.

Selasa, 11 April 2017

Mengenal Pasar Oligopoli

Mengenal Pasar Oligopoli
Oleh : Dimas Abiamnyu
Abstrak
Dari berbagai jenis pasar, terdapat satu pasar yang disebut dengan pasar oligopoly, pasar oligopoli merupakan pasar dengan sedikit perusahaan yang berperan di dalamnya. Produk yang ada di pasar ini adalah homogen atau terdefferensiasi,  karena sedikit perusahaan yang berperan maka perilaku setiap perusahaan akan menentukan atau mempengaruhi perilaku perusahaan lainnya.
            Kata Kunci ; Pasar, Pasar oligopoly.
Pendahuluan
Di Era MEA(Masyarak Ekonomi  Asean) maka persaingan di sektor ekonomi akan semakin ketat, selain itu ada pula pasar bebas yang akan membuat produk-produk dari luar negeri akan mudah masuk ke negara Indonesia. Dari faktor tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perlunya mengetahui unsure-unsur yang berkaitan dengan ekonomi. Unsur yang vital salah satunya pasar, dalam pasar terdapat beberapa bentuk yang diantaranya adalah Pasar Oligopoli.
Pembahasan
·         Pengertian.
Menurut Mardajie “Pasar Oligopoli merupakan  pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan”. Produk yang ada di pasar ini adalah homogen atau terdiferensiasi. Perilaku setiap perusahaan akan mempengaruhi perilaku perusahaan lainnya dikarenakan perusahaan yang berperan disini hanya sedikit.
·         Karakteristik Pasar Oligopoli.
1.      Hanya Sedikit Perusahaan Dalam Industri (Few Number of Firms)
Secara teoristis sulit sekali untuk menetapkan berapa jumlah perusahaan di dalam pasar, agar dapat dikatakan oligopoli. Namun untuk dasar analisis biasanya jumlah perusahaan diasumsikan kurang dari sepuluh. Dalam kasus tertentu hanya terdapat dua perusahaan (duopoli). 
2.       Produk Homogen atau Terdiferensiasi (Homogen or Diferentiated Product)
Dilihat dari sifat output yang dihasilkan, pasar oligopoli merupakan peralihan antara persaingan sempurna dengan monopoli. dalam pasar oligopoli bentuk persaingan antar perusahaan adalah persaingan harga (pricing strategy) dan non harga (non pricing strategy). Contoh pasar oligopoli yang menghasilkan produk diferensiasi adalah industri mobil, rokok, film kamera. Sedangkan yang menghasilkan produk homogen adalah industri baja, pipa, paralon, seng dan kertas.
3.      Pengambilan Keputusan Yang Saling Mempengaruhi    (Interdependence Decisions).
Keputusan perusahaan dalam menentukan harga dan jumlah output akan mempengaruhi perusahaan lainnya, baik yang sudah ada (existing firms) maupun yang masih di luar industri (potensial firms).
4.      Kompetensi Non Harga  (Non Pricing Competition).
Dalam upayanya mencapai kondisi optimal, perusahaan tidak hanya bersaing dalam harga, namun juga non harga. Adapun bentuk-bentuk kompetisi non harga antara lain dapat berupa sebagai berikut :
1) Pelayanan purna jual serta iklan untuk memberikan informasi
2) Membentuk citra yang baik terhadap perusahaan dan merek
3) Mempengaruhi perilaku konsumen
·          Faktor-faktor yang menyebabkan terbentuknya pasar oligopoli.
Pasar oligopoli merupakan pasar yang dibentuk oleh beberapa faktor. Seperti yang disampaikan Mardajie, Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut.
1.      Efisiensi Skala Besar
Dalam dunia nyata, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri mobil, semen, kertas, pupuk dan peralatan mesin umumnya berstruktur oligopoli. Teknologi padat modal (capital intensive) yang dibutuhkan dalam proses produksi menyebabkan efisiensi (biaya rata-rata minimum) baru tercapai bila output diproduksi dalam skala sangat besar.
1.      Kompleksitas Manajemen
Berbeda dengan tiga struktur pasar lainnya (persaingan sempurna, monopoli, dan persaingan monopolistik), struktur pasar oligopoli ditandai dengan kompetisi harga dan non harga. Karena itu dalam industri oligopoli, kemampuan keuangan yang besar saja tidak cukup sebagai modal untuk bertahan dalam industri. Perusahaan juga harus memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik agar mampu bertahan dalam struktur industri yang persaingannya begitu kompleks.
·         Model Oligopoli.
1.      Model Permintaan yang patah (Kinked Demand Model).
Model ini dikembangkan oleh P.M. Sweezy (1939). Sweezy beranggapan bahwa kalau ada produsen dalam pasar oligopoli yang berusaha menaikkan harga maka ia akan kehilangan langganan karena tak ada produsen lainnya yang bersedia menaikkan harga. Namun sebaliknya, produsen dalam pasar oligopoli tidak dapat memperluas pasar dengan menurunkan harga sebab para pesaing akan menurunkan harga dengan tingkat yang lebih rendah lagi. Akibatnya terjadilah perang harga.
2.      Model Cournot.
Model Cournot yang disebut juga duopoli dikembangkan oleh Augustin Cournot seorang ahli ekonomi berkebangsaan Perancis pada tahun 1838. Asumsi utama dari model ini adalah bahwa jika perusahaan telah menentukan tingkat produksinya, ,aka perusahaan tersebut tidak akan mengubahnya. Atas dasar asumsi inilah perusahaan pesaingnya akan menentukan tingkat produksinya.
3.      Model steckelberg.
Dalam model Stackelberg diasumsikan bahwa di pasar terdapat dua perusahaan, satu bertindak sebagai pemimpin (leader firm) dan satu perusahaan berlaku sebagai pengikut (follower). Perusahaan yang bertindak sebagai pemimpin mempunyai kewenangan untuk menentukan jumlah output yang akan dihasilkan untuk memperoleh keuntungan maksimum.
4.      Model Perusahaan Dominan (The Dominant Firm Model)
Model perusahaan dominan adalah pengembangan lebih lanjut dari model Stackelberg. Dalam model ini juga terdapat perusahaan dominan yang bertindak selaku pemimpin dasar serta perusahaan-perusahaan lain sebagai pengikut. Perbedaannya adalah bahwa perusahaan-perusahaan pengikut tidak bereaksi mengikuti model Cournut, melainkan mereka bereaksi seolah-olah mereka berada dalam pasar yang bersaing sempurna. 
·         Model-model Pasar Oligopoli.
Berdasarkan produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoly)
Jenis ini merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral.
b. Pasar Oligopoli dengan Pembedaan (Differentiated Oligopoly)
Pasar ini merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha dan Suzuki.
·         Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli.
Seperti yang disampaikan smanepus.sch.id, pasar oligopoli memiliki kelemahan dan juga kelebihan yaitu
a.       Kelebihan.
1.      Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi.
2.      Persaingan diantara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan juga kualitas barang.
3.      Adanya penerapan teknologi baru.
b.      Kelemahan.
1.      Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar.
2.      Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya.
3.      Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkin perusahaan memproduksi barang yang sejenis.
4.      Bisa mengarah kearah pasar monopoli.

·         Daftar Pustaka.
Raharja. P dan M. Manurung 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi LPFEUI. Jakarta







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.