@A36-Josephine
NIM : 41616010078
Pasar
Persaingan Sempurna
Pendahuluan
Pasar adalah tempa n Xt
bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang
maupun jasa. akan tetapi disana ada juga pasar yang bersifat tidak
mempertemukan antara penjual dan pembeli, seperti pasar saham, pasar online dan
lainnya.pasar juga dapat diartikan secara umum atau lebih luas, yaitu suatu
proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga
keseimbangan hingga terjadi transaksi yang sah atau saling setuju dengan
keputusan akhir.
Kata kunci : Pasar, Penjual, Pembeli, Transaksi, Harga Kesetimbangan.
Pembahasan
1.
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna ( Perfect
Competition Market ).
Ada banyak pendapat mengenai pengertian pasar persaingan sempurna yang dikemukakan oleh para pakar, kendai terdapat banyak pendapat tetap semuanya menjurus pada defines pasar persaingan sempurna yang sama hanya saja disampaikan dengan bahasa yang berbeda – beda, berikut bebrapa pengertian pasar persaingan Sempurna :
Ada banyak pendapat mengenai pengertian pasar persaingan sempurna yang dikemukakan oleh para pakar, kendai terdapat banyak pendapat tetap semuanya menjurus pada defines pasar persaingan sempurna yang sama hanya saja disampaikan dengan bahasa yang berbeda – beda, berikut bebrapa pengertian pasar persaingan Sempurna :
- Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen yang sangat banyak dan tidak terbatas.
- Pendapat lain tentang definisi pasar persaingan sempurna adalah Salah satu bentuk pasar yang terdiri dari banyak pembeli dan penjual, namun demikian pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak dapat memengaruhi harga pasar. Pada pasar ini harga yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan penjual dan pembeli secara keseluruhan atau bersama-sama.
- pasar dimana pada kosndisi pasar persaingan sempurna ini terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.atau pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga.
2. Contoh Pasar Persaingan Sempurna :
Sangat mudah menemukan contoh pasar persaingan sempurna, yaitu dengan melihat kondisi produk yang dijual pada pasar ini, dalam kategori pasar persaingan sempurna disana banyak menjual produk – produk dari hasil pertanian atau sering disebut dengan barang yang bersifat makanan pokok, seperti beras, gandum, sayuran, buah – buahan, kentang dan lain sebagainya.
Dalam pasar ini, masing – masing petani secara individual tidak mampu mempengaruhi harga dalam pasar bila menentukan harga sendiri, karena jika mereka menjual murah akan mengalami kerugian dan jika terlalu mahal maka akan tidak laku, sehingga mau tidak mau harus mengikuti harga pasar yang telah ditentukan secara bersama.
3. Karakteristik pasar
persaingan sempurna, antara lain sebagai berikut:
1. Terdapat banyak penjual dan
pembeli. Kondisi ini menyebabkan pembeli maupun penjual tidak dapat
mempengaruhi harga. Penentuan harga didasarkan pada kekuatan permintaan dan
penawaran atau mekanisme pasar. Jadi, penjual dalam pasar persaingan sempurna
merupakan penerima harga atau price taker.
2. Barang yang diperjualbelikan
sifatnya homogen. Barang yang diperjualbelikan di pasar ini merupakan
barang substitusi untuk barang dari produsen lain. Sifat ini menunjukkan bahwa
tidak ada ketergantungan terhadap satu penjual saja sehingga pembeli bebas
memilih untuk membeli di penjual mana pun.
3. Adanya kebebasan dari produsen
untuk membuka atau menutup usaha. Pada prinsipnya, suatu usaha dilakukan
dengan tujuan untuk memperoleh laba. Jika laba yang diperoleh banyak, produsen
akan terus mengembangkan usahanya. Namun, jika kegiatan usahanya mengalami
kerugian, produsen kemungkinan akan berpindah ke jenis usaha lain.
4. Adanya kemudahan dari pelaku
pasar untuk memperoleh informasi mengenai pasar. Pembeli dan penjual
mempunyai pengetahuan yang luas tentang pasar baik harga, kualitas, dan
kuantitas barang. Kondisi ini menyebabkan terjadinya titik keseimbangan atas
harga barang yang diperjualbelikan di pasar.
5. Tidak adanya hambatan buatan
terhadap pergerakan harga (tidak ada campur tangan pemerintah). Hal ini
terjadi karena pergerakan harga ditentukan oleh kekuatan pasar, yaitu interaksi
antara permintaan dan penawaran. Contoh hambatan buatan adalah kebijakan pemerintah
dan pengaruh perusahaan tertentu.
· Ciri – Ciri
Pasar Persaingan Sempurna :
1. Barang atau produk yang dijual pada pasar persaingan sempurna bersifat Homogen ( terdapat kesamaan jenis ).
2. Penjual dan pembeli berjumlah banyak.
3. Penjual bersifat pengambil harga yangtelah ditentukan ( Price taker )
4. Kondisi pasar bersifat sensitive terhadap perubahan pasar yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.
5. Harga ditentukan oleh pasar.
6. Antara penjual dan pembeli sama – sama meiliki informasi lengkap tentang pasar ( perfect Knowlage ).
7. Semua perusahaan bebas dan Mudah untuk keluar masuk pasar karena pengaruh mobiltas tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi..
8. Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
1. Barang atau produk yang dijual pada pasar persaingan sempurna bersifat Homogen ( terdapat kesamaan jenis ).
2. Penjual dan pembeli berjumlah banyak.
3. Penjual bersifat pengambil harga yangtelah ditentukan ( Price taker )
4. Kondisi pasar bersifat sensitive terhadap perubahan pasar yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.
5. Harga ditentukan oleh pasar.
6. Antara penjual dan pembeli sama – sama meiliki informasi lengkap tentang pasar ( perfect Knowlage ).
7. Semua perusahaan bebas dan Mudah untuk keluar masuk pasar karena pengaruh mobiltas tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi..
8. Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
· Keuntungan dan
kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Ø Kelebihan
pasar persaingan sempurna
a. Konsumen akan memperoleh kepuasan yang
maksimal.
b. Produsen akan
memperoleh keuntungan yang maksimal karena dapat menjual sebanyak-banyaknya.
c. Untuk memasarkan produknya,
produsen tidak memerlukan iklan.
Ø Kelemahan
pasar persaingan sempurna
a. Barang yang
diperjualbelikan bersifat homogen dan kurang variatif sehingga konsumen akan
cepat merasa bosan.
b. Tidak adanya
inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan karena sebagian besar
yang ikut dalam pasar persaingan sempurna adalah perusahaan kecil.
Daftar pustaka
Blogspot , Pasar Persaingan
Sempurna dan Contohnya, Dalam link http://www.lebahmaster.com/pengertian-pasar-persaingan-sempurna-dan-contohnya/
Yuni, Yuniar. 2015, Pasar
Persaingan Sempurna, Dalam link http://yuniaryuni17.blogspot.co.id/2015/04/pasar-persaingan-sempurna.html
(Diunduh pada 30 April 2015).
Rahardja, Pratama dan Mandala. M, 2008, Pengantar Ilmu
Ekonomi, Jakarta, Fakultas Ekonomi UI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.