.

Selasa, 30 Mei 2017

Investasi


Investasi sering disebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal merupakan suatu komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat.
Tabungan dari sektor rumah tangga yang melalui institusi intitusi keuangan akan mengalir ke suatu sektor perusahaan. jika para pengusaha menggunakan uang tersebut untuk membeli barang-barang modal , pengeluaran tersebut dinamakan dengan investasi.
Pengertian investasi menurut ahli yaitu sebagai berikut:
  • Pengertian investasi menurut Haming dan Basalamah
    investasi ialah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah, mobil, dan lain-lain) atau juga aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi dimasa yang mendatang, selanjutnya dikatakan juga investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dan  dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang
  • Pengertian investasi menurut Mulyadi
    Investasi ialah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang
  • Pengertian investasi menurut Sadono Sukirno
    Investasi diartikan ialah sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.
  • Pengertian Investasi menurut James C Van Horn
    kegiatan yang dilangsungkan ialah dengan memanfaatkan kas pada sekarang ini, dengan tujuan untuk  mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang
  • Pengertian Investasi menurut Henry Simamora
    Investasi ialah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (misal pedapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain -lain ), untuk apresiasi nilai investasi, atau juga untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi,yang seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.
  • Pengertian Investasi menurut Fitz Gerald
    aktivitas ialah berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang. Barang modal tersebut kemudian akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang. Fitz Gerald juga kemudian mengungkapkan bahwa investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber untuk yang dipakai untuk mengadakan suatu barang. Dari modal itulah makan akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang
  • Pengertian investasi menurut Sunariyah
    Investasi ialah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk  mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.
Tujuan investasi sebagai berikut:
  • Mendapatkan penghasilan yang tetap dalam setiap periode. Misalnya seperti bunga, royalti, uang sewa, dan lain-lain yang dimana penghasilannya dapat digunakan untuk kebutuhan hidup.
  • Mendapatkan dana khusus, misalnya dana tersebut digunakan untuk keperluan sosial, memperluas usaha dan lain-lain.
  • Menjamin tersedianya bahan baku dan memperoleh pasar untuk menjual produk yang telah di produksi.
  • Mengontrol perusahaan, dengan cara melalui kepemilikan aset-aset perusahaan tersebut.
  • Mengurangi persaingan diantara perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.
  • Menjaga hubungan baik antara perusahaan maupun cabang perusahaan.
Manfaat investasi:
a. Dapat meningkatkan aset
Misalnya kamu menabung untuk masa depan merupakan salah satu cara yang tepat untuk berinvestasi. Atau kamu dapat membeli tanah saat ini untuk sebuah investasi, kemudian menjualnya di masa yang akan datang dengan nilai yang berkali-kali lipat dari harga saat membelinya, atau pada tanah tersebut bisa di bangun apartemen dan di sewakan atau di jual.
b. Dapat memenuhi kebutuhan hidup di masa depan
Tentunya kita tidak tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan di masa depan. Untuk mencapai target yang telah di rencanakan di masa yang akan datang misalnya kita ingin membeli rumah, kendaraan dan kebutuhan lainnya. Maka hal tersebut akan lebih cepat tercapai jika mulai melakukan mengumpulkan uang atau berinvestasi mulai dari saat ini.
Bukan hanya menabung di bank saja tapi kita juga dapat merencanakan masa depan seperti persiapan untuk pendidikan, kesehatan dan pensiun dari pekerjaan. Jadi jangan hanya berinvestasi pada satu bidang saja, tapi berinvestasilah pada bidang lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dari satu investasi, maka ada cadangan di investasi yang lainnya.
c. Hidup jadi lebih hemat
Investasi dapat membuat seseorang menjadi lebih hemat. Misalnya dengan cara menabung, orang akan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menabung dan hasil uang yang terkumpul dari menabung tersebut dapat dinikmati di masa yang akan datang atau jika di butuhkan. Bisa juga berinvestasi dalam bentuk asuransi, seseorang yang berinvestasi dengan cara asuransi harus membayar biaya asuransi setiap bulannya atau dalam jangka waktu tertentu, dan hasil dari investasi asuransi tersebut dapat dinikmati di masa yang akan datang. 
 d. Mencegah dari jeratan hutang
Seiring berkembangnya jaman maka banyak sekali kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, terutama mengenai kebutuhan akan gaya hidup. Pastinya setiap orang memiliki gaya hidupnya masing-masing, misalnya seperti keinginan untuk membeli barang-barang tertentu yang harganya tergolong relatif mahal. Mungkin saja karena ingin memenuhi gaya hidupnya orang tersebut memaksakan diri dan memutuskan untuk meminjam uang untuk memenuhi gaya hidupnya dan tentunya dia akan terjerat hutang. Maka dengan investasi kita dapat mencegah terjerat hutang, karena kita akan selalu memiliki komitmen yang kuat untuk menghindari jeratan hutang yaitu dengan cara gaya hidup hemat.
e. Menciptakan kebahagiaan bagi keluarga
Dengan berinvestasi secara tepat, maka kita dapat menciptakan kebahagiaan dalam keluarga, misalnya kesehatan hidup keluarga lebih terjamin dengan adanya asuransi, pendidikan anak lebih terjamin dan cadangan keuangan selalu ada jika diperlukan.

