Oleh : Aulia Silviani Affif
PASAR MONOPOLI
ABSTRAK
Pasar monopoli berasal dari bahasa Yunani yaitu “Monos” adalah bentuk pasar yang dimana hanya terdapat satu
penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang
penjual atau sering disebut dengan monopolis.
Dalam pasar monopoli tidak terdapat pihak lain yang dapat
menyainginya, sehingga hanya menjadi murni monopoli. Pada perusahaan monopoli
hanya menghasilkan produk yang tidak dapat diproduksi oleh perusahaan lain, dan
tidak ada penggantinya yang mirip.
Kata kunci : Pengertian pasar monopoli, ciri-ciri pasar monopoli,
jenis-jenis, faktor timbulnya pasar monopoli, kelebihan dan kelemahan pasar
monopoli, cara mengatasi kelemahan pasar monopoli.
PENDAHULUAN
Dewasa ini, banyak dari kita yang
tidak bisa mendefinisikan pasar monopoli. Kegiatan monopoli sendiri
terkadang kita jumpai di suatu negara. Di suatu negara ada juga yang menerapkan
kegitan monopoli di dalam suatu pasar. Kegiatan tersebut juga sangat
berpengaruh pada perekonomian di suatu negara. Maka dari itu sebelum menginjak
lebih jauh kegiatan monopoli ini kita lebih baik menganalisa kegitan
monopoli. kita dapat mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan faktor timbulnya
pasar monopoli. Kita juga dapat mengetahui sistem pasar di negara kita. Selain
itu, kita dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan pasar monopoli (Munika Sulistiawati 2014).
RUMUSAN MASALAH
1. Apa
pengertian pasar monopoli?
2. Apa
ciri-ciri dari pasar monopoli?
3. Sebutkan
jenis-jenis pasar monopoli?
4. Apa
faktor yang menimbulkan terjadinya pasar monopoli?
5. Bagaimana
kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli?
6. Bagaimana
cara mengatasi kelemahan pada pasar monopoli?
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN
PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli yang dari (
bahasan Yunani : monos, satu + polein, menjual ) ialah suatu bentuk pasar yang
dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Untuk penentu dari
harga pada pasar ini ialah seorang penjual atau yang sering disebut dengan (
Monopolis ). Untuk sebagai penentu harga ( price-maker ), seorang monopolis
bisa menaikan atau bisa mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang
yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang akan diproduksi maka semakin
mahal harga dari barang tersebut, dan begitu pula sebaliknya.
2.
CIRI-CIRI
PASAR MONOPOLI
1.
Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
2.
Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli
dipasar monopoli dan tidak terdapat ditempat lain.
3.
Barang yang diproduksi atau dijual tidak terdapat
barang penggantinya.
4.
Terdapat hambatan atau rintangan (barries) bagi
perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
5.
Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang
sesuai harga barang keinginannya.
6.
Karena sifat monopolinya menyebabkan perusahaan tidak
memerlukan promosi atau ikan untuk menawarkan produknya.
3. JENIS-JENIS PADA PASAR MONOPOLI
1.
Monopoli
by Law. Yakni monopoli oleh negara untuk cabang-cabang
produksi penting bagi negara dan menguasai sebuah hajat hidup orang banyak.
2.
Monopoli
by Nature. Yakni monopoli yang lahir dan berkembang secara
alamiah karena didukung sebuah iklim dan lingkungan hidup tertentu.
3.
Monopoli
by Lisence. yakni izin penggunaan hak atas kekayaan
intelektual.
4. FAKTOR TERJADINYA PASAR MONOPOLI
1.
Perusahaan monopoli hanya memiliki suatu sumber daya
tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2.
Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala
ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.
Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,
yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
5. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PADA PASAR MONOPOLI
Ø
Kelebihan
1.
Perusahaan monopoli hanya memiliki suatu sumber daya
tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2.
Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala
ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.
Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,
yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut
Ø Kekurangan
1.
Adanya ketidakadilan karena keuntungan banyak
dinikamti oleh produsen
2.
Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan
monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau
sering disebut timbulnya pemborosan.
3.
Konsumen merasa berat karena harus membeli barang
dengan harga tinggi
4.
Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan
pemiliki faktor produksi.
6.
MENGATASI
KELEMAHAN PADA PASAR MONOPOLI
1.
Mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang mampu
mencegah timbulnya monopoli
2.
Mengizinkan impor barang yang sama dengan yang
diproduksi pemegang monopoli
3.
Ikut menentukan tinggi rendahnya harga
4.
Menarik pajak yang tinggi kepada pemegang monopoli
5.
Membuat perusahaan sejenis untuk menyaingi perusahaan
pemegang monopoli
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://www.pelajaransekolahonline.com/2016/23/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-macam-macam-dan-contoh.html (diunduh 23 November 2016)
2.
http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-ciri-sifat-pasar-monopoli-serta-kebaikan-dan-keburukannya-lengkap/ (diunduh 2013. Dosenpendidikan.com)
3.
http://www.ekonomikontekstual.com/2013/12/menganalisis-kelebihan-dan-kekurangan-pasar-monopoli.html (diunduh 11 Desember 2013)
4.
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-ciri-dan-jenis-jenis-pasar-monopoli-beserta-contohnya-lengkap/ (diunduh 10 Desember 2016)
5.
https://munikasulistiawati.wordpress.com/2014/08/30/makalah-pasar-monopoli/
(diunduh 30 Agustus 2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.