.

Selasa, 29 Maret 2016

Memahami Konsep Pasar

PASAR MONOPOLI




Ø 
 Pasar Monopoli

   Pasar monopoli adalah kondisi dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu da nada hambatan bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.



Ø Faktor –faktor penyebab terbentuknya pasar monopli



·        Adanya Teknik teknologi yg semakin berkembang

·        Persaingan modal yg tinggi

·        Peraturan pemerintah/undang undang

·        Banyaknya saingan produk yg dikeluarkan




Ø Ciri-ciri pasar monopoli



·        Pasar monopoli adalah industry satu perusahaan yg berarti bahwa barang barang atau jasa yg dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain.

Kemudian para pembeli tidak punya pilihan lain,kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli langsung dari perusahaan tersebut,mereka juga tidak dapat berbuat apapun didalam menentukan syarat jual beli.



·        Tidak mempunyai barang penganti yang “Mirip”

·        Menguasai penentuan harga,karena perusahaan monopoli merupakan satu satunya penjual pasar,maka penetuan harga harus dikuasai



Ø Penentapan suatu harga pasar monopoli


Monopoli terjadi karena perusahaan perusahaan lain menggangap tidak menguntungkan untuk masuk pasar,atau memang terhalang(dihalang-halangi) masuk pasar halangan pasar biasa disebut sebagai Barriers to entery.

 Halangan masuk pasar dibedakan atas dua jenis,yaitu :



1.     Alasan Teknis ( technical barriers to entery)

Ditinjau dari segi teknis,memang ada perusahaan yang bersifat memasuki suatu pasar tetapi terhambat secara teknis.biasanya produksi untuk barang yang bersangkutan mencirikan biaya marjinal yang semakin menurun,karena modal yang dibutuhkan untuk menghasilkan jenis produk ini biasanya sangat besar.

2.     Karena alas an hokum/undang undang (legal barriers to entery)

Kebanyakkan monopoli murni tercipta karena alas an hokum atau undang undang,bukan karena alasan ekonomi,banyak monopoli yang diizinkan (dilindungi) dengan paten.secara umum halangan masuk pasar monopoli bias dibedakan antara halangan yang bersifat eksternal dan internal



Ø Laba monopoli 


Laba ini selalu positif sepanjang harga pasar lebih besar dari biasanya rata-rata,karena dalam pasar monopoli tidak ada perubahan yang keluar atau masuk pasar,maka laba monopoli ini bias diperoleh tidak hanya  dalam jangka pendek,tapi juga dalam jangka panjang,laba monopoli yang diterima dalam jangka panjang ini beberapa pakar ekonomi menyebutnya sebagai sewa monopoli(monopoly rents),yaitu jumlah pengembalian terhadap factor yang memungkinkan adanya monopoli tersebut.





SUMBER



https://www.google.com/search?q=pasar+monopoli.pdf&ie=utf-8&oe=utf-8










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.