Oleh Bendy Emeraldi Alvaro
@C06-Bendy, @Proyek-02
ABSTRAK
Mekanisme
pasar adalah
kecenderungan dalam pasar bebas
untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan
jumlah yang diminta). Namun, mekanisme
pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga
berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.
KATA KUNCI
Permintaan, Mekanisme Pasar, Faktor, Kurva.
PENDAHULUAN
Pasar dalam
pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan anatara permintaan dan penawaran, dan
pasar bersifat interaktif bukan fisik. Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk
terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang
ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Namun, mekanisme pasar bisa
disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan
permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan
dan penawaran. Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran,
harga, dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PERMASALAHAN
1.Apa yang dimaksud dengan permintaan?
2.Apa Bunyi Hukum Permintaan?
3.Faktor apa saja yang mempengaruhi Permintaan?
4.Bagaimana bentuk Kurva Permintaan?
PEMBAHASAN
1.Pengertian Permintaan
(Demand)
Menurut Gilarso (2007)
Dalam ilmu ekonomi istilah
permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu
hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga
barang tersebut. Permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu
dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan
anggapan hal-hal lain tetap sama
Sedangkan Menurut Sadono Sukirno (2005)
Teori permintaan adalah
teori yang menerangkan tentang ciri-ciri hubungan antara jumlah permintaan dan
harga. Berdasarkan ciri hubungan antara permintaan dan harga dapat dibuat
grafik kurva permintaan.
2.Bunyi
Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah
hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara
tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah
barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta
meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:
“Semakin turun tingkat
harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya
semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia
diminta.”
Pada hukum permintaan
berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika
keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).
3.Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan
a. Faktor Harga Barang
atau Jasa
Pada uraian di atas sudah
dijelaskan, bila harga suatu barang atau jasa naik maka permintaan terhadap
barang atau jasa tersebut akan turun. Dan sebaliknya, bila harga turun maka
permintaan akan naik.
b. Faktor Pendapatan
Bila pendapatan
pembeli/konsumen meningkat maka permintaan terhadap barang atau jasa cenderung
akan bertambah. Sebaliknya, bila pendapatan menurun maka permintaan terhadap
barang dan jasa pun akan berkurang.
c. Faktor Intensitas
Kebutuhan
Intensitas kebutuhan
adalah mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa
bersifat mendesak maka permintaan akan barang atau jasa tersebut akan
meningkat. Contohnya, menjelang musim hujan orang akan terdesak untuk membeli
payung dan jas hujan, sehingga permintaan terhadap dua barang tersebut akan
meningkat.
d. Faktor Selera
Bila selera konsumen pada
suatu barang atau jasa sedang naik, permintaan terhadap barang atau jasa
tersebut akan meningkat. Selera remaja yang meningkat pada grup band SOS
(Sheila on Seven) membuat permintaan akan kaset SOS meningkat. Demikian pula
sebaliknya.
e.Faktor jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah
penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya,
jumlah penduduk dapat mengurangi permintaan. Jumlah penduduk dapat berkurang
dengan berbagai cara di antaranya karena bencana alam dan peperangan.
4.Kurva Permintaan
KESIMPULAN
Permintaan (demand)
mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu
antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut. Mekanisme pasar adalah
kecenderungan dalam pasar bebas
untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan
jumlah yang diminta).
DAFTAR PUSTAKA
-Latipahrbn.2013.Mekanisme Pasar : Permintaan dan
Penawaran. Dalam https://latipahrabbani3103.wordpress.com/2013/12/14/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran/
-Rahayu Susanti.2013.Permintaan dan Penawaran.Dalam http://rahayusanchi.blogspot.co.id/2016/01/permintaan-dan-penawaran.html
-Fikri Jaiz.2013.Bunyi Hukum Permintaan dan Penawaran. Dalam http://apikgoregrind.blogspot.co.id/2013/05/hukum-permintaan-dan-penawaran.html
-Dian Respati.2015.Faktor yang Mempengaruhi Permintaan. Dalam http://ekonomisku.blogspot.co.id/2015/03/faktor-yang-mempengaruhi-permintaan.html
-Tri Waluy.2013.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan
Penawaran.Dalam http://ekonomilmu.blogspot.co.id/2013/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.