.

Senin, 10 April 2017

Struktur Pasar Oligopoli



@B38-Anna
Oleh : Anna Lusiana 

A.             Pengertian Umum Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu pasar, dimana terdapat beberapa penjual dalam pasar suatu produk tertentu. Kemudian pasar oligopoli dibagi menjadi dua bentuk, diantaranya pasar oligopoli dengan diferensiasi produk yaitu suatu perusahaan dibedakan dari perusahaan lainnya. Dan bentuk yang lainnya yaitu tanpa adannya diferensiasi produk.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dalam pasar. Semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Praktik oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah masuknya perusahaan potensial ke dalam pasar. (id.m.wikipedia.org, 2017)


B.             Ciri-ciri Pasar Oligopoli
Selain pengertian diatas hal yang perlu diketahui dalam pasar oligopoli yaitu ciri-cirinya sebagai berikut:
1.             Adanya beberapa produsen yang menguasai pasar.
2.             Produknya homogen dan dapat juga berbeda corak.
3.             Setiap produsen atau perusahaan cenderung untuk memberlakukan harga pasar yang umum.
4.             Adanya kepemimpinan harga oleh perusahaan atau produsen terbesar.
5.             Promosi Iklan secara terus menerus. (ardra.biz, 2017)
Contoh produk pasar oligopoli misalnya semen, kertas, pupuk, industri rokok, industri sabun mandi, sabun cuci, industri mobil, air mineral, jasa penerbangan dan lain sebagainya.

C.             Faktor yang Menyebabkan Terbentuknya Pasar Oligopoli
a)                  Efisiensi Skala Besar
Karena teknologi yang digunakan memerlukan modal yang besar dalam proses produksinya, hal ini akan menyebabkan efisiensi biaya (minimum) akan tercapai jika output yang diproduksi dalam skala besar. seperti pupuk, kertas, mobil dan contoh yang terlah disebutkan di atas, jika diproduksi hanya 2 atau 3 jenis saja dan dihitung juga menurut biaya investasi awal akan memerlukan dana yang besar maka dari itu perlu memproduksi dalam skala besar.

b)                  Kompleksitas Manajemen
Struktur pasar oligopoli ditandai dengan kompetisi harga dan non harga. Perusahaan harus cermat dalam menentukan harga dipasaran agar tidak mengalami kerugian namun tetap dapat bersaing. Pada umumnya harga dipasaran berbeda tipis, maka dari itu perusahaan juga harus memiliki kemampuan menejemen yang sangat baik sehingga mampu bertahan dalam persaingan yang sangat kompleks. Oleh karena itu dalam pasar oligopoli hanya terdapat sedikit produsen. (Rahardja, P dan Mandala, 2008)

D.             Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
Kelebihannya, perusahaan mampu mengembangkan penelitian dan melakukan inovasi terhadap produknya. Inovasi tersebut sangat diperlukan sebab persaingan yang terjadi bukan dalam bentuk pesaingan harga, tapi dari kualitas produknya.
Kekurangannya, harga dalam pasar ini cenderung cukup tinggi, sehingga pihak perusahaan akan memperoleh keuntungan yang cukup besar. kondisi seperti ini akan mengakibatkan tidak meratanya pendapatan distribusi. Kemudian biaya promosi yang dibutuhkan juga besar yang mengakibatkan besarnya biaya produksi.

E.              Contoh Kasus
Jenis industri yang ada sekarang ini sudah banyak sekali, khususnya di Indonesia. Salah satunya adalah industri tempat hiburan. Di kota Malang misalnya, tempat hiburan malam sudah sangat banyak sekali. Walaupun berupa kedai minuman, namun klub malam berbeda dengan bar, pub atau tavern karena dilengkapi ruang tarian dan layanan Dj. Saat ini ada lima klub malam yang berdiri di Kota Malang yaitu Smooth Café, Hugo’s Café, My Place, Nasville dan Ametist Café. Kelima klub malam tersebut adalah yang masih bisa bertahan hingga sekarang menghadapi persaingan. Sebelumnya banyak yang juga berdiri namun sekarang sudah gulung tikar. (Jurnal Ilmiah Ekonomi, 2014)

F.              Kesimpulan
Pasar Oligopoli adalah pasar yang terdiri dari sedikit perusahaan. Semua kegiatan promosi dilakukan untuk menjauhkan konsumen dari perusahaan lawan. Produknya homogen dan terdapat pengembangan produk untuk persaingan kualitas produk. Promosi terus-menerus dan harganya umum dipasaran serta mampu memanajemen perusahaan dengan baik agar tidak mengalami gulung tikar.


Daftar Pustaka

Anonim. 2017. Oligopoli. Id.m.wikipedia.org . diambil dari: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Oligopoli (diakses 10 April 2017)
Ardra. 2017. Pengertian, Ciri-ciri Pasar Ologopoli. Ardra.biz . diambil dari: http://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-ciri-ciri-pasar-ologopoli/ (diakses 10 April 2017)
N, Sora. 2015. Pengertian Pasar Oligopoli dan Ciri-cirinya Paling Lengkap. Pengertianku.net . diambil dari: http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-oligopoli-dan-ciri-cirinya.html (diakses 10 April 2017)

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 
Adina P, Ikrar. 2014. Strategi Bertahan di Pasar Oligopolis (Studi di XXX Cafe Malang). Malang: Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. 2, No.1, September 2013. Diambil dari:http://download.portalgaruda.org/article.php?article=190024&val=6467&title=STRATEGI%20BERTAHAN%20DI%20PASAR%20OLIGOPOLIS%20%20(STUDI%20DI%20XXX%20CAFE%20MALANG) diakses 10 April 2017)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.