PASAR
OLIGOPOLI
Pasar oligopoly merupakan
bagian atau bentuk dari adanya pasar persaingan tidak sempurna. Pasar oligopoly
berdasarkan pengertiannya merupakan bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa
perusahaan dalam usaha menawarkan satu jenis produk tertentu. Dengan adanya
beberapa jumlah perusahaan yang jumlahnya cenderung sedikit, maka perusahaan
tersebut memiliki pengaruh pada terbentuknya harga di pasar.
Faktor Pemicu Lahirnya
Pasar Oligopoli
Terbentuknya pasar oligopoly
disebabkan karena beberapa hal, berikut beberapa faktor pemicu lahirnya pasar
oligopoli, antara lain.
1. Adanya penerapan efisiensi skala besar
Penerapan efisiensi skala besar
erat kaitannya dengan adanya efisiensi teknis atau teknologi dan efisiensi
ekonomi atau biaya produksi. Adanya hal ini akan berpengaruh pada profit atau
keuntungan yang diperoleh perusahaan sesuai dengan tingkat efisiensi yang
diterapkan. Efisiensi teknis (teknologi) berhubungan dengan dua hal didalamnya,
yaitu yang pertama berkaitan dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam kegiatan
proses produksi. Kemudian yang kedua adalah berkaitan dengan kemampuan produsen
dalam hal mengolah sumber daya agar tetap optimal.
Efisiensi ekonomi berkaitan
dengan penggunaan biaya produksi, yang kemudian memiliki peran dalam menentukan
dan menyusun biaya produksi dalam upaya menciptakan sebuah produk. Produk yang
dihasilkan nantinya akan memiliki harga yang sesuai dengan kondisi pasar,
sehingga ketika produk siap untuk dikeluarkan ke pasar, maka bisa dengan mudah
diterima oleh masyarakat dan tetap memberikan keuntungan pada produsen
2. Adanya kompetensi manajemen yang lebih kompleks
Adanya persaingan yang bebas
dalam kegiatan pasar, maka akan menuntut perusahaan untuk melakukan
langkah-langkah agar bisa bersaing dengan perusahaan lain. Dibutuhkan langkah
khusus dalam menentukan kebijakan arah manajemen dalam melakukan kegiatan
perusahaan dan untuk menemukan inovasi-inovasi baru agar produksi barang terus
berkembang dan berkualitas, sehingga diminati oleh banyak masyarakat.
Dengan
menemukan dan mengembangkan produk yang tepat bagi masyarakat, maka potensi
perusahaan untuk terus bertahan dalam kegiatan industri tersebut akan sangat
besar. Hal ini tentu sangat penting apalagi kondisi pasar memberikan kebebasan
bersaing dengan tingkat yang lebih kompleks. Akibat dari tidak sanggup bersaing
dan tidak mampu dalam menentukan strategi yang tepat dalam kegiatan produksi
akan berdampak pada sedikitnya jumlah perusahaan yang masuk ke pasar. Inilah
alasannya kenapa jumlah perusahaan dalam pasar oligopoli sangat sedikit
Jenis Pasar Oligopoli
Berdasarkan jenisnya, pasar
oligopoli secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu.
1. Oligopoly Murni atau Pure Oligopoly
Cirinya adalah jenis barang
yang dihasilkan sejenis atau identik. Umumnya jenis yang termasuk dalam jenis
pasar ini adalah industri-industri yang bergerak dalam bidang penyedia barang
mentah.
2. Oligopoli Diferensial atau Differentiated Oligopoly
Cirinya adalah jenis barang yang
dihasilkan berbeda-beda atau memiliki banyak variasi produk, sehingga antara
hasil produksi barang antar perusahaan dengan perusahaan yang lain bisa
dibedakan secara mudah dan masing-masing memiliki ciri khas atau keunikan
tersendiri.
Ciri-Ciri Pasar
Oligopoli
Pasar oligopoly dalam
penerapannya akan mudah untuk dikenali dengan melihat ciri-ciri pasar tersebut.
Berikut ciri-ciri pasar ologopoli, yaitu.
