.

Senin, 22 Mei 2017

Faktor Yang Mempengaruhi Investasi

@A23-Eva
Oleh : Eva Nindita

Apa itu investasi? Seperti yang dikutip dalam wikipedia, Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.
Investasi banyak dilakukan oleh orang yang ingin memiliki tabungan yang sewaktu-wakru bisa diambil ketika membutuhkan dan yang melakukan kegiatan investasi tersebut dinamakan investor. Faktor penentu investasi sangat bergantung pada situasi mendatang sehingga sulit diramalkan. Oleh karena itu, investasi mudah berubah sesuai dengan iklim ekonomi saat itu juga. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi investasi.

1. Tingkat Pengembalian yang Diharapkan (Expected Rate of Return)
Faktor ini sangat dipengaruhi oleh kondisi internal maupun eksternal perusahaan. Kondisi internal adalah tingkat efisiensi pada proses produksi dan distribusi, kualitas sumber daya manusia, maupun tingkat teknologi yang digunakan. Adapun kondisi eksternal adalah perkiraan tingkat produksi, pertumbuhan ekonomi domestik maupun internasional dan kebijakan pemerintah.
2. Tingkat Bunga
Faktor utama yang menentukan biaya investasi adalah tingkat bunga pinjaman. Semakin tinggi tingkat bunga pinjaman maka biaya investasi semakin mahal.
3. Ketersediaan Faktor-Faktor Produksi
Berbicara tentang produksi tidak lepas dari faktor produksi yang digunakan. Ketersediaan faktor produksi yang banyak dan mudah didapat akan menarik minat berinvestasi.
4. Peluang Pasar
Suatu keputusan investasi tidak akan menguntungkan apabila tidak memiliki pasar. Semakin besar pasar bagi hasil produksi maka investasi akan semakin menguntungkan.
5. Iklim Usaha yang Kondusif
Kebijakan pemerintah pusat maupun daerah yang mendukung iklim investasi akan menarik minat investor.
6. Terjaminnya Keamanan dan Stabilitas Politik          
Suatu daerah atau negara yang sering terjadi konflik atau kerusuhan, akan mengurangi minat investor. Pelaku investasi tidak mau berisiko terhadap keamanan aset usahanya apabila pemerintah maupun masyarakat tidak menjaga keamanan.
7. Pengaruh tingkat inflasi
Inflasi adalah harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadinya penurunan nilai uang dalam negeri. Hal ini sangat merugikan para investor yang melakukan investasi karena akan mengurangi rata-rata masa jatuh pinjam modal. Selain itu juga akan meningkatkan resiko proyek investasi.
8. Pengaruh nilai tukar
Nilai tukar mata uang domestik akan sangat mempengaruhi investasi. Dari segi permintaan, penurunan tingkat nilai tukar mata uang domestik akan mengurangi investasi. Namun, nilai tukar mata uang domestik akan mendorong perluasan investasi pada barang barang perdagangan jika dari sisi penawaran.
9. Pengaruh infrastruktur
Keadaan infrastruktur dapat mengundang para investor untuk menanamkan modalnya. Banyak negara yang mengundang para investor untuk menanamkan modalnya pada sektor sarana dan prasarana atau infrastruktur.
10. Pengeluaran pemerintah
Pengeluaran pemerintah ini berupa pembelian barang dan jasa oleh pemerintah daerah. Pemerintah diperlukan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian.

Muhammad Chatib Basri mengatakan ada tiga faktor yang akan mendorong pertumbuhan investasi pada tahun 2013 (tempo.co). Menurut dia, ada dua faktor pendorong dan satu faktor penarik investasi. Yang dimaksud faktor pendorong adalah pendorong masuknya investasi ke Indonesia sedangkan faktor penarik investasi adalah meningkatnya tingkat daya beli domestik masyarakat Indonesia.

Kesimpulannya, Investasi atau penanaman modal memang banyak peminatnya karena dapat dijadikan harta jaga-jaga di masa mendatang tentunya dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Semua orang yang memiliki kemampuan untuk membeli dan menjual efek bisa menjadi investor.

Daftar pustaka :
AC. 2017. Sebutkan dan jelaskan faktor faktor yang mempengaruhi investasi. http://www.astalog.com/7486/sebutkan-dan-jelaskan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-investasi.htm (Diakses pada 22 Mei 2017)
BI. 2017. Faktor yang mempengaruhi investasi. http://belajarinvestasi.my.id/faktor-yang-mempengaruhi-investasi/  (dikses pada 22 mei 2017)
Gulanda S, Amar S, dan Aimon H. 2013. Vol 2 No 3. Analisis faktor faktor yang mempengaruhi perekonomian, konsumsi dan investasi di Sumatera Barat. Diambil dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=100758

Noviansyah A. 2012. Ada 3 faktor pendorong investasi 2013. https://m.tempo.co/read/news/2012/08/21/090424720/ada-3-faktor-pendorong-investasi-2013  (diakses pada 22 Mei 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.