Investasi Jika Dilihat Dari Ruang Lingkup Usahanya
Jika dilihat dari ruang lingkup dalam melakukan usaha, investasi umumnya terbagi menjadi dua macam diantaranya:
a. Investasi aktiva nyata
Merupakan tindakan investasi dalam bentuk yang dapat dilihat secara fisik. Misalnya seperti membangun rumah, pabrik atau bisa juga dengan membeli emas, berlian dan lain-lain.
b. Investasi pada aktiva finansial
Merupakan tindakan investasi dengan bentuk surat-surat berharga. Misalnya seperti deposito, obligasi, saham dan lain-lain. Terdapat dua cara dalam berinvestasi terhadap aktiva finansial, diantaranya seperti:
1. Investasi langsung
Maksudnya dengan memiliki surat-surat berharga pemilik surat tersebut dapat menentukan jalannya kebijakan-kebijakan yang dapat berpengaruh terhadap investasi surat berharga yang dimilikinya, misalnya seperti pada Saham.
2. Investasi tidak langsung
Maksudnya pengelolaan surat-surat berharga diwakilkan oleh suatu lembaga atau suatu badan usaha yang dapat mengelola investasi para pemegang surat-surat berharga, dan sebisa mungkin berusaha untuk menghasilkan keuntungan yang dapat memberikan kepuasan terhadap pemegang surat-surat berharga.

 Investasi Jika Dilihat Dari Segi Kepastian Dalam Pendapatan Keuntungan
Jika dilihat dari segi kepastian dalam mendapatkan keuntungan, investasi di bagi menjadi beberapa macam, diantaranya:
a. Investasi bebas resiko
Yaitu jika berinvestasi seseorang tidak akan menanggung resiko yang bisa saja terjadi. Investasi bebas resiko diantaranya seperti tabungan, deposito dan obligasi.
b. Investasi beresiko
Yaitu jika berinvestasi seseorang akan menanggung resiko yang bisa saja terjadi. Investasi beresiko diantaranya seperti menanam saham, modal usaha dan lain-lain.
Tapi jika diperhatikan dan di amati, sebenarnya dalam berinvestasi tidak ada namanya investasi bebas Resiko. Investasi Bebas Resiko maksudnya nilai keuntungan yang di peroleh relatif terjamin dan jalannya investasi cukup aman. Tentunya resiko akan selalu ada dalam berinvestasi maka yang harus dilakukan adalah meminimalisir resiko tersebut. Karena investasi selalu dipengaruhi oleh faktor yang merujuk ke arah ketidakpastian.
1. Tabungan
Menyimpan sejumlah uang di bank yang dapat diambil dan dipergunakan di kemudian hari jika pemilik tabungan memerlukan. 
Keuntungan Tabungan
1. Dapat diambil kapan saja dan tidak memiliki risiko. 
2. Transaksinya mudah
Kerugian Tabungan
1. Uang dapat dengan mudah berkurang, karena dapat diambil kapan saja dengan mudah
2. bunga tabungan kecil. 


2. Deposito
Menyimpan uang untuk periode tertentu, bila belum jatuh tempo uang tidak dapat diambil atau akan mendapat penalti/ denda bila diambil sebelum waktunya.   Dendanya disesuaikan dengan kesepakatan yang telah diperjanjikan. 
Keuntungan Deposito
1. Risiko sangat rendah. 
2. Bunga yang dapat diterima lebih besar dibandingkan tabungan biasa. 
Kerugian Deposito
1. Keuntungan atau bunga yang diterima lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis investasi lain yang berhadapan langsung dengan risiko pasar. 


3. Reksadana
Reksadana merupakan tempat menghimpun dana secara kolektif. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi yang akan diinvestasikan pada jenis investasi lainnya. Bila mendapat keuntungan atau kerugian akan dibagi secara rata untuk para investor. Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai untuk berinvestasi. Jenis risikonya berbeda, tergantung jenis risiko yang dipilih. Jenisnya adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.   
Keuntungan Reksadana
1. Tidak perlu memiliki banyak pengetahuan, karena dikelola oleh Manajer Investasi.
2. Karena diinvestasikan ke banyak tempat, maka bila terjadi kerugian di satu tempat bisa tertolong tempat lain yang mungkin menghasilkan keuntungan. 
Kerugian Reksadana
1. Bagi sebagian orang, karena tidak dikelola sendiri sering tidak puas dengan hasilnya.
2. Keuntungan lebih sedikit dibandingkan saham dan ada biaya yang dikeluarkan untuk pengelolanya. 