1. Saling ketergantungan antar perusahaan
Dalam pasar oligopoly jumlah
perusahaan yang ada didalamnya memiliki jumlah yang sedikit, sehingga tingkat
persaingannya sangat tinggi. Persaingan yang tinggi memungkinkan antar
perusahaan yang satu dengan yang lain akan saling ketergantungan dalam menentukan
semua kebijakan dalam menjalankan produksi. Dengan adanya saling ketergantungan
ini maka setiap perusahaan akan sangat berhati-hati jika ingin melakukan
perubahan dalam pasar. Karena jika terdapat satu perusahaan saja yang mengubah
kebijakan, misal harga maka perusahaan yang lain juga akan melakukan respons
yang sama, sehingga akan berpengaruh pada keuntungan atau profit perusahaan.
Sehingga dengan menjaga sikap saling ketergantungan antar perusahaan akan
berdampak baik bagi perusahaan dan stabilnya kegiatan pasar.
2. Adanya strategi manajemen dalam menjalankan kegiatan
pasar
Strategi manajemen merupakan
petunjuk bagi perusahaan untuk menentukan semua langkah kegiatan dan tujuan
kegiatan pasar. Selain itu strategi manajemen digunakan sebagai antisipasi jika
terjadi perubahan kondisi dalam pasar, seperti harga, tren pasar, dan kebutuhan
musiman masyarakat.
. Tidak mudah untuk masuk ke pasar
Dalam pasar oligopoly, ketika
perusahaan telah mampu bersaing dan masuk ke dalam pasar, maka
perusahaan-perusahaan tersebut memungkinkan adanya kecenderungan memiliki
posisi yang dominan di pasar.
Keuntungan dan
Kerugian
Pasar oligopoly memberikan
banyak pilihan produk bagi masyarakat dan memungkinkan perusahaan mampu
menghasilkan profit yang maksimum, namun dalam penerapannya masih terdapat
beberapa kekurangan yang terjadi. Berikut beberapa keuntungan dan kerugian
dalam pasar ologopoli, yaitu.
Keuntungan
·
Harga yang stabil
memberikan keuntungan bagi konsumen dan ekonomi makro karena mempermudah dalam
menentukan anggaran pengeluaran untuk belanja, sehingga dengan kondisi yang
seperti ini akan sangat menguntungkan bagi kestabilan siklus perdagangan pasar.
·
Adanya inovasi yang
berkelanjutan dalam menghasilkan produk terbaru dan untuk kebutuhan riset dan
pengembangan produk sehingga akan memperoleh keuntungan yang lebih maksimal,
dengan keuntungan ini akan digunakan kembali untuk kegiatan inovasi produk.
·
Meratanya tingkat
persaingan sehingga memungkinkan semua pelaku pasar memiliki keuntungan yang
sama.
·
Masyarakat sangat
diuntungkan dengan melimpahnya berbagai jenis produk, sehingga sangat bebas dalam
menentukan dan memilih produk yang sesuai.
Kerugian
·
Karena perusahaan
memiliki pengaruh dalam menentukan harga pasar, maka potensi persaingan harga
juga akan semakin besar.
·
Oligopoli memungkinkan
memberi dampak pada loyalnya konsumen terhadap jenis produk atau merk tertentu,
sehingga akan menyulitkan produsen lain jika ingin bersaing dengan jenis pasar
dan konsumen yang sama.
·
Memungkinkan banyaknya
hak paten terhadap jenis produk tertentu oleh perusahaan, sehingga akan
membatasi perusahaan lain untuk mengembangkan jenis produk yang sama.
KESIMPULAN
Pasar oligopoly memiliki
peran dalam menghasilkan produk barang yang memiliki jenis yang beragam.
Hadirnya produk yang beragam ini akan memberikan solusi baru bagi masyarakat
untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang lebih kompleks seiring dengan adanya perubahan
daya beli masyarakat dan perubahan selera masyarakat terhadap jenis produk
tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-makro/struktur-pasar-oligopoli
https://andiantarinp.wordpress.com/2016/01/12/pengertian-persaingan-sempurna-monopoli-oligopoli/
http://ariskurniawan18.blogspot.co.id/2015/12/pasar-oligopoli.html
http://bagusraharjoe.blogspot.co.id/2016/03/pasar-oligopoli.html
http://ruliyanthinurfadhilah.blogspot.co.id/2016/03/tugas3ssperekonomianindonesia-pasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.