.

Senin, 29 Mei 2017

Koperasi Simpan Pinjam

@A27-Shiffa
Oleh : Shiffa Ramadhani


Abstrak
Koperasi adalah jenis usaha yang beranggotankan orang - orang atau badan hokum, koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan. Menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 tujuan koperasi yaitu mensejahterakan anggotanya.
Pendahuluan
Koperasi merupakan usaha bersama yang berlandaskan asas kekeluargaan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya salah satu contohnya koperasi Unit Desa (KUD) adalah salah satu organisasi koperasi yang salah satu kegiatan utamanya adalah menyediakan jasa simpan pinjam bagi para anggotanya.
Widiyanti dan sumindhia (1998) koperasi simpan pinjam atau koperasi kredit adalah yg bergerak dalam lapangan usaha pembentukan modal melalui tabungan – tabungan para anggotanya dengan cara yang mudah, murah, cepat dan tepat untuk tujuan  produktivitas dan kesejahteraan.

Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian Koperasi Simpan Pinjam?
2.      Jenis – jenis apa saja yang termasuk simpanan dalam koperasi simpan pinjam?
3.      Apa tujuan koperasi simpan pinjam?
4.      Apa saja syarat dan mengajukan pinjaman di koperasi?
5.      Bagaimana cara pinjam uang di koperasi simpan pinjam?