4. Obligasi
Obligasi merupakan surat tanda bukti hutang, merupakan bukti bahwa kita memberikan hutang kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Pihak yang berhutang akan memberi bunga untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu pengembalian hutang lebih dari satu tahun. Obligasi yang paling aman adalah obligasi atau surat utang dari negara.   
Keuntungan Obligasi
1. Memberikan pendapatan tetap (fixed income) berupa kupon.
2. Keuntungan atas penjualan obligasi (capital gain).
3. Bunga lebih besar dibandingkan deposito. 
Kerugian Obligasi
1. Risiko perusahan tidak mampu membayar kupon obligasi maupun risiko perusahaan tidak mampu mengembalikan pokok obligasi.
2. Risiko Tingkat Suku Bunga (Interest Rate Risk).
3. Jangka waktu panjang (> 1 tahun), sehingga tidak dapat dicairkan bila diperlukan atau bila ingin berinvestasi lain. 
4. Bila pihak yang berhutang bangkrut, berarti tidak dapat mengembalikan hutangnya. 


5. Saham
Memiliki saham berarti Anda memiliki kepemilikan dalam suatu perusahaan. Uang yang kita tanamkan dijadikan sebagai modal untuk perusahaan tersebut. Perusahaan akan memberikan keuntungan yang diterima kepada para pemegang saham yang disebut sebagai deviden. Bila dinilai baik atau banyak orang yang berminat untuk membeli saham suatu perusahaan, harganya akan naik, sehingga bila Anda menjual sahamnya akan memperoleh keuntungan. Sebaliknya, bila perusahaan menderita kerugian, harga sahamnya dapat turun sehingga Anda dapat menderita kerugian. Saham ini dapat dibeli pada perusahaan sekuritas. Untuk tiap transaksi jual atau beli, Anda akan dikenakan biaya.   
Keuntungan Saham
1. Dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar bila harga saham naik. 
2. Dengan modal sedikit, dapat diperoleh hasil berkali-kali lipat. 
Kerugian Saham
1. Risiko kehilangan modal jika perusahaan bangkrut/ pailit
2. Risiko kehilangan juga terjadi ketika harga saham turun. 


6. Emas
Harga emas cenderung naik setiap tahun, itulah sebabnya banyak orang yang membeli emas kemudian menjualnya saat harganya naik. Bila hendak digunakan untuk investasi, emas yang dibeli hendaknya berupa logam mulia batangan atau koin daripada emas dalam bentuk perhiasan. Emas batangan atau koin tidak mengalami penyusutan atau ongkos pembuatan yang biasa dikenakan apabila kita menjual dalam bentuk perhiasan.   
Keuntungan Emas
1. Termasuk aset likuid atau aset yang mudah dijual. 
2. Tahan lama
3. Harga stabil, cenderung naik
Kerugian Emas
1. Emas tidak membuat pemiliknya bertambah kaya
2. Ada kemungkinan nilai emas anjlok
3. Tidak dapat memberikan penghasilan rutin


7. Properti
Sama seperti emas, harga properti yaitu rumah dan tanah cenderung akan naik. Dengan membeli properti, dan menjualnya di kemudian hari akan mendatangkan keuntungan karena harga jualnya sudah naik. Harga rumah akan cepat naik bila lokasinya strategis atau dekat dengan fasilitas umum, ini dapat menjadi pertimbangan saat akan memilih lokasi. Bila akan membeli rumah di perumahan yang belum atau masih dibangun, pastikan pengembang dapat dipercaya dan adanya perjanjian yang jelas, karena ada beberapa kasus, setelah kita membayar, pembangunan rumah tidak dilanjutkan yang mengakibatkan kerugian.   
Keuntungan Properti
1. Risiko kecil 
2. Dapat disewakan sehingga dapat memberi penghasilan tambahan. 
Kerugian Properti
1. Membutuhkan modal yang besar untuk membeli rumah atau tanah. 
2. Properti bukan aset yang likuid karena tidak mudah untuk menjualnya bila suatu saat membutuhkan uang.

Daftar pustaka
Setiawan, parta. 2015. 10 Pengertian dan Definisi Menurut Para Ahli Ekonomi. http://www.gurupendidikan.com/10-pengertian-dan-devinisi-investasi-menurut-ahli-ekonomi/
N, sora. 2016. Pengertian Investasi dan Tujuannya Dilengkapi Jenis Umumnya. http://www.pengertianku.net/2016/12/pengertian-investasi-dan-tujuannya-dilengkapi-jenisnya.html

Pintar, Sekolah. 2015. 7 Investasi Beserta Keuntungan dan Kerugiannya. http://sekolahpintar.com/blog/7-jenis-investasi-beserta-keuntungan-dan-kerugiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.