@B07-Rahmat
Oleh : Rahmat Nur
Mahendra
Abstrak
Perkembangan dunia usaha saat ini dengan
diberlakukannya perdagangan bebas memberikan dampak semakin ketatnya persaingan
usaha, hal ini menuntut para pelaku usaha untuk lebih jeli dan tajam didalam
melihat peluang yang ada dan melihat perilaku konsumen yang menjadi sasaran
pasarnya.
Sebagai pelaku usaha sudah seharusnya mengetahui bagaimana perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian yang akan menjadi kunci sukses di dalam kegiatan pemasaran. Untuk itu penulis berkeinginan untuk memberikan sedikit ulasan tentang perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian sebuah jasa atau produk.
Sebagai pelaku usaha sudah seharusnya mengetahui bagaimana perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian yang akan menjadi kunci sukses di dalam kegiatan pemasaran. Untuk itu penulis berkeinginan untuk memberikan sedikit ulasan tentang perilaku konsumen di dalam melakukan keputusan pembelian sebuah jasa atau produk.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen,Konsumen,Pasar.
A. PENDAHULUAN
Sejalan
dengan perkembangan dunia usaha informasi dan komunikasi yang semakin pesat
yang didukung oleh semakin canggihnya teknologi, maka semakin pesat pula
persaingan di antara pengusaha komunikasi dan informasi untuk menarik konsumen
dan menguasai pangsa pasar yang ada. Selanjutnya maka produsen harus dapat
menghasilkan barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.
pemahaman mengenai perilaku konsumen adalah pengetahuan yang sangat penting
agar dapat memahami kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen secara lebih baik.
B. PERMASALAHAN
1. Apa Yang
Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen?
2. Apa
Perbedaan Perilaku Konsumen Rasional Dengan Perilaku Konsumen Irrasional?
3. Apa Saja
Jenis-Jenis Konsumen?
4. Faktor Apa
Saja Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Mengkonsumsi Barang atau Jasa?
C. PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Perilaku Konsumen
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal
yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.(Eka
Septiani,2012)
B.
Perbedaan
Perilaku Konsumen Rasional dan Irrasional
1. Perilaku Rasional
Perilaku rasional adalah perilaku
konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat. Perilaku rasional antara lain :
·
Mengkonsumsi produk sesuai kualitasnya
·
Mengkonsumsi produk yang benar - benar yang dibutuhkan
oleh konsumsi
· Mengkonsumsi produk yang mampu meberikan kegunaan
optimal, maksudnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
2. Perilaku Irrasional
Perilaku irasional adalah perilaku
konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik.
Perilaku irrasional antara lain :
·
Membeli karena tertarik pada merk & iklan produk
·
Membeli karena adanya potongan produk
·
Membeli karena adanya bonus pembelian. (Boyhaqi,2015)
C. Jenis-Jenis Konsumen
Berikut adalah Jenis-jenis konsumen beserta penjelasannya :
1. Pembeli Apatis
Yaitu jenis orang yang tidak akan pernah membeli
apapun, tidak peduli sebagus apapun produk kita, seberapa murah, cenderung
sinis, negatif, aneh dan tidak tertarik. Mereka ini biasanya orang punya banyak
masalah pribadi sehingga tidak tertarik dengan penawaran. Contoh : Pembeli ini
hanya membeli barang apabila dibutuhkan saja (membeli kebutuhan sembako).
2. Pembeli Aktualisasi Diri
Yaitu pembeli yang mengetahui dengan jelas apa yang ia
inginkan, fitur dan manfaat yang ia cari serta jumlah uang yang bersedia ia
keluarkan untuk membeli. Jika anda mempunyai apa yang mereka inginkan maka
mereka dapat langsung membelinya, saat itu juga tanpa banyak pertanyaan. Tipe
ini sangat positif dan menyenangkan. Contoh : Orang yang membeli pakaian, Orang
yang membeli buku untuk menambah ilmu pengetahuannya.
3. Pembeli Analitis
Yaitu tipe pembeli ini sangat detail dan penuh
pertimbangan serta cenderung agak cerewet. Dalam menghadapi tipe pembeli
seperti ini butuh kesabaran, karena mereka akan banyak bertanya untuk
mengumpulkan data dan informasi yang lengkap sebagai sarana pengambilan
keputusan. Mereka akan bersikap teliti dan membandingkan dengan produk atau
jasa yang lain. Contoh : Orang yang akan membeli handphone, mobil maupun rumah.
4. Pembeli Impulsif
Yaitu tipe pembeli yang melakukan pembelian tanpa
direncanakan. proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen timbul begitu saja
saat ia melihat suatu barang atau jasa. Karena ketertarikannya, selanjutnya ia
melakukan pembelian pada barang atau jasa yang bersangkutan. Contoh : Anak
kecil yang membeli cokelat atau ice cream. (Chaerul Anwar,2013)
D.
Faktor Yang
Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Mengkonsumsi Barang atau Jasa
·
Pendapatan
Pendapatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi tingkat konsumsi
seseorang
·
Harga
barang
Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah tingkat konsumsi
seseorang, sedangkan apabila harga suatu barang maka semakin tinggi tingkat
konsumsinya.
·
Selera
individu
Setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda barang atau jasa yang
diinginkan
·
Status
sosial
Status sosial seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya membentuk pola
konsumsi orang tersebut.
·
Kebudayaan
Kebudayaan dapat mempengaruhi tingkat konsumsi.misalnya, makanan pokoknya adalah sagu sehingga
kebutuhan sagu tersebut lebih besar. (Totok Subianto,2007)
D. KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas,sudah seharusnya calon pelaku
usaha maupun pelaku usaha mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan
konsumen. Jika mampu membaca dan
mengerti apa kemauan konsumen maka perusahaan yang dibangun dapat bersaing dan
mendapatkan keuntungan sesuai tujuan yang ingin dicapai.
DAFTAR PUSTAKA :
·
Septiani,Eka.2015.Jurnal
Perilaku Konsumen.http://ekaadiary.blogspot.co.id/2015/10/jurnal-perilaku-konsumen_26.html (Diakses 19 Maret 2017)
·
Boyhaqi.2015.Pengertian,Faktor,Macam
Perilaku Konsumen.http://rajinikutan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-faktor-faktor-dan-macam.html (Diakses 19 Maret 2017)
·
Anwar,Chaerul.2013.Macam-Macam
Pembeli (Konsumen). http://chanwr93.blogspot.co.id/2013/01/macam-macam-pembeli-konsumen.html (Diakses 19 Maret 2017)
·
Subianto,Totok.2007.Studi
Tentang Perilaku Ekonomi.Jurnal Ekonomi FEB-UKM. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/viewFile/945/720 (Diakses 19 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.