Oleh Anastasia Wiwin Pradita BL de Rozari
@Proyek-02, @C19-Anastasia
@Proyek-02, @C19-Anastasia
ABSTRAK
Dalam kegiatan ekonomi, kita mengenal 3
kegiatan yaitu produksi,distribusi,dan konsumsi. Dalam system produksi, banyak factor
yang harus dipenuhi yaitu tenaga kerja, modal, mesin, cara kerja, bahan baku,
bahan pendukung, energy, permintaan,dan sebagainya. Permintaan suatu produk datang
dari masyarakat ataupun perusahaan. Dalam ilmu ekonomi, pertemuan antara permintaan
dan penawaran disebut Pasar.
KATA KUNCI
Permintaan, Harga, Hukum Permintaan
PENDAHULUAN
Dalam artikel ini,materi yang akan dibahas meliputi
pengertian permintaan; Faktor yang mempengaruhi permintaan; Kurva permintaan; Kasus
yang tidak menggunakan hukum permintaan.
PERMASALAHAN
1.Apakah permintaan itu?
2.Apa factor yang mempengaruhi permintaan?
3.Bagaimana kurva permintaan?
PEMBAHASAN
A.Pengertian Permintaan
Menurut Fatoni (2014), Permintaan adalah sejumlah barang
atau jasa yang diinginkan dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga pada
waktu tertentu. Fungsi permintaan dalam ilmu ekonomi menunjukkan hubungan
antara harga barang dan jumlah barang yang diminta oleh masyarakat. Untuk memenuhi
permintaan, tentu ada biaya/harga yang harus kita bayar. Harga itu sendiri
adalah satuan nilai yang diberikan pada suatu komoditi sebagai informasi
kontraprestasi dari produsen/pemilik komoditi.
B. Faktor yang mempengaruhi permintaan
Menurut Rahardja dan Manurung (2008), terdapat ebebrapa factor
yang dapat mempengaruhi permintaan suatu barang, yaitu:
1. Harga Barang Tersebut
Jika harga suatu barang semakin murah, maka
pemintaan terhadap barang tersebut juga semakin bertambah. Begitu juga
sebaliknya. Hal ini membawa kita ke hukum
permintaan, yang menyatakan “Bila harga suatu barang naik, cateris paribus,
maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya”
2. Harga Barang Lain yang Terkait
3. Tingkat Pendapatan Per Kapita
4. Selera atau Kebiasaan
5. Jumlah Penduduk
6. Perkiraan Harga di Masa Mendatang
7. Distribusi Pendapatan
8. Usaha-usaha produsen Meningkatkan Penjualan
C.Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan memiliki beberapa sifat khusus,
diantaranya (Fatoni,2014):
1. Fungsi Permintaan bersifat negative. Artinya,
jika nilai p (price) bertambah, nilai q (quantity/jumlah) akan berkurang, dan
sebaliknya.
2. Titik pada fungsi permintaan tidak dapat
memiliki nilai negative dan tidak mungkin bernilai tidak terhingga. Fungsi
permintaan selalu berada di kuadran I.
3. Fungsi permintaan bisa berbentuk linier/kurva
4. Fungsi permintaan memiliki fungsi satu-satu.
Artinya, satu titik p hanya untuk satu titik q, dan sebaliknya.
D. Kurva Permintaan
E. Kasus Pengecualian
Menurut Rahardja dan Manurung (2008), adakalanya hokum permintaan
tidak berlaku, seperti di tiga kelompok barang berikut.
1. Barang yang Memiliki Unsur Spekulasi
Contoh barang yang memiliki unsur spekulasi
adalah emas,saham, dan tanah (di kota). Saat harga barang tersebut naik, maka
orang akan menambah pembeliannya. Mereka mengharapkan harga akan naik. Saat
harganya naik maka mereka akan menjual barang itu lagi.
2. Barang Prestise
Jika harga suatu barang naik, permintaan
terhadap barang tersebut juga meningkat, karena bagi orang yang membeli berarti
gengsinya naik. Contohnya mobil mewah.
3. Barang Giffen
Jika harga barang turun, maka jumlah barang
yang diminta juga akan berkurang.
KESIMPULAN
Permintaan adalah
sejumlah barang atau jasa yang diinginkan dibeli atau dimiliki pada
berbagai tingkat harga pada waktu tertentu. Hukum Permintaan berbunyi “Bila harga
suatu barang naik, cateris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan
berkurang, dan sebaliknya”. Hukum permintaan berlaku untuk semua keadaan
kecuali pada barang yang memiliki unsur spekulasi, barang prestise, dan barang
giffen.
DAFTAR PUSTAKA
Fatoni,Siti Nur.
2014. Pengantar Ilmu Ekonomi Dilengkapi dasar-Dasar Ekonomi Islam. Bandung:CV
PUSTAKA SETIA
Rahardja,Prathama dan Mandala Manurung.
2008. Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi Ketiga. Jakarta:Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia.
Sumber Gambar:
http://slideplayer.info/slide/2788333/
Sumber Gambar:
http://slideplayer.info/slide/2788333/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.