.

Senin, 06 Maret 2017

PENGERTIAN ILMU EKONOMI SECARA UMUM

@B22-Rekso

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Pengertian Ekonomi Menurut Beberapa Ahli

ADAM SMITH
Ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara

MILL J. S
Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan

ABRAHAM MASLOW
Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien

HERMAWAN KARTAJAYA
Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya

PAUL A. SAMUELSON
Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

 Sistem Ekonomi
Adapun jenis-jenis sistem ekonomi yang dianut oleh negara-negara yang ada di dunia saat ini, diantaranya:
a. Sistem ekonomi terpusat atau komando
Sistem ekonomi yang terpusat merupakan sistem yang dimana semua kegiatan ekonomi diatur dan dikendalikan oleh negara.
Ciri-cirinya:
   Semua sarana produksi dikuasai dan dikendalikan oleh negara.
   Pihak swasta tidak diberikan kebebasan dalam melakukan aktivitas ekonomi.
Produksi dilakukan untuk kepentingan rakyat.

b. Sistem ekonomi liberal

Sistem ekonomi yang secara penuh dikendalikan oleh masyarakat, tanpa adanya intervensi/campur tangan pemerintah.
Ciri-cirinya:
   Kegiatan produksi dikuasai pihak swasta.
   Terdapat persaingan bebas.
Harga barang-barang ditentukannya oleh pasar.

c. Sistem ekonomi campuran
Sistem ekonomi yang dimana ekonomi digerakkan oleh pihak swasta dan diawasi oleh pemerintah.
Ciri-cirinya
   Pemerintah ikut campur dalam kegiatan perekonomian.
   Pihak swasta ikut berperan dalam kegiatan perekonomian.
Pemerintah dapat melakukan campur tangan/intervensi dalam kegiatan perekonomian, seperti membuat peraturan, menetapkan kebijakan, mengawasi pihak swasta dan lain-lain.

Pengertian Ekonomi Secara Luas

Kemajuan suatu bangsa tidak dapat dicapai hanya dengan mengandalkan sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik semata. lebih dari itu, diperlukan modal intelektual, modal sosial, dan kredibilitas bangsa sehingga tuntutan untuk terus-menerus melakukan perbaikan (continous improvement) dan mencapai kemajuan dapat diwujudkan.
Pengertian ilmu ekonomi tenaga kerja

Ilmu ekonomi tenaga kerja mencoba untuk memahami fungsi dan dinamika dari pasar untuk upah tenaga kerja. Pasar tenaga kerja berfungsi melalui interaksi antara tenaga kerja dan pemberi kerja. Ilmu ekonomi tenaga kerja melihat kepada penawaran dari jasa tenaga kerja (pekerja), permintaan dari jasa tenaga kerja (pemberi kerja), dan mencoba untuk memahami pola yang dihasilkan oleh upah, pekerjaan, dan penghasilan.

Dalam ilmu ekonomi, tenaga kerja adalah sebuah pengukuran dari pekerjaan yang diselesaikan oleh manusia. Ia secara konvensional kontras dengan faktor produksi lainnya seperti tanah dan modal. Ada teori yang telah mengembangkan konsep yang dinamakan modal manusia (berhubungan dengan skill yang dimiliki oleh pekerja, tidak harus pekerjaan aktual mereka).

Beberapa Pembagian ilmu ekonomi Menurut Perkembangannya

Definisi Ekonomi Desktiftif adalah sebagai ilmu ekonomi yang menghimpun seluruh fakta atau kenyataan yang bersifat penting dan mempunyai hubungan atau keterkaitan.

Definisi Ekonomi Makro sebagai ilmu ekonomi yang didalam nya menelaah kehidupan ekonomi yang bersifat nasional sebagai suatu keseluruhan.

Definisi Ekonomi Mikro ilmu yang mempelajari cara bekerjanya sebuah system ekonomi yang dilakukan dengan cara particular.

Definisi Ekonomi Terapan artinya sebagai merumuskan berbagai kebijakan untuk dijadikan pedoman yang tepat dalam rangka mengatasi berbagai masalah ekonomi tertentu.







Daftar Pustaka
Anonim. Pengertian Ekonomi Secara Umum. 2014. http://gudangpengertian.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-ekonomi-secara-umum-dan.html (06-03-2017)
Sora N. Pengertian Sumber Ekonomi dan Sumbernya Secara Umum. 2016 http://www.pengertianku.net/2016/07/pengertian-ekonomi-dan-sumbernya.html
(17-07-2016)
Mutiara, Rana. Pengertian Ekonomi Secara Luas. 2012 http://fantasticrana.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-ekonomi-secara-luas.html
( 06-03-2017)
Luci, Haki. Pengertian Ilmu Ekonomi Tenaga Kerja. 2016 http://artidanpengertian.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-ilmu-ekonomi-tenaga-kerja.html (06-03-2017)
Andi, Pujianto. Pembagian Ilmu Ekonomi Menurut Perkembangannya. 2014 http://ekonomi-kelasx.blogspot.co.id/2014/06/beberapa-pembagian-ilmu-ekonomi-yang-utama.html (Diakses Pada 06-03-2016)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.