.

Senin, 28 Maret 2016

Pasar Persaingan Sempurna


Pengertian pasar persaingan sempurna
Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa.
Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
beberapa karakteristik agar sebuh pasar dapat dikatakan persaingan sempurna:
·         semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)
·         produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna( perfect knowledge)
·         output sebuah perusahaan relatife kecil dibanding output pasar  (small relatively output)
·         perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
·         semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit) 

a.       Homogenitas Produk (Homogeneous Product )
                        produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepadakonsumen tanpa          perlu mengetahui siapa produsennya.
b.      Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
                        para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki             pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.
c.       Output Perusasaan Relatif Kecil (Small RelativelOutput)
                        perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata   terendah), kendati pun demikian jumlah output setiap perusahaan           secara individu dianggap relatife kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam             industri.
d.      Perusahaan Menerima Harga %ang &itentukan Pasar (Price Taker)
                        perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga         yang ditetapkan pasar (price taker). secara individu perusahaan tidak         mampu mempengaruhi harga pasar.
e.       Keleluasaan Masuk - Keluar Pasar (Free Entry and Exit )
                        dalam pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya             tidak  terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan factor prod            uksi
Permintaan dan Penerimaan dalam Pasar Persaingan Sempurna 
a. Permintaan
 diagram 8.1.a tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan penawaran.
diagram 8.1.b Jumlah output perusahaan relatif sangat kecil dibanding output pasar, maka berapa pun yang dijual perusahaan, harga relatif tidak berubah.
b. Penerimaan
 diagram 8.2.a kurva permintaan (D) sama dengan kurva penerimaan rata-rata (AR) sama dengan kurva penerimaan marjinal (MR) dan sama dengan harga(P) 

diagram 8.2.b kurva penerimaaan total berbentuk garis lurus dengan sudut kemiringan positif, bergerak mulai dari titik (1,1).

Penawaran  Perusahaan dalam Pasar Persaingan Sempurna
a.       Kurva penawaran jangka pendek
b.      Kurva penawaran jangka panjang
1)      Industry skala biaya konstan
2)      Industry skala biaya menaik
3)      Industry skala biaya menurun

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna.
- Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpembeli.
- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
- Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.
- Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
- Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.
Kelemahan pasar persaingan sempurna
1)      Kelemahan dalam hal asumsi
2)      Kelemahan dalam pengembangan teknologi
3)      Knflik efisiensi-keadilan

Daftar pustaka:
Prathama, Mandala. Makroekonomi dan Mikroekonomi (edisi ketiga). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2008.
Daftar link:
http://

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.