.

Senin, 13 Maret 2017

Terlibatnya Intervensi Pemerintah Dalam Mekanisme Pasar

@A24-Fadel

Oleh : Fadel Mubarok
          
ABSTRAK

Tulisan ini membahas tentang hubungan pemerintah dan mekanisme pasar. Dalam mekanisme, Negara memiliki peran untuk mengatur dan mengawasi ekonomi, memastikan kompetisi di pasar berlangsung sempurna, informasi yang merata dan keadilan ekonomi.
Dengan menggunakan pendekatan sejarah, dapat diketahui bahwa konsep tentang mekanisme pasar sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Maka pemerintah boleh melakukan intervensi.
Kata kunci : Mekanisme Pasar, Intervensi Pemerintah

PENDAHULUAN

Pasar adalah tempat bertemunya  atau interaksi antara permintaan dan penawaran. Dengan kata lain,  pasar merupakan kumpulan individu-individu (konsumen) yang membutuhkan barang atau jasa, sedangkan produsen yang menyediakan barang atau jasa. Pada pihak konsumen, akan terjadi permintaan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Permintaan barang didasarkan pada kebutuhan konsumen. Faktor-faktor yang menyebabkan adanya permintaan tersebut adalah adanya harga barang itu sendiri, harga barang lain barang komplementer atau barang subtitusi),pendapatan konsumen, selera (teste), jumlah penduduk dan lain sebagainya.
Kemajuan yang telah dicapai berbagai perekonomian, terutama perekonomian negara-negara maju, membuktikan bahwa pada umumnya mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian, tetapi dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya.

PERMASALAHAN

1.      Apa itu Permintaan ?
2.      Apa itu Penawaran ?
3.      Bagaimana Sih Harga Keseimbangan bisa terjadi ?
4.      Apa penyebab Perubahan Keseimbangan Pasar ?
5.      Bagaimana peran Intervensi Pemerintah ?

PEMBAHASAN

1.       1. Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen untuk membeli suatu barang dengan berbagai tingkat harga tertentu dan selama periode waktu tertentu. Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi permintaan suatu barang yaitu:
  • ·         Harga barang itu sendiri.
  • ·         Harga barang yang terkait.
  • ·         Tingkat pendapatan perkapita.
  • ·         Selera atau kebiasaan.
  • ·         Jumlah penduduk.
  • ·         Pekiraan harga dimasa yang akan datang.



2.      2. Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi penawaran suatu barang yaitu:
  • ·         Harga barang itu sendiri.
  • ·         Harga barang yang terkait.
  • ·         Harga factor produksi.
  • ·         Biaya produksi.
  • ·         Teknologi produksi.
  • ·         Jumlah pedagang/penjual


3.      3. Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan dapat terjadi saat, Awal mulanya, pada harga yang rendah, pembeli akan menambah permintaan, sedangkan penjual akan sedikit menawarkan barang dan jasanya. Karena penawaran sedikit maka barang dan jasa susah diperoleh. Hal ini otomatis akan mendorong harga menjadi naik. Harga yang naik akan mengurangi permintaan, dan di sisi lain akan menambah penawaran. Hal yang demikian terjadi secara terus-menerus, sehingga suatu saat pada harga tertentu, jumlah yang diminta (permintaan) sama persis dengan jumlah yang ditawarkan (penawaran).

4.      4. Perubahan Keseimbangan Pasar

Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan disisi permintaan dan penawaran. Jika faktor yang menyebabkan perubahan adalah harga, keseimbangan akan kembali ke titik awal. Tetapi jika yang berubah adalah faktor-faktor citeris paribus seperti teknologi  untuk sisi penawaran, atau pendapatan untuk sisi permintaan , maka keseimbangan tidak kembali pada titik awal.

5.     5.  Intervensi Pemerintah

Kegagalan pasar, seringkali menuntut campur tangan pemerintah. Namun yang harus diperhatikan adalah tidak semua campur tangan pemerintah memberikan hasil yang baik, walaupun tujuannya baik. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi pemerintah dalam menentukan kebijaksanaan adalah adanya trade off (konflik) antara tujuan yang ingin dicapai. Agar harga rumah dapat terjangkau rakyat kecil dan berpenghasilan renda, pemerintah memberikan subsidi. Teteapi pemberian subsidi cenderung mengorbankan efisiensi, karena uang subsidi bisa dialokasikan ke sektor-sektor yang lebih produktif.

            Tujuan dilakukannya campur tangan pemerintah adalah sebagai berikut.
·         Menjamin agar kesamaan hak bagi setiap individu dapat tetap terwujud dan eksploitasi dapat dihndarkan,
·         Menjaga agar perekonomian dapat tumbuh dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil,
·         Mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan besar yang dapat memengaruhi pasar, agar mereka tidak menjalankan praktik-praktik monopoli yang merugikan.




KESIMPULAN

Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).
1.      Pasar dapat memberikan informasi yang tepat , pasar dapat merangsang pelaku usaha untuk melakukan kegiatan ekonomi ,pasar mendorong penggunaan faktor-faktor produksi serta pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.
2.      sistem pasar apa saja memiliki harga, yang merupakan nilai suatu barang dalam satuan mata uang . Harga mencerminkan kondisi dimana seseorang atau parusahaan bersedia mengadakan tukar menukar secara sukarela .






DAFTAR PUSTAKA






Manurung, Mandala., dan Prathama Raharja. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.