi 2 yakni:
1.    Jangka Waktu Pendek
Dalam jangka pendek perusahan adalah jangka waktu di mana sebagian faktor produksi tidak dapat di tambah jumlahnya.
2.  Jangka Waktu Panjang
Jangka waktu panjang merupakan segala faktor produksi yang masih dapat berubah – ubah. Jadi dalam jangka panjang perusahaan dapat menambah semua faktor froduksi atau infut yang akan digunakannya.

C.     Teori- Teori Biaya Produksi dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang
                                I.            Teori-teori Biaya Produksi dalam Jangka Pendek
a.    Biaya Total dan Jenis-jenis Biaya Total 
-       Biaya total (Total Cost/TC) yaitu biaya yang meliputi keseluruhan jumlah biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendanai aktivitas produksi.
TC=TFC+TVC
-       Biaya tetap total (Total Vixed Cost/TFC) yaitu biaya yang meliputi perbelanjaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi yang tetap jumlahnya. Contoh: biaya telepon dan Biaya Pemeliharaan Bangunan.
TFC = TC-TVC
-       Biaya berubah total (Total Variabel Cost/TVC) yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam faktor produksi dan bersifat Variabel atau dapat berubah – ubah sesuai dengan hasil produksi yang akan dihasilkan. Contoh : Biaya bahan baku , upah tenaga kerja, bahan bakar, dll.
TVC = TC-TFC
b.  Biaya Rata-rata Dan Marjinal     
-       Biaya tetap rata-rata (Average Fixed Cost/AFC) biaya tetap yang dibelanjakan untuk menghasilkan setiap unit produksi
-       Biaya berubah rata- rata (Average Variabel Cost/AVC) biaya variabel yang dibelanjakan untuk menghasilkan setiap unit produksi
-       Biaya total rata-rata (Average Cost/AC) keseluruhan biaya yang digunakan untuk menghasilkan setiap unit produksi.
-       Biaya Marginal (Marginal Cost / MC) Kenaikan biaya produksi yang dikeluarkan untuk menambah satu unit output.
MCn = TCn – TCn-1

                             II.            Teori-teori Biaya Produksi dalam Jangka Panjang
a.       Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan seluruh output dan bersifat Variabel.
Biaya total sama dengan perubahan biaya Variabel
LTC=∆LVC
b.      Biaya Marjinal jangka panjang 
Tambahan biaya karena menambah produksi sebanyak 1 unit. Perubahan biaya total sama dengan perubahan biaya variable. Maka,
LMC=∆LTC/∆Q
Dengan : LMC= Biaya marjinal jangka panjang (Long Run Marjinal Cost)
    ∆LTC= Perubahan Biaya Total jangka Panjang
    ∆Q= Perubahan Output
c.       Biaya Rata – rata 
Biaya total dibagi Jumlah Output
LRAC=LTC/Q
Dengan: LRAC = Biaya Rata – Rata Jangka panjang (Long Run Average Cost)
   Q = Jumlah output


Kesimpulan
Fungsi biaya jangka panjang memberikan yang paling efisien (biaya minimal) metode untuk memproduksi setiap tingkat output karena semua input variable, tapi sekali ukuran perusahaan tertentu yang dipilih dan perusahaan mulai memproduksi, perusahaan berada di jangka pendek.

Daftar Pustaka
Teori Biaya Produksi. Dalam https://student.uigm.ac.id/assets/file/Materi/TEORI_BIAYA_PRODUKSI3.pdf. (Diunduh 23 Maret 2018)

Ahmadi, Nanda. 2014. PRODUKSI DAN BIAYA DALAM JANGKA PANJANG. Dalam http://www.psda.web.id/2014/11/produksi-dan-biaya-dalam-jangka-panjang.html. (Diunduh 23 Maret 2018)

Setyaningrum, Rina Moestika dan Muhammad Fauzan Hamidy. 2008. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 8 No. 1 Maret 2008. Dalam https://id.scribd.com/doc/212407101/jurnal-biaya-produksi-pdf. (Diunduh 23 Maret 2018)

Xyza, Xerxes Xanthe. Teori Produksi dan TEORI BIAYA PRODUKSI. Dalam   https://id.scribd.com/document/52732407/Teori-Produksi-dan-TEORI-BIAYA-PRODUKSI. (Diunduh 23 Maret 2018)

Nurakbar, Ratna. 2014. Biaya Produksi. Dalam http://ratnairmanurakbar.blogspot.co.id/2014/12/biaya-produksi-ekonomi-makro.html. (Diunduh 23 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.