Pembahasan
Pengertian Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi simpan pinjam adalah badan usaha yang dapat memberikan bantuan pinjaman baik dari anggota koperasi maupun non anggota koperasi.
Menurut para ahli, koperasi memiliki tujuan agar dapat membidik anggotanya dapat hemat serta mampu mengawasi para pengelola lainnya.
Jenis – Jenis Simpanan pada Koperasi Simpan Pinjam
·         Simpanan pokok, adalah simpanan yang wajib diberikan anggota koperasi saat pertama kali bergabung menjadi anggota.
·         Simpanan wajib, adalah simpanan yang wajib diberikan setiap anggota koperasi setiap periode waktu tertentu dengan jumlah yang ditentukan.
·         Simpanan bebas atau sukarela, adalah simpanan sukarela yang diberikan anggota koperasi kapan saja. Simpanan ini juga bisa diambil kapan saja.
Sebenarnya koperasi simpan pinjam hanya ditujukan bagi anggota-anggota koperasi yang telah tergabung, namun pada praktiknya koperasi simpan pinjam mengalami perkembangan sehingga tak jarang koperasi yang memberikan pinjaman kepada selain anggota.
Anggota koperasi memiliki kelebihan dibanding masyarakat lain yang hanya meminjam uang di koperasi. Sebagai anggota, mereka berhak mendapat keuntungan yang diperoleh koperasi dari perputaran uang yang dikelola. Mereka mendapat sisa hasil usaha koperasi sebesar yang telah dijanjikan di awal kontrak sebagai anggota.
Selain mendapat keuntungan koperasi, anggota koperasi simpan pinjam juga berhak mengikuti rapat anggota dan memberikan usul atas keputusan-keputusan yang akan diambil oleh koperasi.
Tujuan Koperasi Simpan Pinjam
·         Membantu masyarakat dalam rangka berusaha dalam bermodal
·         Menjauhkan dari para rentenir yang sering member pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi.
·         Membantu agar anggotanya dapat menabung sehingga pada saat dana terkumpul dapat digunakan oleh anggota koperasi maupun non anggota koperasi.
Agar pelaksanaan koperasi dapat berjalan dengan baik, koperasi melakukan pengawasan terhadap anggota, pengurus, serta nggota lain yang bergerak dalam bidang membantu taraf hidup masyarakat. Agar menata perekonomian rakyat agar lebih adil, makmur, sejahtera dan mampu mengatasi perekonomian di Indonesia.
Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Koperasi
Memang di awal berdirinya koperasi hanya fokus pada anggotanya saja, baik itu dalam hal simpan maupun pinjam. Akan tetapi seiring berkembangnya usaha, koperasi memiliki produk pinjaman yang bisa dilakukan juga oleh non anggota koperasi namun ketika akan meminjam koperasi statusnya ialah calon anggota koperasi.
Beberapa syarat menjadi anggota koperasi adalah Warga Negara Indonesia, Keanggotaan harus bersifat perorangan bukan dalam bentuk badan hukum, bersedia membayar simpanan pokok dan simpanan wajib yang sesuai dengan ketentuan Koperasi Simpan Pinjam, Menyetujui anggaran dasar, Anggaran rumah tangga serta ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam koperasi pada umumnya.
Selanjutnya setelah menjadi anggota koperasi, maka anggota wajib melengkapi persyaratan pinjaman yakni menyerahkan foto copy KTP suami istri apabila sudah menikah, Menyerahkan foto copy kartu keluarga/rekening listrik/slip gaji dan agunan, berstatus anggota atau calon anggota dan mengisi formulir pinjaman.
Untuk mekanisme atau tahapan pinjaman koperasi, lengkapi pengajuan pinjaman tersebut dengan proposal yang bertujuan untuk penggunaan dana sebagai modal usaha. Selanjutnya pengurus koperasi akan mempertimbangkan pengajuan pinjaman Anda sesuai dengan prosedur pinjaman yang telah ditetapkan oleh pengurus koperasi. Apabila pengajuan pinjaman Anda telah disetujui, pencairan pinjaman serta lama pengembalian akan berdasarkan kesepakatan bersama yang telah di tuangkan dalam akad pinjaman koperasi.
Cara Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam
1.       Mendatangi koperasi yang ada di sekitar daerah.
Dan pastikan koperasi tersebut mempunyai kredibilitas yang baik. Jika tidak mempunyai info apa-apa mengenai koperasi tersebut maka akan lebih baik jika menanyakan pada orang-orang sekitar, baik itu pada keluarga atau kerabat dan sahabat.
2.       Setelah mendapatkan koperasi yang akan dituju, segera cari tahu siapa marketing koperasi tersebut. Akan menjadi plus jika dapat rekomendasi karena pasti pembicaraan akan pinjaman ini jauh lebih mulus. 
3.       Tanyakan sistem dan tata cara untuk bisa mendapatkan pinjaman di koperasi simpan pinjam tersebut. Tidak usah sungkan mengutarakan niat bahwa kamu ada rencana untuk meminjam juga di koperasi tersebut. Biasanya untuk anggota baru yang mengajukan pinjaman, pihak koperasi tidak bisa memberikan pinjaman yang terlalu besar.
4.       Melengkapi data administrasi yang diminta seperti fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga. Saat kamu mengajukan pinjaman dengan rekomendasi dari anggota koperasi tersebut yang tentunya mempunyai rekam jejak baik dalam pembayaran cicilan pinjamannya maka ini akan faktor yang meluluskan jalan.
Dan pengajuan pinjamanmu akan bisa diproses lebih cepat ketimbang kamu mengajukan sendiri tanpa ada rekomendasi dari siapa pun. Pada saat pencairan dana pinjaman, jangan berharap jumlah yang kamu terima sebesar 100%. Kamu hanya akan mendapatkan 90% saja dari total pinjaman. Sedangkan yang 10%-nya akan dimasukkan ke dalam tabungan yang mana baru bisa diambil saat kamu melakukan pelunasan pinjaman.
5.       Membayar cicilannya dari pinjaman tersebut selama jangka waktu yang sudah disepakati.

 Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa koperasi pinjam tersebut dapat dipinjam oleh orang lain yang bukan anggota dari koperasi. Yaitu dengan cara warga negara Indonesia, lalu beranggotakan sendiri bukan badan hukum, bersedia membayar simpanan pokok dan wajib, dan menyetujui anggaran dasar dalam koperasi pada umumnya.


Daftar Pustaka
Ilmuekonomi.2015.Pengertian koperasi simpan pinjam.Jakarta.Karyatulisilmiah.com
Admin.Anonim
Agung,Satrya.2016.Cara mudah pinjam uang di koperasi simpan pinjam.Jakarta.cekaja.com
Admin.2016.syarat dan cara mengajukan pinjaman koperasi.Jakarta.ekonomibisnis.net
Prajna.2016.Aturan koperasi simpan pinjam.Jakarta.Dosenekonomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.