.

Selasa, 08 Maret 2016

Barang Ekonomis dan Bebas

Apa itu barang?

Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan.
Dalam makroekonomi dan akuntansi, suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.

Barang Menurut Cara Memperolehnya

Berdasarkan sifat atau langka tidaknya, barang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu barang ekonomis dan barang bebas.

a. Barang ekonomis, adalah barang yang jumlahnya terbatas bila dibandingkan dengan kebutuhan manusia, sehingga untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan, baik tenaga maupun uang. Misalnya makanan, minuman, pakaian, rumah, beras, buku, dan air mineral yang semuanya harus kamu dapatkan dengan melakukan pengorbanan. Pengorbananitu misalnya kamu harus membayar dengan sejumlah harga.

b. Barang bebas, adalah barang yang tersedia dan tidak terbatas jumlahnya, sehingga untuk memperolehnya tanpa mengeluarkan pengorbanan. Misalnya air, udara, sinar matahari, angin, air laut di daerah pantai dan hujan yang dapat kamu peroleh tanpa melakukan pengorbanan.

Sumber:
Prathama, Mandala. Makroekonomi dan Mikroekonomi (edisi ketiga). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2008.
http://www.akuntanesia.com/2010/10/tugas-pengantar-ekonomi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Barang
http://www.akuntt.com/2013/03/jenis-jenis-barang-ekonomi.html
http://www.mediapusat.com/2012/05/macam-macam-barang-dan-pengertiannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.