@B38-Anna
Oleh : Anna Lusiana
A.
Pengertian Umum
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu pasar, dimana terdapat
beberapa penjual dalam pasar suatu produk tertentu. Kemudian pasar oligopoli
dibagi menjadi dua bentuk, diantaranya pasar oligopoli dengan diferensiasi
produk yaitu suatu perusahaan dibedakan dari perusahaan lainnya. Dan bentuk
yang lainnya yaitu tanpa adannya diferensiasi produk.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya
sebagai bagian yang terikat dalam pasar. Semua usaha promosi, iklan, pengenalan
produk baru, perubahan harga dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk
menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Praktik oligopoli umumnya dilakukan
sebagai salah satu upaya untuk mencegah masuknya perusahaan potensial ke dalam
pasar. (id.m.wikipedia.org, 2017)
B.
Ciri-ciri
Pasar Oligopoli
Selain pengertian diatas hal yang perlu diketahui
dalam pasar oligopoli yaitu ciri-cirinya sebagai berikut:
1.
Adanya beberapa produsen yang menguasai pasar.
2.
Produknya homogen dan dapat juga berbeda corak.
3.
Setiap produsen atau perusahaan cenderung untuk
memberlakukan harga pasar yang umum.
4.
Adanya kepemimpinan harga oleh perusahaan atau
produsen terbesar.
5.
Promosi Iklan secara terus menerus. (ardra.biz, 2017)
Contoh
produk pasar oligopoli misalnya semen, kertas, pupuk, industri rokok, industri
sabun mandi, sabun cuci, industri mobil, air mineral, jasa penerbangan dan lain
sebagainya.
C.
Faktor yang
Menyebabkan Terbentuknya Pasar Oligopoli
a)
Efisiensi
Skala Besar
Karena teknologi yang digunakan memerlukan modal yang
besar dalam proses produksinya, hal ini akan menyebabkan efisiensi biaya
(minimum) akan tercapai jika output yang diproduksi dalam skala besar. seperti
pupuk, kertas, mobil dan contoh yang terlah disebutkan di atas, jika diproduksi
hanya 2 atau 3 jenis saja dan dihitung juga menurut biaya investasi awal akan
memerlukan dana yang besar maka dari itu perlu memproduksi dalam skala besar.
b)
Kompleksitas
Manajemen
Struktur pasar oligopoli ditandai dengan kompetisi
harga dan non harga. Perusahaan harus cermat dalam menentukan harga dipasaran
agar tidak mengalami kerugian namun tetap dapat bersaing. Pada umumnya harga
dipasaran berbeda tipis, maka dari itu perusahaan juga harus memiliki kemampuan
menejemen yang sangat baik sehingga mampu bertahan dalam persaingan yang sangat
kompleks. Oleh karena itu dalam pasar oligopoli hanya terdapat sedikit
produsen. (Rahardja, P dan Mandala, 2008)
D.
Kelebihan
dan Kekurangan Pasar Oligopoli
Kelebihannya, perusahaan mampu mengembangkan
penelitian dan melakukan inovasi terhadap produknya. Inovasi tersebut sangat
diperlukan sebab persaingan yang terjadi bukan dalam bentuk pesaingan harga,
tapi dari kualitas produknya.
Kekurangannya, harga dalam pasar ini cenderung cukup
tinggi, sehingga pihak perusahaan akan memperoleh keuntungan yang cukup besar.
kondisi seperti ini akan mengakibatkan tidak meratanya pendapatan distribusi. Kemudian
biaya promosi yang dibutuhkan juga besar yang mengakibatkan besarnya biaya
produksi.
E.
Contoh
Kasus
Jenis industri yang ada sekarang ini sudah banyak
sekali, khususnya di Indonesia. Salah satunya adalah industri tempat hiburan. Di
kota Malang misalnya, tempat hiburan malam sudah sangat banyak sekali. Walaupun
berupa kedai minuman, namun klub malam berbeda dengan bar, pub atau tavern
karena dilengkapi ruang tarian dan layanan Dj. Saat ini ada lima klub malam
yang berdiri di Kota Malang yaitu Smooth Café,
Hugo’s Café, My Place, Nasville dan Ametist
Café. Kelima klub malam tersebut adalah yang masih bisa bertahan hingga
sekarang menghadapi persaingan. Sebelumnya banyak yang juga berdiri namun
sekarang sudah gulung tikar. (Jurnal Ilmiah Ekonomi, 2014)
F.
Kesimpulan
Pasar Oligopoli adalah pasar yang terdiri dari sedikit
perusahaan. Semua kegiatan promosi dilakukan untuk menjauhkan konsumen dari
perusahaan lawan. Produknya homogen dan terdapat pengembangan produk untuk
persaingan kualitas produk. Promosi terus-menerus dan harganya umum dipasaran
serta mampu memanajemen perusahaan dengan baik agar tidak mengalami gulung
tikar.
Daftar Pustaka
Anonim.
2017. Oligopoli. Id.m.wikipedia.org .
diambil dari: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Oligopoli
(diakses 10 April 2017)
Ardra.
2017. Pengertian, Ciri-ciri Pasar
Ologopoli. Ardra.biz . diambil dari: http://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-ciri-ciri-pasar-ologopoli/
(diakses 10 April 2017)
N, Sora.
2015. Pengertian Pasar Oligopoli dan
Ciri-cirinya Paling Lengkap. Pengertianku.net . diambil dari: http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-oligopoli-dan-ciri-cirinya.html
(diakses 10 April 2017)
Rahardja, Prathama dan
Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu
Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Adina P, Ikrar. 2014. Strategi Bertahan di
Pasar Oligopolis (Studi di XXX Cafe Malang). Malang: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa FEB. Vol. 2, No.1, September 2013. Diambil dari:http://download.portalgaruda.org/article.php?article=190024&val=6467&title=STRATEGI%20BERTAHAN%20DI%20PASAR%20OLIGOPOLIS%20%20(STUDI%20DI%20XXX%20CAFE%20MALANG)
diakses 10 April 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.